Mau Gadai BPKB Mobil di Pegadaian?? Baca 3 Tips Aman Berikut Ini
Mau Gadai BPKB Mobil di Pegadaian?? Baca 3 Tips Aman Berikut Ini

Mau Gadai BPKB Mobil di Pegadaian?? Baca 3 Tips Aman Berikut Ini



Bicara masalah gadai menggadai rasanya hal ini sudah menjadi hal yang wajar di belahan dunia manapun. Tak terkecuali dengan di negara kita. Ada banyak alasan yang melatar belakangi seseorang dalam menggadaikan barang miliknya, yang paling dominan tentu masalah keuangan dimana dengan menggadaikan barang diharapkan bisa menjadi jalan keluar atas masalah keuangan yang dihadapi.

Mudahnya menggadai barang seperti emas, peralatan elektronik, BPKB, rumah, tanah atau bahkan alat rumah tangga membuat siapapun dengan mudah mengambil jalan gadai. Namun begitu jangan karena mudahnya menggadai anda jadi gelap mata hingga apapun anda gadaikan saat kepepet uang. Setidaknya sebelum menggadai anda harus memikirkan betul - betul kegunaan uang gadai tersebut. Kesalahan terbesar adalah saat anda menggadai dengan alasan memenuhi gaya hidup. Karena bila sudah begini kebanyakan bukannya bisa menebus barang namun justru barang tersebut hilang karena ketidak mampuan anda dalam membayar setiap bulannya atau menebusnya.

Pun demikian dengan barang yang bernilai tinggi seperti kendaraan  untuk menggadaikan anda perlu memikirkan untung ruginya karena jika sampai jatuh tempo anda tidak mampu melunasinya pastinya barang tersebut bakalan melayang. Niat hati pingin menggadai untuk mencari solusi namun justru masalah yang terjadi.  Untuk itu sebelum melakukan gadai terhadap BPKB mobil pahami tiga " P " hal berikut :

Penuhi

" P " pertama adalah penuhi. Maksudnya anda harus memenuhi persyaratan yang di wajibkan. Jadi sebelum mengajukan pinjaman anda harus mempersiapkan beberapa syarat.  Yang utama tentu BPKB dari kendaraan yang akan anda jaminkan.  Setelah itu KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Namun biasanya hanya dimintai foto copy nya saja, selain juga di butuhkan foto copy Kartu Keluarga. Untuk lebih meyakinkan fihak pegadaian biasanya juga dimintai surat keterangan tempat tinggal. Hal ini penting dilakukan karena  dengan berbagai persyaratan tersebut fihak peminjam akan dengan mudah memantau anda terkait dengan pinjaman yang anda lakukan serta kemampuan anda dalam membayar. Yang perlu di perhatikan saat menggadaikan BPKB mobil di pegadaian adalah kepemilikan kendaraan tersebut haruslah milik dari  kerabat dekat anda. Karena itu jika anda berfikir untuk menggadaikan BPKB kendaraan milik orang lain lebih baik di fikir ulang karena fihak pegadaian akan menolak.

 Pahami

" P " yang kedua maksudnya adalah anda harus memahami untuk  apa anda tujuan anda meminjam uang. Ini penting anda lakukan karena mengetahui tujuan awal dalam meminjam uang bisa membuat anda berhati - hati dalam penggunaan uang hasil pinjaman. Sebelum meminjam pun usahakan untuk merinci terlebih dahulu kegunaan uangf tersebut sehingga nantinya anda meminjam sesuai yang diperlukan saja. Sehingga nantinya anda bisa mudah mengembalikannya.  Besarnya nilai pinjaman yang anda lakukan kadang membuat kekhilafan  dimana uang tersebut banyak masuk untuk kepentingan pribadi niat karena itu usahakan pinjam seperlunya saja sesuai kemampuan anda mengembalikan. Ingat pinjaman ini terikat syarat dan ketentuan berlaku lho la.Pastinya anda tidak ingin kan agunan anda lenyap terbawa hutang yang tidak bisa dilunasi.

Pastikan

"P" yang ketiga maksudnya pastikan. Jadi sebisa mungkin pastikan kemampuan anda dalam membayar. Karena itu sebelum meminjam uang  lihat kebutuhan yang anda perlukan.  Hitung secara terperinci pengeluaran anda setiap bulan di tambah uang cicilan barang yang anda gadai. Dari sini akan ketahuan apakah anda sanggup membayar cicilan setiap bulan atau tidak. Jadi jangan sampai tiba waktu membayar cicilan di tiap bulan anda kesulitan membayarnya hingga akhirnya menunggak, dan akhirnya jatuh tempo. Ingat bahwa barang yang anda jaminkan berharga lho jadi harus di fikirkan matang - matang. Namun yang jelas menggadaikan barang berharga seperti BPKB mobil ataupun rumah harus untuk keperluan yang penting, seperti investasi  karena dengan begitu cicilan dari pinjaman tersebut tidak akan begitu memberatkan anda.

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/tips-aman-gadai-bpkb-mobil-di-pegadaian
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar