Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Jenis Serta Harga Gigi Palsu Terbaru Dan Terlengkap 2020

Seiring berjalannya waktu pasti ada yang berubah dalam diri manusia. Tanpa terkecuali dengan gigi. Bagian tubuh ini tak hanya penting dalam proses mengunyah makanan. Namun lebih dari itu gigi punya nilai estetika sendiri yang dapat merubah wajah seseorang.

Sudah jadi rahasia umum jika dengan memasang lagi gigi yang telah tanggal bahkan ompong wajah tampak lebih mempesona.  Dan cara yang lazim dilakukan adalah dengan memasang gigi palsu. Namun, sebelum memutuskan memasang gigi palsu alangkah baiknya jika anda membaca berbagai jenis gigi palsu yang sesuai dengan gigi yang tanggal bahkan ompong.

Baca : Ketahui Waktu Yang Tepat Mengganti Sikat Gigi Berikut Ini

Baca : 10 Bahan Tradisional Untuk Mengobati Anyang Anyangan

1. Jenis Gigi Palsu Penuh
Jenis gigi palsu model ini biasanya di gunakan oleh orang yang sudah tua di mana bagian giginya sudah tanggal semua atau ompong. Fungsinya selain mempermudah saat makan  juga sebagai pemulihan agar bentuk wajah seseorang menjadi benar, dan memperjelas saat berbicara.

2. Gigi Palsu Parsial
Gigi palsu ini berfungsi menggantikan satu hingga beberapa gigi asli yang copot. Gigi ini biasanya terdiri dari gigi palsu pengganti yang menempel pada basis plastik berwarna merah muda.

3. Gigi Palsu Konvensional
Adalah jenis gigi palsu yang di pasang setelah gigi mengalami ekstraksi serta gusi dan tulang rahang sembuh.

4. Gigi Palsu Segera
Merupakan jenis gigi palsu yang langsung di tempatkan sesaat setelah gigi di ekstraksi.

Dan berikut kisaran harga gigi palsu baik yang model lepasan ataupun permanen.

Baca : Sering Makan Bakso? Awas, Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan Anda

Baca : Mengerikan, Inilah Bahayanya Jika Kamu Suka Tidur Pagi

Gigi palsu lepasan

1. Gigi palsu lepasan akrilik
Jenis gigi palsu jenis ini paling banyak diminati, hal ini karena bahannya lebih tebal dan kuat sehingga memungkinjan tahan lama.  Pemasangan gigi palsu ini di dokter berkisar 300 ribu per gigi atau 1500.000 per rahang.

2. Gigi palsu lepasan valpast
Gigi palsu ini hampir sama dengan jenis akrilik. Yang membedakan jenis gigi ini tidak menggunakan pengait kawat, namun menggunakan plat yang lebih lentur dan tipis. Jenis gigi palsu ini di dokter gigi berkisar 300 ribu per gigi atau 2500.000 per rahang.

3. Gigi palsu kerangka logam
Jenis gigi palsu ini menggunakan plat logam di bagian dalam. Memang jika di banding dengan gigi palsu jenis lain gigi palsu ini lebih nyaman di pakai. Plat logam sangat tipis dengan pengait yang dapat di kaitkan pada gigi asli. Hal ini tentunya dapat lebih kuat sehingga memudahkan pemakainya saat makan maupun berbicara. Harga gigi palsu ini di dokter 300 ribu per gigi. Namun per rahang harga bisa mencapai 3 jutaan atau tergantung dari bahannya.

Gigi palsu permanen

1. Crown ( Selubung )
Jenis gigi palsu ini di gunakan untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak. Jadi saat gigi rusak namun masih menyisakan mahkota dapat diperbaiki dengan melakukan pengasahan atau di selubungi sehingga dapat menutupi mahkota sehingga nantinya akan nampak seperti gigi asli. Dan jangan khawatir karena jenis gigi ini juga sangat kuat. Pemasangan gigi palsu ini berkisar  Rp 3500.000 sampai  Rp 6.000.000.

2. Jenis Bridge ( Jembatan )
Jenis gigi palsu ini biasanya di gunakan untuk menggantikan 1 -2 gigi yang telah copot sampai ke akarnya caranya dengan dikaitkan pada kanan kiri gigi asli sehingga gigi palsu memiliki pegangan sehingga dapat menggantikan posisi gigi yang hilang. Jenis gigi ini di dokter berkisar Rp 9000.000 sampai Rp 18.000.000

3. Gigi implan
Metode pemasangan gigi palsu ini paling baru diantara lainnya. Keunggulan metode ini mampu menggantikan struktur gigi yang telah hilang. Caranya gigi di implan dan di tanam dalam gusi. Pembuatan gigi palsu implan di dokter berkisar 15 juta sampai 20 juta.

Baca : Manfaat Daun Salam [Syzygium Polyanthum] Yang Terbukti Ampuh Untuk Kesehatan Anda

Cara Merawat Gigi Palsu

Seperti halnya gigi asli, gigi tiruan /palsu pun juga memerlukan perawatan. Bahkan perawatan pada gigi palsu harus dilakukan secara khusus. Hal ini bertujuan agar gigi palsu dapat bertahan lama dan juga menjaganya agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Sudah menjadi rahasia umum jika gigi tiruan bisa menimbulkan aroma yang tidak mengenakan. Oleh karena itu lakukanlah beberapa tips berikut ini untuk merawatnya:

  • Lepaskan gigi palsu tiap malam agar mulut dan gusi dapat beristirahat.
  • Setelah dilepaskan, bersihkan gigi palsu dengan sikat dan pasta gigi khusus, lalu rendam di dalam air bersih. Air tersebut dapat ditambahkan pembersih untuk gigi palsu agar dapat membantu membersihkan gigi palsu.
  • Jika tidak sedang digunakan, simpan gigi palsu di dalam wadah berair untuk mencegah kekeringan. Jangan gunakan air panas untuk merendam gigi palsu.
  • Pada saat membersihkan atau merawat gigi palsu, alasi lantai dengan keset atau handuk untuk mencegah gigi palsu jatuh ke lantai dan rusak.
  • Periksa gigi palsu secara rutin untuk memantau jika terdapat keretakan.

1 comment for "Mengetahui Jenis Serta Harga Gigi Palsu Terbaru Dan Terlengkap 2020"