Mudah Dan Cepat Cara Bayar BPJS Kesehatan di Indomart dan Alfamart
Mudah Dan Cepat Cara Bayar BPJS Kesehatan di Indomart dan Alfamart

Mudah Dan Cepat Cara Bayar BPJS Kesehatan di Indomart dan Alfamart

BPJS Kesehatan saat ini semakin diminati oleh masyarakat di bandingkan beberapa tahun silam. Karena memang dengan menjadi peserta dari BPJS Kesehatan, segala biaya pengobatan akan dibebaskan alias gratis, selama sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.



Namun demikian, setiap peserta dari BPJS kesehatan diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulanya tentunya sesuai dengan kelasnya masing. Yups, peserta BPJS kesehatan sendiri di bagi menjadi 3 kelas. Adapun setoran tiap bulanya untuk masing-masing kelas adalah sebagai berikut, Kelas 1 Rp80.000/bulan, Kelas 2 Rp51.000/bulan dan untuk Kelas 3 sebesar Rp25.500/bulan.
Setiap peserta yang telah menjadi anggota dari BPJS Kesehatan ini wajib membayar iuran tersebut paling lambat tanggal 10 tiap bulanya. Namun jika kebetulan tanggal tersebut bertepatan dengan hari libur atau tanggal merah maka pembayaran bisa dilakukan pada hari berikutnya yaitu tanggal 11.

Apabila peserta terlambat melakukan pembayaran lebih dari satu bulan terhitung dari tanggal 10 maka peserta akan dinon aktifkan sementara dari keanggotaan. Itu artinya peserta tidak bisa menggunakan jaminan kesehatanya untuk berobat, sehingga ketika sakit dan berobat harus dengan biaya sendiri. 

Keanggotaan jaminan kesehatan akan aktif lagi jika peserta sudah melunasi tunggakan pembayaran plus denda tunggakan tersebut. Adapun besar denda yang diberlakukan adalah sebesar 2,5% dari jumlah iuran tunggakan.

Untuk itu sebaiknya peserta melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo yang ditetapkan tersebut. 

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart dan Indomart


Guna memudahkan peserta dalam melakukan pembayaran iuran bulanan, BPJS telah menyediakan berbagai fasilitas dan sarana pembayaran, baik melalui loket pembayaran yang tersedia di kantor BPJS, melalui bank yang ditunjuk ataupun juga melalui Kantor Pos, AlfaMart, Indomart ataupun tempat lainya yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut,
  • Silahkan datang di Alfamart ataupun Indomart terdekat.
  • Berikutnya silahkan langsung saja antri di kasir, kemudian bilang ke kasir mau bayar BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya petugas kasir akan meminta kartu BPJS anda, atau bisa juga meminta nomor telepon anda yang terdaftar pada BPJS.
  • Setelah itu petugas kasir akan memberi tahu jumlah yang harus di bayarkan, silahkan langsung saja membayar.
  • Jika sudah anda akan diberikan struk bukti pembayaran, silahkan simpan struk tersebut.
Nah, demikian tadi cara membayar tagihan BPJS melalui Alfamart maupun Indomart, untuk pembayaran ditempat lainya misal kantor pos sama saja silahkan lakukan sesuai petunjuk di atas. Salam.

Baca Juga : Cara Mengurus Kartu BPJS Yang Hilang
 
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar