Mengetahui Untung Rugi Kredit Emas Di Pegadaian
Mengetahui Untung Rugi Kredit Emas Di Pegadaian

Mengetahui Untung Rugi Kredit Emas Di Pegadaian



Bila bicara investasi apa yang ada dalam pikiran anda? Ya, memanfaatkan kekayaan secara maksimal. Ada beberapa barang yang di pilih dalam berinvestasi, namun yang umum dan banyak diminati adalah emas.  Logam mulia satu ini di pilih karena nilainya dianggap tetap stabil. Bahkan jika saat ini anda menemukan emas dari masa kerajaan Majapahit sekalipun maka jika di jual nilainya tetap tinggi.

Konon sejarah koin emas sudah  ada sejak ada sejak 300  tahun SM dan sejak saat itu hingga saat ini nilai nya tetap stabil. Karena itu kenapa emas selalu jadi andalan setiap orang dalam berinvestasi. Yang paling mudah dalam berinvestasi emas tentu dengan rupa perhiasan, hal ini bisa dibilang two in one maksudnya selain untuk penambah estetik penampilan juga sebagai tabungan. Namun  sayangnya emas yang berupa perhiasan nilai jualnya tidak se stabil emas batangan jadi bagi anda yang ingin berinvestasi emas dan ingin harganya stabil bisa  memilih rupa emas batangan saja. Pun emas batangan jika dinilai dari segi keamanan juga lebih safety karena tidak di bawa - bawa sehingga memancing orang berbuat jahat.

Sayangnya untuk berinvestasi dengan emas batangan ini memerlukan modal yang tidak sedikit, sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa memilikinya.  Lalu bagaimana jika kita ingin memiliki namun terkendala dana? Tidak usah khawatir  melalui  PT. Pegadaian  ataupun juga perbankan ternyata ada  layanan kredit, di sini anda bisa memiliki emas dengan cara mencicil.

Cara ini tentu menguntungkan bagi sebagian orang, terlebih dengan uang pas pasan. Jika anda dapat mengatur keuangan tentu kredit emas di pegadaian bisa jadi investasi yang menjanjikan namun begitu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Berikut keuntungan dan kerugian dari kredit emas di Pegadaian:

Keuntungan


Bisa dibeli dengan dana yang minim ➧ Berbeda dengan pembelian secara tunai yang akan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang besar, pembelian secara kredit justru bisa dilakukan dengan sejumlah dana yang terbatas, bahkan kita bisa menyesuaikan sejumlah cicilan tersebut dengan kemampuan keuangan kita sendiri. Hal ini akan sangat mempermudah kita dalam mengelola keuangan dan juga kebutuhan lainnya yang harus ditutupi secara rutin.

Bisa jadi jaminan ➧Mempunyai tanggungan kredit memang butuh tanggung jawab yang tinggi karena setiap bulan ada kewajiban yang harus  diselesaikan. Di tambah kebutuhan pokok setiap bulan pastinya akan terasa sangat berat yang jadi masalah adalah ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga memerlukan tambahan uang hal ini tentu membuat anda lebih pusing. Namun jangan khawatir meskipun kredit emas di Pegadaian anda belum lunas anda bisa menggadaikan emas tersebut kembali ke Pegadaian. Di sini pihak Pegadaian akan menghitung jumlah dana yang bisa kita dapatkan serta besarnya cicilan baru yang akan kita bayar.

Berada di tempat yang aman ➧Dengan menyimpan emas di Pegadaian anda tidak di bebani perasaan was - was dan takut akan hilangnya emas anda, karena fihak Pegadaian telah menjamin barang anda aman. Dengan pengamanan yang cukup ketat tentu akan sulit orang mencuri di Pegadaian.

Kerugian

Ada biaya tambahan ➧Seperti umumnya anda melakukan kredit, selalu ada biaya tambahan yang di bebankan. Jika di hitung akan lebih mahal dari beli cash memang ia karena anda akan dimintai berbagai biaya seperti administrasi, biaya bunga dan lainnnya. Tentunya sesuai peraturan dimana anda melakukan kredit.

Resiko gagal  bayar ➧Untuk itu sebelum melakukan kredit pastikan kemampuan anda. Sanggup atau tidak membayar setiap bulan. Karena jika ini terjadi terus - menerus tentu sangat di sayangkan. Bukannya mendapatkan barang yang anda inginkan namun barang justru disita oleh fihak pemberi kredit.

Fluktuasi ➧Meskipun harga emas dari waktu ke waktu mengalami kenaikan namun bisa juga anda mengalami kerugian jikalau jarak antara anda melakukan kredit dan menjualnya tidak begitu jauh. Jadi  saat mencicil mungki anda mendapati harga emas sedang bagus namun begitu saat menjualnya harga emas anjlok. Tapi jika anda menjual dalam jangka waktu yang lama maka biasanya harga akan lebih tinggi.

Emas ditahan ➧Melakukan kredit emas memang tidak seperti kredit barang yang lain di mana barang yang di kredit bisa dimiliki meskipun belum lunas. Jadi selama anda belum melunasi cicilan maka emas biasanya akan di tahan oleh pegadaian. Bagaimana tertarik dengan investasi emas??
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar