Mau Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit?? Jangan Gegabah, Pahami Dulu 4 Hal Ini
Mau Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit?? Jangan Gegabah, Pahami Dulu 4 Hal Ini

Mau Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit?? Jangan Gegabah, Pahami Dulu 4 Hal Ini


Kartu Kredit - Kartu ajaib tersebut pastinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda. Disebut kartu ajaib, karena memang hanya dengan sebuah kartu plastik seseorang dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi tanpa harus menggunakan uang cash/tunai. Tinggal gesek transaksi pembayaranpun selesei. Maka tidak heran jika banyak orang yang tergoda untuk segera memiliki kartu kredit. Apalagi saat ini pihak bank penerbit kartu kredit gencar menawarkan berbagai promo, keunggulan dan kemudahan kartu kredit sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk memilikinya. Salah satu fasilitas yang menarik minat masyarakat adalah dihadirkanya fasilitas tarik tunai dalam kartu kredit.

Disaat anda membutuhkan uang dalam jumlah yang besar untuk suatu kepentingan yang mendesak. Kartu kredit bisa menjadi solusinya, cukup dengan datang di Mesin ATM dan melakukan tarik tunai, sesuai limit kartu. Maka danapun bisa langsung cair saat itu juga, seperti halnya menarik uang dengan kartu ATM (debet). Sehingga anda tidak perlu lagi pergi ke bank, untuk mengurus dan mengajukan pinjaman  uang dalam jumlah yang besar.

Namun satu hal yang perlu di ingat, melakukan tarik tunai dari kartu kredit, berarti anda sama juga meminjam uang di bank. Sebagai konsekuensinya tentu saja anda harus mengembalikan pinjaman tersebut beserta biaya penarikan dan sejumlah bunga yang dibebankan oleh bank. Yang mana jumlah bunga yang dibebankan juga terbilang cukup besar. Oleh karena itulah sebelum anda memutuskan untuk  tarik tunai dengan kartu kedit alangkah bijaknya jika memperhatikan hal berikut ini. Jangan sampai kepemilikan kartu kredit malah akan menjadi blunder finansial yang membebani keuangan anda di masa mendatang.

Tarik Tunai Kartu Kredit Dikenakan Biaya 

Berbeda dengan Kartu Debet (ATM) yang membebaskan biaya atau gratis saat melakukan tarik tunai dari mesin ATM. Penarikan uang dari Mesin ATM menggunakan kartu kredit rata rata dikenakan biaya penarikan sebesar 4% yang dibebankan saat itu juga. Semakin besar jumlah nominal tarik tunai anda, maka semakin besar pula biaya yang dibebankan. Selain dikenakan  biaya penarikan, anda juga akan dibebani sejumlah bunga yang terbilang besar per bulanya, yaitu maksimal sebesar 2,25% atau per tahunya mencapai 27%.

Sebagai contohnya katakanlah anda melakukan tarik tunai di ATM dengan kartu kredit senilai Rp. 1 juta, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.40 ribu. Sehingga tagihan yang harus anda bayarkan sebesar Rp.1,04 juta. Bila tagihan tersebut tidak anda bayarkan 100% sebelum jatuh tempo, maka bank akan membebankan bunga sebesar 2,25% per bulanya.

Tarik Tunai Kartu Kredit Ada Batasnya

Memiliki kartu kredit dengan jumlah limit yang besar, tentulah sangat menyenangkan. Karena anda dapat menggunakanya untuk berbagai kepentingan. Namun demikian setiap bank penerbit kartu kredit pastilah akan memberikan patokan belanja maupun  transaksi tarik tunai kartu kredit.  Sehingga meskipun limit belanja dan tarik tunai kartu kredit anda besar tetap ada ketentuan batasan dari bank. Patokan tarik tunai ini bertujuan agar pengguna kartu kredit tidak kebablasan saat melakukan tarik tunai. Sehingga tidak sampai terlilit hutang yang besar. Mengingat semakin besar nilai tarik tunai, semakin besar pula biaya dan bunga yang harus dibayarkan tiap bulanya. Tarik tunai kartu kredit biasanya bisa dilakukan hingga 50% dari limit kartu. Misalnya anda memiliki limit 50 juta maka anda bisa melakukan penarikan hanya sampai dengan 25 juta.

Hitunglah Kemampuan Bayar

Melakukan tarik tunai dengan kartu kredit memang sangat mudah. Namun, perhatikan juga kemampuan anda untuk melunasi tagihan yang ada. Jangan sampai nantinya anda malah akan terlilit hutang dalam jumlah yanng besar. Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk tarik tunai,  pastikan bahwasanya anda memiliki sumber dana yang cukup untuk melunasinya. Dan cobalah untuk melakukan hitung-hitungan berapa total  tagihan yang harus dibayarkan kelak. Seperti penjelasan diatas rata-rata tarik tunai kartu kredit dikenakan biaya sebesar 4% dari total dana yang anda tarik, serta anda akan dikenakan bunga sebesar 2,25% per bulanya.

Gunakan Tarik Tunai Kartu Kredit Hanya Di Saat Mendesak

Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak, yaitu dengan hanya menggunakan tarik tunai kartu kredit disaat yang benar-benar mendesak. Sebab jika anda menggunkanya disaat yang tidak tepat, bisa saja nantinya anda akan mengalami kesulitan finansial saat akan melunasinya. Ingat tarik tunai dengan kartu kredit memiliki bunga  dan biaya penarikan yang cukup besar. Oleh sebab itulah kenapa hal ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Jika memang tarik tunai harus dilakukan pastikan jumlah penarikan dana sudah diestimasi atau dihitung terlebih dahulu sesuai dengan kemampuan bayar anda.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar