Cara Aman Bertransaksi Melalui ATM, Nasabah Wajib Paham
Cara Aman Bertransaksi Melalui ATM, Nasabah Wajib Paham

Cara Aman Bertransaksi Melalui ATM, Nasabah Wajib Paham



Diera sekarang masyarakat sudah paham betul akan pentingnya menabung. Jika dulu menabung hanya dilakukan dirumah, disimpan dalam lemari atau yang lainya. Sekarang ada pilihan yang lebih efisien dan lebih aman yaitu mempercayakan uang kita di Bank ( menabung di bank).

Tentu menabung di Bank banyak sekali keuntunganya dari pada menabung sendiri di rumah. Diantaranya keuntungan menabung di bank adalah anda akan diikutkan dalam progam undian berhadiah. Hampir setiap bank yang ada saat ini membuat progam undian berhadiah guna menarik minat para nasabah.

Baca Lainya : Ketahui Cara Aman Menbersihkan Kartu ATM Yang Kotor

Sekarang ini ada banyak  bank yang bisa anda pilih untuk menabungkan uang anda diantaranya adalah BRI, BCA, BNI, Mandiri dan masih banyak lagi bank lainya. Ketika anda menabungkan uang di Bank hampir sudah pasti akan difasilitasi dengan Kartu ATM. Dimana dengan Kartu tersebut anda dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi dengan mesin ATM.

Nah, tahukah anda meskipun kartu ATM dilengkapi dengan pasword namun ternyata banyak sekali kasus pembobolan kartu ATM. Ada Banyak cara yang biasa digunakan oleh pelakunya. Oleh karena itu ada baiknya anda membaca artikel ini sampai selesei. Berikut akan kami jelaskan Trik dan Langkah Aman Bertransaksi Via Mesin ATM.

Melakukan Transaksi di Mesin ATM Yang Ramai


Ketika akan melakukan transaksi dengan mesin ATM selalu usahakan untuk memilih ATM yang ramai. Hal ini guna meminimalisir tingkat kejahatan. Karena kebiasaan pelaku pembobolan rekening ATM biasanya memilih ATM yang sepi. Namun demikian, menggunakan mesin ATM ditempat ramai pun tidaklah selalu aman. Oleh karena itu lakukan langkah kedua berikut ini.

Selalu Tutup Dengan Tangan Atau Kertas Saat Anda Memasukan PIN


PIN ATM biasanya terdiri dari 6 digit nomor kombinasi. Ketika anda menombol nomor PIN hukumnya wajib untuk selalu menutupi dengan tangan. Pastikan tidak ada celah yang bisa dilihat kecuali anda sendiri. Kenapa demikian? Banyak kasus yang terjadi pembobolan rekening ATM terjadi karena kerahasiaan PIN pengguna bocor dan diketahui pelaku.

Biasanya pelaku memasang sebuah kamera kecil ditempat yang mungkin tidak anda ketahui.

Baca Lainya : Waspadai Modus Membobol Kartu ATM Dengan Cara "Skimming" Agar tak Jadi Korban

Jangan Panik Ketika Kartu ATM Tertelan Atau Tidak Bisa Dikeluarkan


Berikutnya, ketika anda mengalami kejadian dimana kartu ATM tertelan atau tersangkut pada lubang slot mesin ATM sehingga tidak bisa ditarik, jangan panik. Dan jangan sekali kali anda meminta bantuan pengunjung ATM lainya. Langkah tepat dan aman yang harus anda lakukan adalah segera menghubungi Custumer Servis Bank yang anda gunakan. Pihak Bank saat ini sudah menyediakan layanan custumer servis full time 24 jam yang bisa anda hubungi kapanpun.

Dimana cara mendapatkan nomor Custumer Servis Bank yang bersangkutan? Nomor Custumer Servis biasanya sudah ditempelkan pada mesin yang anda gunakan. Segeralah minta pemblokiran sementara rekening anda. Namun yang perlu anda catat, petugas Custumer Servis tidak akan pernah menanyakan paswort anda. Sehingga ketika anda mendapati petugas menanyakan paswort anda bisa jadi nomor yang anda hubungi adalah palsu yang sengaja ditempelkan oleh pelaku pembobolan rekening ATM.

Selalu Ganti Nomor PIN ATM Secara Berkala


Dan yang terakir usahakan anda untuk selalu mengganti nomor PIN setidaknya 2 bulan sekali. Hal ini bertujuan guna menjaga kerahasiaan PIN anda. Demikian tadi tentang langkah aman bertransaksi melalui Mesin ATM. Semoga bisa bermanfaat. Salam!!

Baca Lainya : Cara Menabung 20 Juta Dalam Tempo Satu Tahun Dengan Gaji 3 juta'an, Gak Sulit Kok Asal.. 

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar