5 Mata Uang Yang Tak Pernah Terkalahkan Oleh Dollar Amerika Serikat
5 Mata Uang Yang Tak Pernah Terkalahkan Oleh Dollar Amerika Serikat

5 Mata Uang Yang Tak Pernah Terkalahkan Oleh Dollar Amerika Serikat


Melemahnya nilai mata uang terhadap dollar saat ini bukan saja di alami oleh negara kita, beberapa negara lain juga mengalami hal serupa sebut saja  rupee India, Lira Turki, rand Afrika Selatan, rubel Rusia, peso Meksiko dan yang terparah bolivar Venezuela. Melemahnya  nilai mata uang ini  di tengarai oleh beberapa faktor, perang dagang  serta meningkatnya harga minyak mentah menjadi alasan mata uang di beberapa negara tersebut terpuruk.

Melihat pelemahan mata uang dari berbagai negara terhadap dollar pastinya kita berfikir jika nilai mata uang ini tertinggi di dunia. Bahkan sampai - sampai bolivar Venezuela pun terseok untuk menggapainya, Memang ia sih  dollar bisa garang jika di sandingkan dengan rupiah dan lainnya. Namun coba sandingkan dengan beberapa mata uang negara berikut, maka nilainya akan kalah.

Karena itu kamu perlu tahu mata uang negara mana saja yang nilainya bisa mengungguli dolar Amerika.

Kuwait - Dinar KWD

Saat ini kurs 1 KWD = 3, 30 dollar AS.
Mata uang ini pertama di perkenalkan tahun 1960 untuk menggantikan rupee Gulf atau rupee India. Namun di tahun 1990 dinar Kuwait sempat tergantikan oleh Dinar Iraq dimana saat itu Kuwait dalam penjajahan Iraq.  Dan setelah merdeka maka Dinar Kuwait kembali di gunakan. Untuk saat ini nilai tukar mata uang Kuwait menjadi nomor satu di dunia hal ini tentu tak lepas dari ekspor minyak yang Signifikan di pasar Global.

Bahrain - Dinar ( BHD )

Saat ini kurs 1 BHD = 2, 65 dollar AS.
Negara yang hanya memiliki luas 765 km  ini menempati urutan kedua deretan negara yang nilai mata uangnya melebihi dollar Amerika Serikat. Untuk itu tidak aneh rasanya jika perekonomian negara ini sangat stabil. Bahkan negara ini menjadi salah satu negara paling makmur di dunia. Indeks kebahagian di Bahrain berada di peringkat 42 dari 157 negara. Bisa dibandingkan dong dengan Indonesia yang  hanya menempati urutan 79 dunia. Hal ini tentu tidak lepas dari kekayaan Bahrain itu sendiri yang bersumber dari minyak bumi. Selain tentunya akhir - akhir ini juga menggalakkan sektor pariwisata.

Oman - Rial (OMR)

Saat ini kurs 1 OMR = 2,60 dollar AS.
Nama resminya Kesultanan Oman, negara yang telah memiliki pemerintahannya sendiri sejak tahun 1650 ini merupakan negara selanjutnya dengan nilai tukar terhadap dollar yang lebih tinggi.  Karena itu tidak mengherankan jika dalam indeks internasional Oman menjadi salah satu negara paling maju dan stabil di jazirah arab. Menganut sistem perdagangan terbuka, perdagangan luar negeri merupakan salah satu penopang ekonomi nasional. Selain yang utama yaitu penjualan minyak bumi.

Jordan - Dinar ( JOD )

Saat ini kurs 1 JOD = 1,41 dollar AS.
Negara yang baru diakui kemerdekaannya pada tahun 1946 ini menjadi negara selanjutnya yang memiliki mata uang lebih tinggi dari dollar AS. Meskipun negara ini tidak dikembangkan secara ekonomi dan tidak memiliki sumber daya seperti minyak bumi namun untuk urusan nilai tukar terhadap dollar tetap garang. Terbukti nilai dinar Jordan tidak kurang dari 1,41 dollar AS.

Eropa - Euro (€)

Saat ini kurs 1 Euro= 1,16 dollar AS.
Meningkatnya mata uang Euro beberapa tahun terakhir  banyak di pengaruhi oleh fakta penggunaan mata uang Euro di negara Eropa. Selain itu mata uang ini menjadi cadangan kedua di dunia yang mencakup 22,2 % dari seluruh tabungan di dunia. Selebihnya yaitu dollar yang memiliki 62,3 %.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar