Cara Benar Mengganti PIN ATM BCA Langsung Di Mesin ATM

watch_later Monday, July 23
Jika anda membuka tabungan di BCA salah satu fasilitas yang akan diberikan adalah Kartu ATM. Dimana dengan fasilitas tersebut nasabah dapat mengakses rekeningnya dan bisa melakukan berbagai transaksi finansial dengan Mesin ATM. Tentu hal ini sangat memudahkan nasabah karena tidak harus antri di teller untuk bertransaksi.

Setiap kartu ATM yang diberikan kepada nasabah, akan dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number). PIN ATM berfungsi sebagai kata kunci data keamanan dana dan informasi keuangan anda di Bank. Setiap kali akan melakukan transaksi di mesin ATM haruslah memakai PIN tersebut. Oleh karenanya catat baik-baik PIN anda dan jangan sampai lupa, apalagi diketahui oleh orang lain. Karena begitu pentingnya PIN ATM tersebut maka sebaiknya anda melakukan pergantian secara berkala.



Mengapa Harus Rutin Melakukan Pergantian PIN??

PIN ATM biasanya terdiri dari 6 digit angka, umumnya nasabah memilih angka yang mudah diingat dalam kurun waktu lama, karena sudah merasa nyaman dengan PIN tersebut menjadikan nasabah enggan melakukan pergantian PIN karena yakin PIN ATM BCA miliknya aman. Padahal Perbankan menganjurkan untuk melakukan pergantian PIN ATM  setidaknya tiap 3 bulan sekali. Tujuanya tentu saja untuk keamanan dana anda dari tindak kejahatan seperti halnya pembobolan rekening ATM.

Seperti yang ramai diberitakan, saat ini modus kejahatan pembobolan rekening ATM cukup beragam dan salah satu yang sempat menghebohkan beberapa waktu yang lalu adalah pembobolan rekening ATM dengan cara skimming. Modusnya pelaku memasang alat yang dikenal dengan nama skimmer ke mesin ATM, biasanya alat tersebut ditempelkan pelaku pada lubang slot Kartu ATM. Alat tersebut bisa membaca dan merekam seluruh data yang terdapat di dalam kartu ATM yang anda gunakan pada mesin tersebut.

Baca :  Waspadai Modus Membobol Kartu ATM Dengan Cara "Skimming" Agar tak Jadi Korban

Maka dengan rutin melakukan pergantian PIN diharapkan rekening anda lebih aman dan  meminimalisir terjadinya kasus pembobolan rekening via ATM. Nah, bagi anda yang masih bingung tentang tata cara pergantian PIN ATM, berikut ini akan kami berikan panduanya.

Cara Mudah Mengganti PIN ATM BCA Langsung di Mesin ATM.

  • Masukan kartu ATM BCA anda  pada slot yang ada pada mesin ATM BCA, lanjutkan dengan memasukan 6 digit PIN lama anda.
  • Pada halaman berikutnya silahkan pilih TRANSAKSI LAINYA dan lanjutkan dengan pilih GANTI PIN.
  • Kemudian anda akan diminta memasukan nomor Pin ATM lama, silahkan masukan PIN lama anda.
  • Berikutnya masukan PIN baru yang telah anda siapkan sebelumnya, 
  • Selanjutnya anda akan diminta mengulangi sekali lagi memasukan PIN baru sebagai konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat sampai transaksi selesei di proses dan mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pergantian PIN berhasil.
  • Terakir tutup transaksi dan ambil kartu ATM anda.

Solusi Aman Bertransaksi Via Mesin ATM BCA

  • Lakukanlah pergantian PIN tiap 1 bulan sekali agar kerahasiaan PIN ATM anda tetap terjaga.
  • Selalu lindungi PIN ATM anda saat bertransaksi di mesin ATM. Caranya selalu tutup dengan tangan, kertas atau dompet saat akan mengetik PIN.
  • Carilah mesin ATM yang berada di keramaian, karena umumnya pelaku kejahatan mengincar tempat-tempat yang sepi untuk melancarkan aksinya.
  • Jangan pernah lupa untuk mengambil kartu ATM anda saat selesei bertransaksi, perhatikan baik-baik, faktanya entah karena lupa atau tergesa-gesa banyak orang yang lupa mengambil kartu ATM nya saat selesei bertransaksi. Hal ini tentu berbahaya jika yang menemukanya adalah orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Terakir, jangan pernah memberikan nomor PIN ATM BCA anda kepada orang lain, terlebih mereka yang belum dikenal.
Demikian tadi tentang cara melakukan pergantian PIN ATM BCA via Mesin ATM. Ingat selalu waspada  terhadap orang disekitar anda saat melakukan transaksi via mesin ATM. Waspada bukan untuk mencurigai, tetapi semata mata untuk keamana dan kenyamanan anda dalam bertransaksi via mesin ATM BCA. Salam Jabat Erat!!
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.