Kamu Harus Tahu 6 Ciri Makanan Yang Mengandung Formalin, Biar Gak Tamat Duluan
Kamu Harus Tahu 6 Ciri Makanan Yang Mengandung Formalin, Biar Gak Tamat Duluan

Kamu Harus Tahu 6 Ciri Makanan Yang Mengandung Formalin, Biar Gak Tamat Duluan

Advertisement

Setiap orang pastilah membutuhkan makanan setiap hari sebagai sumber tenaga. Namun, sudah yakinkah anda akan makanan yang anda konsumsi. Apakah makanan tersebut benar-benar sehat atau sebaliknya makanan tersebut mengandung zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

Baca Lainya :  10 Bahan Alami Pengganti MSG, Bunda Harus Baca Nih!!

Salah satu zat yang berbahaya yang sering ditemukan dalam makanan adalah formalin. Hal ini tak lepas dari ulah para pedagang nakal yang sengaja menambahkan zat berbahaya tersebut ke makanan untuk mengeruk banyak keuntungan. Senyawa berbahaya ini mengandung sekitar 37 persen formaldehid, biasanya digunakan untuk pembunuh hama, pengawet mayat, bahan disinfektan dalam industri plastik, dan sebagainya. Jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama sangat berbahaya sekali buat tubuh anda karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Baca Lainya :  Awas Mencampur Makanan Ini Bisa membuat Kamu Keracunan

Nah, untuk itu ada baiknya anda lebih cermat dalam memilih makanan setiap harinya yang bebas dari formalin. Berikut ini beberapa ciri-ciri  makanan berformalin yang perlu anda ketahui.

Ikan Asin

Banyak yang beranggapan jika ikan yang baik dikonsumsi itu adalah ikan dengan warna yang cerah. Namun hal ini tidak bisa jadi patokan untuk jenis makanan ikan asin. Ikan asin yang baik justru berwarna pucat, dengan bau khasnya. Hal ini akan jauh berbeda dengan ikan asin berformalin, karena umumnya ikan asin berformalin terlihat bersih dengan warna yang cerah dan cenderung tidak berbau, serta dapat bertahan lama pada suhu kamar yang normal.

Selain itu ikan yang berformalin biasanya tidak disukai lalat, sehingga tidak ada lalat yang hinggap.

Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang banyak digemari. Karena memang rasanya yang maknyus, dan harganyapun juga sangat terjangkau. Namun terkadang ada penjual yang nakal dengan mencampurkan formalin ke dalam adonan baksonya. Sehingga ketika diolah bakso akan lebih awet dan tidak mudah basi.

Oleh karenanya sebagai konsumen anda harus cerdas memilh bakso yang bebas formalin. Bakso yang berkualitas biasanya bersih dan tidak kusam umumnya berwarna abu-abu segar. Berbeda dengan bakso berformalin akan terlihat lebih putih dan memiliki tekstur yang kenyal serta baunya lebih menyengat jika dibandingkan bakso lainya. Dan meskipun berhari hari didiamkan bakso berfirmalin tidak lengket saat dipegang.


Baca Lainya:  Njirr, Saking Tajirnya Milliuner ini Gantung Hypercar Pagani Zonda Revolucion di Ruang Tamu

Ikan Segar

Ikan yang sehat dan segar bisa kamu perhatikan dari bola matanya. Matanya akan tampak cerah, putih, dan bening. Untuk lebih meyakinkan, insang ikan segar akan berwarna merah, berbau segar, dan tertutup lendir bening.

Lalu, bagaimana dengan ikan yang mengandung formalin? Bau amis pada ikan tidak akan tercium, insang ikan akan berwarna merah tua dan tidak cerah.

Mi Basah

Baik mi basah atupun mi instan sebenarnya sangat tidak baik dikonsumsi apa lagi setiap hari. Hal ini dikarenakan kedua makanan tersebut dalam pembuatanya dilakukan dengan proses berkali kali, sebagai akibatnya jika dikonsumsi akan mudah diserap oleh tubuh dan bisa meningkatkan kadar gula darah. Mi basah yang dicampur dengan  formalin tampilanya akan lebih  mengkilat jika dibandingkan dengan mi yang bebas formalin. Selain itu juga mie dapat bertahan lebih dari 15 hari pada suhu kamar, dan mie tidak akan lengket.

Tahu

Hemm, jenis makanan ini memang banyak sekali disukai orang. Selain harganya yang murah, karena memang tahu jika dimasak dengan benar tahu akan menghasilkan cita rasa yang lezat. Maka tak heran jika makanan ini laris manis di pasaran. Namun sayangnya, tak jarang pula ada pedagang yang curang demi mengeruk banyak keuntungan. Salah satunya adalah dengan menambahkan formalin agar tahu bisa bertahan lama.

Tahu berformalin biasanya memiliki tekstur yang keras, kenyal tetapi tidak padat serta memiliki bau yang menyengat.

Ayam Potong

Selain tahu, makanan yang paling populer adalah ayam. Saking larisnya penjualan ayam bisa mencapai ribuan ekor/harinya. Namun sayangnya lagi-lagi pedagang nakal banyak yang berulah dalam bisnis jual beli ayam dengan memberikan formalin ataupun bahan pengawet sejenisnya.

Ayam potong yang mengandung bahan pengawet terlihat lebih putih bersih, tidak mudah busuk, dan teksturnya kencang. Ayam sehat dan aman biasanya kulitnya masih tampak segar, lembut, pori kulitnya licin, serta kakinya tidak memar. Dari segi dagingnya, pilihlah yang kesat, tidak berair, dan harus elastis jika ditekan jari.

Selain ke 6 makanan diatas masih banyak lagi makanan lainya yang kemungkinan diberi tambahan bahan pengawet. Oleh karena itu jadilah pembeli yang cerdas sehingga selalu berhati-hati dalam memilih makanan yang sehat.


Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar