Mengenal BRI Mobile, Lengkap Dengan Cara Aktifasi dan Penggunaanya
Mengenal BRI Mobile, Lengkap Dengan Cara Aktifasi dan Penggunaanya

Mengenal BRI Mobile, Lengkap Dengan Cara Aktifasi dan Penggunaanya

BRI mobile merupakan sebuah aplikasi untuk smartphone  yang diluncurkan oleh Bank BRI yang mana di dalamnya terdapat  beberapa aplikasi e-Banking BRI yang dapat dijalankan dan diakses melalui smartphone. Dimana dengan mengaktifkan produk ini tiap nasabah dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi non tunai, seperti transfer, bayar tagihan kartu kredit, telepone, internet, tv berlangganan ,pembelian voucher dan e-commerce, informasi rekening dan kurs, serta masih banyak lagi lainya. Dengan fitur tersebut nasabah dapat melakukan aktifitas perbankan hanya dengan sebuah Smartphone kapanpun dan di manapun selama masih terhubung dengan jaringan internet.

Banyak nasabah yang masih bingung tentang perbedaan antara Internet Banking dan Mobile Banking. Secara umum tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua layanan tersebut, perbedaan yang paling mencolok adalah agar bisa menggunakan BRI mobil nasabah harus menginstal dan memasang aplikasi tersebut di smarphone, sedangkan untuk i-banking nasabah dapat mengakses layanan tersebut dari situs resmi BRI.

Aplikasi BRI Mobile sangat mudah digunakan sekalipun bagi anda yang baru pertama kali mengenal dan menggunakanya, karena memang fitur fitur didalamanya dibuat semudah mungkin agar penggunanya tidak mengalami kesulitan. Dari segi keamanan layanan BRI mobile dilengkapi dengan PIN yang bisa anda ganti kapanpun. Sebaiknya anda melakukan pergantian PIN 1 bulan sekali, demi keamanan akun anda.

Ilustrasi Mobile Banking via shutterstock.com

Adapun Beberapa Kelebihan BRI Mobile Sebagai Berikut


  1. BRI Mobile lebih mudah digunakan sekalipun bagi mereka yang belum pernah mengenal layanan ini sebelumnya. Karena BRI Mobile telah menggabungkan 2 layanan sekaligus, yaitu Internet Banking dan BRI Mobile. Fitur layanan BRI mobile dapat diakses dari beberapa jaringan internet seperti GPRS, EDGE, 3G, ataupun WIFI.
  2. M-Banking umumnya menerapkan sistem pengamanan OTP (One Time Pasword), yang dikirimkan melalui SMS pada nomor yang telah didaftarkan, sehingga transaksi lebih aman.
  3. Tersedianya fitur transaksi transfer baik ke sesama rekening maupun ke rekening bank lain. Sehingga lebih menghenat waktu karena penggunanya tidak harus datang ke mesin ATM. Cukup dengan smartphone anda segalanya jadi mudah.
  4. Bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran dan tagihan. Seperti tagihan kartu kredit, tagihan listrik, tagihan telepon, internet, tv berlangganan dan sebagainya. Dengan didukung fitur Daftar Pembayaran, nasabah dapat dengan mudah menyimpan berbagai daftar pembayaran yang rutin dilakukan setiap bulan, cukup sekali simpan dan anda tidak perlu melakukan pengisian data dalam transaksi pembayaran  yang sama selanjutnya.
  5. Tersedianya Fitur T-Bank, fitur T-Bank merupakan layanan baru yang diluncurkan oleh bank BRI yang bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, yaitu layanan yang menggunakan nomor HP sebagai nomor rekening. Dengan T-Bank anda tidak perlu memiliki rekening Bank BRI untuk transfer dan tarik uang. Syarat utama dari fitur ini adalah nomor yang digunakan haruslah nomor Telkomsel.

Cara Daftar dan Aktifasi BRI Mobile

Untuk bisa menggunakan layanan ini nasabah harus memiliki rekening di Bank BRI. Kemudian nasabah wajib melakukan registrasi mobile banking dan internet banking melalui ATM dan Unit Kerja BRI . Agar lebih mudah dalam melakukan registrasi silahkan datang langsung di kantor cabang  BRI dimana anda membuka tabungan. Jelaskan maksut kedatangan anda pada petugas Custumer Servis yang berjaga, maka petugas akan memandu proses aktivasi sampai selesei. Biasanya petugas akan mengarahkan terlebih dahulu untuk mengaktifkan  fitur i-banking dan juga SMS banking, karena kedua layanan tersebut digunakan untuk proses aktifasi BRI Mobile. Setelah i-Banking anda aktif maka selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini untuk proses aktivasi BRI Mobile
  1. Login ke internet banking BRI dari komputer atau notebook  atau juga dengan smartphone anda, dengan membuka website BRI (ib.bri.co.id).
  2. Setelah anda berhasil login dan masuk pada akun, cari menu LAYANAN dan selanjutnya pilih Daftar BRI Mobile.
  3. Lakukan sesuai dengan instruksi, ada 3 intruksi yang harus anda lakukan (Pengisian Data, Konfirmasi Data, Transaksi Selesai), pada tiap tahapan ini tugas anda hanya klik pada KIRIM.
  4. Selanjutnya silahkan tutup (keluar) dari dari akun di internet banking anda.
  5. Silahkan buka  pesan SMS di smartphone anda yang dikirim dari IBBRI yang berisi link download aplikasi BRI Mobile.
  6. Setelah aplikasi tersebut ter-download dan ter-install pada smartphone Anda, silahkan buka dan jalankan aplikasinya.
  7. Pada menu utama, Anda dapat melihat berbagai macam pilihan menu, yaitu info BRI, Contact BRI, e REGISTRATION BRI, , mobile banking, dan MY QR.
  8. Pilih Internet BRI jika anda ingin bertransaksi menggunakan jaringan internet.
  9. Kemudian pilih Aktivasi IB Mobile BRI.
  10. Jika sukses, Anda akan menerima SMS notifikasi bahwa BRI Mobile sudah aktif dan siap digunakan untuk melakukan transaksi finansial.
Dengan mengaktifkan BRI Mobil pada smarthone anda, kini anda pun dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi finansial non tunai dan segalanya akan menjadi lebih cepat. 
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar