4 Tips Jitu Memilih Hewan Qurban Yang Baik, Jangan Salah Biar Qurbanya Berkah
4 Tips Jitu Memilih Hewan Qurban Yang Baik, Jangan Salah Biar Qurbanya Berkah

4 Tips Jitu Memilih Hewan Qurban Yang Baik, Jangan Salah Biar Qurbanya Berkah


Tidak terasa sebentar lagi Hari Raya Idhul Qurban/ Idhul Adha tiba. Dimana pada hari tersebut masyarakat muslim yang mampu disunahkan untuk melakukan Qurban berupa hewan ternak sesuai ketentuan, seperti halnya kambing, sapi, kerbau ataupun juga unta. Dalam memilih hewan  Qurban tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan ada kriteria kusus yang harus dipenuhi terkait hewan yang akan di Qurbankan. Diantaranya adalah hewan yang khalal secara islam, dalam keadaan sehat serta tidak ada cacat sedikitpun.

Sebagai  seorang yang awam tentu tidak mudah dalam memilih dan menentukan hewan qurban yang layak. Apalagi menjelang hari raya tersebut ada banyak sekali penjual hewan qurban, sehingga malah membuat kita bingung memilih hewan ternak mana yang baik dan memenuhi syarat syahnya berqurban. Tidak ingin momen berqurban kali ini menjadi tidak syah karena beberapa hal sepele yang tidak diketahui. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih hewan ternak untuk Qurban yang memenuhi syarat syahnya qurban.

Tips Memilih Hewan Qurban Yang Baik

Tidak semua hewan bisa digunakan untuk berqurban, hewan qurban  yang bisa digunakan adalah hewan yang khalal secara agama, seperti unta, kambing, sapi ataupun kerbau yang mana hewan hewan tersebut dalam keadaan sehat dan tidak memiliki cacat sedikitpun dan telah sesuai dengan ketentuan.

➧Usia Hewan Qurban
Hewan yang bisa digunakan untuk berqurban adalah hewan yang telah memiliki usia cukup. Untuk ukuran kambing dan domba minimal harus sudah berumur satu tahun, sedangkan untuk kerbau ataupun sapi telah berusia 2 tahun dan jika berqurban dengan unta minimal telah berusia 5 tahun. Anda dapat mengetahui usia hewan tersebut dengan bertanya langsung kepada penjualnya, atau jika memungkinkan anda bisa melihat catatan kelahiran ternak yang biasanya dimiliki oleh pemilik hewan tersebut.

Untuk benar benar memastikan usia hewan kurban telah sesuai dengan ketentuan, anda juga bisa menguatkanya dengan metode cek gigi . Caranya adalah dengan melihat gigi susu hewan ternak tersebut, jika gigi susu hewan ternak tersebut telah tanggal ( dua gigi susu yang di depan), hal tersebut telah menandakan bahwa usianya telah memenuhi syarat.

Tidak Ada Cacat Sedikitpun
Berikutnya yang harus benar benar anda perhatikan adalah kesempurnaan fisik hewan yang akan dikurbankan, dalam artian hewan tersebut tidak boleh memiliki cacat sedikitpun. Fisik yang sempurna juga menjadi syarat syahnya hewan kurban. Tidak boleh memilih hewan yang pincang, sakit, buta, sangat kurus sekali dan sebagainya. Jika memaksakan memilih hewan kurban yang tidak sesuai ketentuan maka dipastikan ibadah qurban yang anda lakukan tidak syah dan hewan tersebut hanya berstatus sebagai daging biasa bukan menjadi daging Qurban.

Memiliki Nafsu Makan Yang Baik
Pilihlah hewan Qurban yang memiliki nafsu makan yang baik. Apabila nafsu makanya baik hampir bisa dipastikan hewan tersebut sehat. Perhatikan pula secara detail tampilan hewan tersebut mulai dari mata, telinga, hidung, dan bulunya. Apabila anda menemui hewan dengan kelopak mata pucat ataupun kuning sangat tidak disarankan hewan tersebut dijadikan Qurban. Hewan yang sehat biasanya kelopak mata bagian dalam berwarna pink. Untuk hidung hewan yang sehat umumnya terlihat basah, dengan tampilan bersih dan tidak mengeluarkan cairan.

Pilih Tempat Di Mana Anda Akan Membeli Hewan Qurban
Dan yang terakir adalah memilih tempat pembelian hewan Qurban. Seperti yang kita tahu, menjelang hari raya Idhul Qurban banyak sekali lapak dadakan yang menjual berbagai hewan ternak untuk Qurban. Untuk itulah anda harus cermat dalam memilih tempat pembelian hewan Qurban. Jangan membeli hewan qurban yang diternak di tempat pmbuangan sampah. Karena hewan yang diternak di tempat pembuangan sampah memiliki resiko yang tinggi terinfeksi berbagai zat berbahaya, yang apabila dagingnya dikonsumsi bisa membahayakan tubuh manusia. Untuk itulah pastikan anda membeli hewan qurban yang diternak ditempat yang bersih dan tidak tercemar oleh limbah ataupun sampah.

Demikianlah tips memilih hewan Qurban yang baik. Silahkan beli hewan qurban sesuai dengan kemampuan anda. Karena pada dasarnya berkurban adalah suatu kerelaan hati untuk beribadah mendekatkan diri pada Ilahi.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar