Mengetahui Pentingnya Mengganti PIN ATM BCA Secara Berkala
Mengetahui Pentingnya Mengganti PIN ATM BCA Secara Berkala

Mengetahui Pentingnya Mengganti PIN ATM BCA Secara Berkala


Sudah berapa kali anda melakukan pergantian PIN Kartu ATM BCA sejak pertama kali anda memilikinya? 1 kali, 2 kali, 3 kali atau malah belum pernah sama sekali?

Banyak nasabah dari Bank BCA yang enggan melakukan pergantian PIN ATM dengan berbagai alasan klasik, mulai dari sudah merasa yakin kalau PIN nya aman, malas, atau juga gak mau ribet menghafalkan PIN yang baru. Padahal pergantian PIN/Password ATM sangat dianjurkan oleh pihak bank. Setidak-tidaknya 3 bulan sekali hendaknya nasabah melakukanya.

Pergantian PIN secara berkala ini bertujuan agar kerahasiaanya terjaga. Mengingat saat ini banyak sekali bermunculan modus kejahatan perbankan. Dan yang paling meresahkan adalah pembobolan rekening ATM yang sering dikenal dengan Skimming.

Sebenarnya mengganti PIN ATM BCA tidaklah sulit, nasabah hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Dan yang terpenting nasabah harus sudah mempersiapkan 6 digid pin baru.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menentukan PIN Baru


Usahakan PIN baru  terdiri dari kombinasi angka angka yang sulit.
Ntah karena tidak mau ambil pusing terkadang ada saja nasabah yang menggunakan kombinasi angka berurutan misalnya 1-6. Tentu kombinasi PIN seperti ini rawan sekali untuk dibobol.

Jangan pernah menggunakan tanggal lahir anda sebagai PIN.
Pihak Perbankan sendiri tidak menganjurkan PIN ATM dibuat dari kombinasi tanggal, bulan dan tahun kelahiran, mengapa? Sebab kombinasi angka tersebut dinilai tidak aman dan mudah ditebak oleh orang lain. Bagaimana bisa??

Hal ini bisa saja terjadi manakala suatu ketika anda kehilangan dompet lengkap beserta isinya. Kebiasaan masyarakat dompet selain digunakan untuk menyimpan uang juga, digunakan untuk menyimpan kartu penting lainya, seperti halnya kartu Identitas diri, kartu bpjs, kartu kredit, kartu ATM dan lain sebagianya. Nah, ketika dompet anda ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisa saja orang tersebut akan mencoba mengutak ngatik PIN ATM BCA anda dengan memadukan kombinasi dari tanggal kelahiran yang tertera di Kartu Identitas diri.

Simpan PIN ATM di Tempat Yang Aman
Terkadang karena takut lupa pin sehingga bisa mengakibatkan PIN terblokir, tak jarang nasabah yang mencatat dan menyimpannya. Yang perlu diperhatikan adalah simpan PIN anda tersebut ditempat yang benar-benar aman.

Cara Ganti PIN ATM BCA Langsung Dari Mesin ATM


Langkah Pertama
Silahkan anda datang di tempat yang menyediakan Fasilitas Mesin ATM BCA. Saat ini mesin ATM BCA bisa sudah banyak tersedia di tempat tempat umum ataupun berbagai pusat perbelanjaan. Silahkan datang ditempat yang menurut anda paling aman dan nyaman.

Langkah Kedua
Ketika anda sudah sampai di Mesin ATM silahkan masukan kartu ATM anda pada slot yang ada di mesin tersebut. Kemudian pilih bahasa apa yang akan anda gunakan. Terdapat dua pilihan bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Kami sarankan untuk memilih Bahasa Indonesia. Maka anda akan dibawa pada sebuah halaman baru, untuk memasukan PIN.

Langkah Ketiga
Silahkan masukan 6 digit PIN ATM lama yang biasa anda gunakan, masukan dengan hati hati dan jangan sampai salah memasukan PIN lebih dari 3 kali. Dikarenakan jika anda salah memasukan PIN ATM BCA lebih dari 3x maka secara otomatis sistem dari Bank BCA akan memblokir kartu ATM anda, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginka.

Langkah ke Empat
Pada halaman baru layar monitor akan menampilkan beberapa pilihan menu. Silahkan cari dan pilih menu "transaksi lainya" yang berada di pojok kanan bawah. Selanjutnya akan muncul pilihan submenu lain, silahkan cari pilihan menu "Ganti PIN".

Langkah ke Lima
Anda akan diminta kembali memasukan PIN, silahkan masukan PIN ATM lama anda, kemudian anda akan diperintahkan untuk memasukkan 6 digit PIN baru dan terakhir konfirmasi dengan memasukan 6 digit PIN baru lagi. Jika semua tahapan sudah anda ikuti dengan benar harusnya ganti PIN BCA telah berhasil dan diikuti dengan bukti transaksi berupa struk ATM. Silahkan ambil struk tersebut dan jika sudah tidak ingin melanjutkan silahkan tutup transaksi dan ambil kartu ATM anda.

Bagaimana mudah bukan? Jika ada yang belum jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Secepatnya admin akan menjawab pertanyaan Anda. Salam Jabat Erat!!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar