4 Alasan Kenapa Anda Harus Beralih ke Bank Syariah
4 Alasan Kenapa Anda Harus Beralih ke Bank Syariah

4 Alasan Kenapa Anda Harus Beralih ke Bank Syariah


Bank syariah, nama ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Namun secara khusus sudah faham betulkah anda dengan  keberadaan bank syariah tersebut? Bank syariah merupakan bank yang usahanya dijalankan sesuai prinsip syariah.

Menurut jenisnya bank Syariah dibedakan jadi 2 yaitu bank umum syariah dan pembiayaan rakyat syariah.

  • Bank umum syariah
Bank syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa melalui lalu lintas pembayaran

  • Bank pembiayaan rakyat syariah ( BPRS )
Merupakan bank syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran

Sementara untuk pengembangan produk bank syariah dikelompokkan menjadi tiga antara lain:

  • Produk penghimpunan dana
Produk ini meliputi prinsip wadiah dan prinsip mudharabah.
Prinsip wadiah maksudnya titipan murni dari fihak satu ke fihak yang lain. Jadi maksudnya nasabah menitipkan atau menyimpan uang ke bank dengan ketentuan uang tersebut bisa diambil sewaktu - waktu oleh nasabah.
Sementara prinsip mudharabah adalah perjanjian kerjasama antara shohibul mal ( nasabah ) dengan mudharib ( fihak bank ) dimana nasabah 100 persen menyediakan modal dan fihak bank sebagai pengelola. Dimana jika usaha tersebut mendapat hasil akan di bagi berdasarkan kontrak. Sementara jika terjadi kebangkrutan maka akan dilihat penyebabnya apakah dari fihak pengelola atau nasabah. Jika pengelola yang menyebabkan kebangkrutan maka fihak tersebut yang bertanggung jawab, sementara jika nasabah yang melakukan kesalahan bakal di tanggung sendiri.

  • Produk penyaluran dana 
Dalam hal ini ada beberapa prinsip yang di terapkan antara lain prinsip jual beli ( ba' i), prinsip sewa ( ijarah) dan prinsip bagi hasil.

  • Jasa perbankan
Selain fungsi utamanya menghimpun dan menyalurkan  dana, juga memberi jasa pada nasabah. Yaitu dengan mendapatkan imbalan berupa sharf ( jual beli valas maupun ijarah)

  • Bisnis secara syariah

Untuk menciptakan iklim bisnis yang baik sehingga tidak ada unsur kecurangan.

Setelah mengetahui pengertian dari bank syariah pasti anda berfikir untuk beralih dari bank konvensional. Apalagi banyak keuntungan yang di dapat. Dan berikut beberapa alasan kenapa anda harus memilih bank syariah.

Bebas Biaya Admin Bulanan
Hal ini tentu meringankan bagi nasabah. Karena bisa di bandingkan dengan menabung secara konvensional dimana setiap bulan selalu ada biaya admin yangmana itu akan menguras saldo kita. Untuk saldo dengan jumlah besar tentu tidak berimbas karea tertutup oleh bunga. Namun jika saldo minimalis tentu akan sangat terasa sekali bayangkan saja jika saldo hanya senilai Rp.500.000 ribu, an selama 6 bulan kita tidak menambah saldo otomatis saat kita melihat sisa saldo pasti bakalan sakit ati... karena saldo terpotong banyak.

Menyediakan Tabungan Khusus
Meskipun tidak ada biaya admin bukan berarti tabungan syariah hanya terbatas pada jenis tabungan tertentu saja. Karena faktanya ada berbagai jenis tabungan yang di tawarkan seperti tabungan haji, tabungan Qurban dan tabungan lainnya.

Bagi Hasil
Sebagai nasabah bank syariah anda akan diuntungkan dengan bagi hasil yang di lakukan oleh fihak bank. Jadi sudah tidak perlu agi khawatir dengan bunga bank yang melilit, karena patinya anda tidak akan rugi.

Ada Akad Sesuai Syariat Islam
Seperti yang saya jelaskan di awal, untuk menjadi nasabah dari bank syariah kita di berikan kebebasan untuk memilih akad sesuai keinginan nasabah. Bisa akad wadiah ataupun akad Mudharabah.

Bagaimana sudah tertarik untuk beralih ke bank syariah?
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar