Tips Aman Penggunaan Kartu Kredit Bagi Pemula Agar Tagihan Tidak Membengkak
Tips Aman Penggunaan Kartu Kredit Bagi Pemula Agar Tagihan Tidak Membengkak

Tips Aman Penggunaan Kartu Kredit Bagi Pemula Agar Tagihan Tidak Membengkak


Tidak bisa dipungkiri jika saat ini pengguna kartu kredit kian meningkat. Tak hanya didominasi kalangan atas, kalangan menengah pun juga banyak yang mengajukan permohonan kartu kredit, dan berbagai upaya pun dilakukan agar pengajuan kartu kredit bisa secepatnya di approve. Ketika pengajuan kredit disetujui sepenuhnya, sudah pasti sang empunya  merasa senang dan gembira. Berbagai anganpun memenuhi kepala tatkala kartu ajaib tersebut sudah berada ditangan. Mulai dari rencana  untuk makan di retoran ternama hingga berbelanja barang barang yang telah lama di idam idamkan. Seakan mereka tak sadar dengan sejumlah tagihan yang harus dibayarkan di setiap bulanya.

Ketika  tagihan datang tak jarang pula banyak yang kaget akan besarnya nominal yang harus dibayarkan hingga ujung ujungnya merekapun menyesal telah menggunakan kartu kredit.
Ada banyak orang yang mengalami hal demikian, hal ini dikarenakan mereka tidak mempertimbangkan sejak awal tentang konsep penggunaan kartu kredit.

Nah untuk itulah sebelum  memutuskan untuk memiliki kartu kredit, alangkah lebih bijaknya mengetahui konsep dari kartu kredit itu sendiri. Sejak awal kita harus menyadari dengan baik, bahwasanya semua transaksi yang kita lakukan dengan kartu kredit adalah hutang yang harus segera dibayar. Dengan demikian kita akan lebih  berhati hati dalam penggunaanya. Jika sedari awal kita memiliki pemikiran yang demikian, maka resiko terlilit hutang kartu kredit akan menjadi lebih kecil. Untuk itulah bagi anda yang baru mendapat persetujuan memiliki kartu kredit ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini.

Tips Menggunakan Kartu Kredit  Bagi Pemula


Tepat Dalam Memilih Kartu Kredit

Saat ini, tersedia banyak sekali pilihan kartu kredit yang ditawarkan. Dimana dari masing msing kartu kredit tersebut menawarkan berbagai promo dan kemudahan kemudahan bertransaksi. Dari sekian kartu kredit yang ada tentu anda harus memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai anda salah dalam menentukan pilihan,  yang akirnya malah akan membebani  anda.

Dengan pilihan kartu kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan tentu akan lebih memberikan manfaat yang besar bagi penggunanya. Sehingga anda tidak merasa dirugikan dengan kepemilikan kartu kredit, sebaliknya kehadiran kartu kredit tersebut malah membuat anda mendapatkan banyak  keuntungan dan kemudahan.

Hindari Menggunakan Banyak Kartu Kredit

Bagi sebagian orang memiliki kartu kredit adalah suatu keharusan, karena memang sangat dibutuhkan dalam menunjang berbagai keperluan finansial. Maka tak heran jika ada yang memiliki kartu kredit lebih dari satu. Namun harap perhatikan, bagi anda yang notabenya pengguna baru kartu kredit sebaiknya menghindari kepemilikan kartu kredit lebih dari satu. Apalagi jika kepemilikan kartu kredit tersebut tidak benar benar dibutuhkan. Tetapi jika anda memang benar benar membutuhkanya sebaiknya anda membatasi kepemilikan kartu kredit tidak lebih dari 2 kartu dengan catatan anda mampu dan tidak terbebani dengan sejumlah tagihan yang harus dibayarkan tiap bulanya.

Jaga Kerahasiaan Data Kartu Kredit Anda

Kemajuan teknologi perbankan tidak serta merta memberi 100% jaminan keamanan bagi para penggunanaya. Para pelaku kejahatanpun juga tak mau ketinggalan dan terus berkembang mengikuti kemajuan yang ada. Maka tidak heran jika saat ini modus kejahatan semakin beragam, salah satunya adalah pembobolan kartu kredit. Oleh karenanya selalu jaga kerahasian data kartu kredit anda dari orang lain, sekalipun itu adalah teman atau bahkan keluarga anda sendiri. Hal ini sebagai langkah awal antisipasi terhadap berbagai upaya penyalahgunaan kartu kredit yang bisa saja merugikan anda di masa mendatang.

Gunakan Di Saat dan Pada Tempat Yang Tepat

Agar anda tidak terbebani dengan penggunaan kartu kredit, maka ada baiknya anda menggunakanya hanya pada saat yang tepat. Dalam artian menggunakan kartu kredit hanya pada saat anda benar benar membutuhknya dengan memanfaatkan berbagai penawaran discon terbaru dari penyedia layanan kartu kredit tersebut. Dengan memanfaatkan momen diskon tentu lebih menghemat pengeluaran anda.

Namun perhatikan juga, hanya ambil penawaran yang memang benar benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan anda. Jangan memaksakan diri untuk bertransaksi dengan kartu kredit untuk hal yang sejatinya tidak anda butuhkan, apalagi jika transaksi tersebut diluar batas kemampuan keuangan anda sekalipun ada penawaran khusus/diskon dari kartu kredit yang anda miliki. Sebab jika anda memaksakan diri untuk mengambil semua penawaran yang ada, hal tersebut malah akan membuat anda akan mengalami kesulitan keuangan di hari mendatang.

Teliti Saat Bertransaksi

Dibalik kemudahan yang ditawarkan kartu kredit bukan berarti tidak ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Ada banyak kasus dimana pengguna kartu kredit mengalami kerugian  yang besar setelah mereka melakukan transaksi belanja online dengan menggunakan kartu tersebut. Oleh karenanya ada baiknya anda selalu berhati hati saat melakukan transaksi dengan kartu kredit. Pilihlah hanya toko online yang mempunyai reputasi baik dan benar benar terpecaya menjamin keamanan transaksi yang anda lakukan.

Antisipasi bisa anda lakukan dengan selalu memperhatikan penjaga kasir saat memegang kartu kredit anda untuk dilakukan penggesekan pada mesin EDC. Harap perhatikan, jangan biarkan petugas kasir tersebut menggesekan kartu kredit anda lebih dari satu kali terlebih jika dilakukan pada mesin EDC yang berbeda. Hal tersebut bisa saja mengindikasikan pencurian data pada kartu kredit anda yang akirnya dana anda akan terkuras sehingga mengalami kerugian yang besar.

Sebisa Mungkin Hindari Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit

Jika memang tidak ada kebutuhan yang benar benar mendesak, sebaiknya selalu hindari melakukan transaksi tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit anda. Ingat kartu kredit bukanlah seperti kartu debet yang selalu bisa anda gunakan untuk transaksi tarik tunai di mesin ATM. Berbeda dengan kartu debet yang tidak dikenakan biaya saat melakukan penarikan dana dari mesin ATM, penarikan dana dari mesin ATM menggunakan kartu kredit akan dikenakan biaya rata rata sebesar 4% atau jika dinominalkan dengan uang sebesar Rp.50 ribu. Selain itu anda akan dikenakan bunga harian oleh pihak bank penerbit yang terhitung dari hari transaksi penarikan dana yang anda lakukan. Untuk itulah sebaiknya anda selalu mempertimbangkan dengan matang terkait keinginan untuk melakukan penarikan dana kartu kredit dari mesin ATM apapun kondisinya.

Demikianlah beberapa Tips Aman Penggunaan Kartu Kredit Bagi Pemula. Selalu gunakan kartu kredit dengan bijak, agar kepemilikan kartu kredit memberikan berbagai manfaat kemudahan bagi anda selaku penggunanya. Salam Jabat Erat!

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar