Skip to main content

follow us

Mana Yang Lebih Untung? Kredit Emas Atau Tabungan Emas


Bingung memilih investasi yang menjanjikan. Kenapa tidak mencoba untuk memulai investasi emas?

Seperti yang kita tahu investasi emas saat ini begitu banyak diminati oleh banyak orang. Tak hanya mereka yang berkantong tebal saja, bahkan masyarakat kelas menengah ke bawah banyak yang memulai investasi ini.

Banyak yang beranggapan berinvestasi emas harus punya bajed lebih. Padahal tidak harus demikian, orang dengan isi dompet yang pas pasan pun saat ini bisa melakukanya. Yups, jika tidak punya dana lebih untuk membeli emas secara tunai anda bisa memulai dengan membuka tabungan emas atau juga bisa dengan kredit emas. Saat ini sudah banyak bank maupun lembaga pemerintah yang menawarkan produk kredit emas .

Bahkan saat ini juga telah ada produk tabungan emas yang diluncurkan oleh PT. Pegadaian. Dengan membuka tabungan emas anda bisa menabung untuk membeli emas. Nominalnya juga gak besar, yaitu mulai Rp 6.000-an.

Nah, bagi anda yang masih bingung membedakan produk tabungan emas dan atau kredit emas berikut ini akan kami berikan penjelasan singkatnya. Perlu diketahui, baik tabungan emas maupun kredit emas pada dasarnya memiliki keunggulan dan kelemahanya masing-masing.

Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan. Artinya, Anda sebagai nasabah membeli sejumlah emas kemudian menitipkannya ke Pegadaian. Setelah mencapai jumlah tertentu Anda bisa mencetak atau menjual emas yang Anda miliki tersebut.

Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian - Tabungan emas pegadaian memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah anda bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram. Anda tidak perlu kwatir akan kehilangan emas tersebut, karena pegadaian akan menyimpanya secara aman. Dan anda baru bisa mengambil emas dalam bentuk fisik jika berat emas anda minimal telah mencapai 5 gram. Untuk mengetahui harga emas per gramnya anda bisa mengecek di situs resmi Pegadaian.

Saat anda membuka tabungan emas dipegadaian tidak ada uang muka yang harus dibayarkan. Tabungan emas memiliki waktu yang fleksibel. Sehingga nasabah bisa menabung kapanpun mereka mau, selain itu juga nasabah tidak terikat tenor. Jika sewakti waktu anda mendapati kebutuhan mendesak, emas dari hasil tabungan anda tersebut bisa dijadilan jaminan dengan sertifikat PT Antam atau Pegadian.

Kelemahan tabungan emas - Sebelum anda memutuskan untuk membuka tabungan emas kenali dulu tentang kelemahan dari produk ini. Seperti, adanya kurs jual dan kurs beli, sehingga saat anda akan menjual atau menggadaikanya terdapat selisih harga dari saat anda menabung. Kelemahan lainya adalah emas baru bisa dari ambil jika minimal beratnya sudah memcapai 5 gram. Saat anda ingin mengambil emas tersebut akan dikenakan biaya cetak.

Nah, itu dia beberapa keunggulan dan kelemahan dari tabungan emas sedangkan keunggulan dari kredit emas akan kami ulas di bawah ini.

Kredit Emas

Saat ini telah banyak bank maupun lembaga pemerintah yang menawarkan produk kredit emas. Adapun beberapa kelebihan dari kredit emas adalah

Keunggulan Kredit Emas -  Emas bisa anda beli dengan dana yang terbatas. Itu artinya anda tetap bisa investasi tanpa harus mengorbankan dana keperluan lainnya. Emas juga akan tersimpan dengan aman di bank sampai kredit anda lunas.  Saat anda mendapati kebutuhan mendesak emas tersebut bisa dijadikan sebagai jaminan senilai dengan total cicilan yang telah anda bayarkan. Saat anda membuka tabungan emas maka secara tidak langsung akan melatih disiplin anda. Sebab anda akan di paksa untuk membayar cicilan tiap bulanya.

Beberapa kelemahan dari kredit emas - adanya bunga cicilan yang dibebankan  dan harus dibayarkan tiap bulan. Nasabah akan dikenakan uang muka sebesar 20% dari harga total emas tersebut. Beberapa bank ada yang menerapkan biaya penalti apabila cicilan kredit emas dilunasi lebih cepat dari tenor. Emas akan dilelang atau bisa juga ditarik oleh pihak bank jika nasabah gagal melunasi cicilan.

Nah demikian tadi tentang kelebihan dan kekurangan dari produk tabungan emas dan juga kredit emas. Apakah anda tertarik untuk mencobanya. Namun sebelum memutuskan untuk mencobanya kenali dulu kemampuan finansialmu. Sehingga anda bisa menentulan pilihan dengan tepat diantara keduanya (kredit emas/tabungan emas).

Ingat investasi emas itu sifatnya jangka panjang sehingga pilihlah sesuai dengan kemampuan finansial anda. Sehingga jika ada keperluan mendesak anda tidak terburu-buru untuk kemudian menjualnya.

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar