Ketahui 5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Punya NPWP
Ketahui 5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Punya NPWP

Ketahui 5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Punya NPWP

Advertisement


Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap wajib pajak. Bahkan tak terkecuali Warga Negara Asing yang saat ini bekerja di Indonesia harus memiliki NPWP. Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor identitas yang diberikan kepada setiap wajib pajak yang terdiri dari 15 angka.

Sama seperti KTP, NPWP juga sangat penting. Yang membedakan adalah jika KTP merupakan identitas kependudukan sementara NPWP merupakan identitas perpajakan. Namun begitu fungsi dari NPWP sangat banyak dan tentunya mempermudah setiap urusan yang menunjang usaha anda.

Syarat kepemilikan NPWP telah diatur secara resmi oleh Direktur Jenderal Pajak Nomor : Per - 20/PJ/2013 bahwa wajib pajak yang sebelumnya telah memenuhi syarat secara subjektif yaitu berdomisili di Indonesia dan secara objektif yaitu memiliki penghasilan yang sesuai ketentuan dari peraturan undang -  undang dalam bidang pajak dan diwajibkan melakukan pendaftaran diri di Kantor Pelayanan Pajak ( KPP) dimana wilayah tempat kerjanya meliputi tempat tinggal dan tempat dari kegiatan usaha wajib pajak.

Kewajiban bagi pemegang NPWP adalah melaporkan penghasilan wajib pajak dari  ( SPT ) atau Surat Pemberi Tahuan tahunan sekaligus membayar pajaknya. Kewajiban mengisi SPT ini harus tetap dilakukan sekalipun penghasilan yang di dapatkan selama setahun masih di bawah Pendapatan Tidak Kena Pajak. ( PTKP ).

Kepemilikan NPWP jika dilihat sekilas memang membuat agak repot namun begitu ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh dengan memiliki NPWP.

Manfaat dari kegunaan NPWP

Mempermudah pengajuan kredit 

Kepemilikan NPWP  akan sangat berguna saat anda mengajukan kredit. Jadi saat anda mengajukan kredit di bank baik itu Kredit Multi Guna ( KMG ), ataupun Kredit Tanpa Agunan ( KTA ) serta jenis kredit yang lain anda bisa menyerahkan NPWP. Keuntungan yang di dapat fihak bank atau pemberi pinjaman akan dengan mudah memberikan pinjaman dalam jumlah besar. Selain itu andapun bisa menggunakan NPWP untuk membuat rekening koran. Yang dimaksud rekening koran adalah laporan saldo serta mutasi rekening dari nasabah, seperti buku rekening biasa namun rekening koran bisa digunakan untuk badan usaha ataupun perusahaan.

Salah satu syarat pembuatan paspor

Bagi anda yang suka bepergian ke luar negeri, pastinya harus mengajukan pembuatan paspor. Untuk itu kepemilikan NPWP sangat diperlukan karena Nomor Pokok Wajib Pajak menjadi salah satu syarat utamanya. Perlu diketahui Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh instansi negara. Fungsi dari paspor adalah sebagai tanda identitas pengganti KTP saat anda tengah bepergian ke luar negeri.

Mempermudah urusan perpajakan

Kepemilikan NPWP menjadi syarat utama saat anda akan mengurus dokumen perpajakan. Terlebih saat anda mengurus restitusi pajak ataupun mengetahui jumlah pajak yang harus i bayar. Berbagai permasalahan saat pembayaran pajak dimana terkadang jumlah yang di bayar jauh melebihi angka seharusnyayang di bayarkan. Disinilah anda harus mengajukan restitusi pajak atau permohonan pengembalian uang pembayaran. Tentu kepemilikan NPWP sangat membantu sekali saat anda mengurus restitusi karena tanpa memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak maka akan sangat sulit meminta pengembalian uang.

Pengajuan dan pembuatan SIUP

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan ini harus dimiliki oleh setiap badan usaha baik kecil maupun besar. Dan untuk memiliki SIUP maka syaratnya harus memiliki NPWP. Tujuannya agar pemerintah dapat mengontrol jumlah pendapatan dari setiap badan usaha. Untuk besar kecilnya pajak biasanya tergantung pada besaran pendapatan dari setiap badan usaha.

Mengurangi pembayaran pajak

Keuntungan lain yang bisa anda rasakan saat memiliki NPWP adalah pengurangan beban pajak. Perlu anda ketahui negara membebankan pajak penghasilan untuk setiap wajib pajak yang memiliki NPWP senilai 5% dari total penghasilan tahunan. Coba bandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai NPWP dimana harus membayar 20%. Dari sini bisa dilihat berapa banyak perbedaan yang akan menguntungkan anda.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar