Skip to main content

follow us

4 Tips Berhemat Saat Bulan Puasa, Anda Wajib Coba

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh hikmah, dimana pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Ketika memasuki bulan puasa pastilah akan ada kebiasaan baru yang dilakukan, semisal kebiasaan dalam berbelanja. Yups, biasanya pada bulan ini anggaran belanja akan membengkak dari biasanya. Hal ini dikarenakan saat bulan puasa kebutuhan semakin banyak apalagi jika sudah mendekati hari kemenangan ( Idhul Fitri). Akan banyak sekali belanjaan yang pastinya akan menguras isi tabungan.

Oleh karena itu agar keuangan tidak tekor penting bagi kita untuk selalu pintar dalam mengelola keuangan terlebih bagi anda yang sudah berkeluarga.

Baca Lainya ; 
Nah, kabar baiknya pada kesempatan ini kepitingonline telah merangkum beberapa tips hemat saat bulan puasa yang bisa diterapkan dengan mudah.
Buktikan sekarang juga apakah tips ini memang efektif atau tidak! Jika Anda berhasil, jangan lupa berikan komentar pada kolom komentar di bawah dan jangan lupa bagikan tips ini kepada teman-teman lainya. Dengan begitu, Anda telah berbagi kebaikan saat bulan ramadhan. Berikut ini tips hemat saat bulan Puasa tiba yang harus anda coba

Buatlah Anggaran Kebutuhan Selama Puasa


Tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan saat Ramadhan itu akan sedikit lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Contoh gampangnya saja, jika bulan sebelumnya tidak begitu banyak menyiapkan makanan camilan maka lain cerita saat bulan puasa. Kebiasaan dimasyarakat kita saat berbuka pastilah selalu dilengkapi dengan makanan takjil dan juga camilan. Tentu saja hal-hal semacam ini akan menambah pengeluaran. Oleh karena itulah buatlah anggaran kusus selama bulan Ramadhan.

Dengan membuat anggaran kebutuhan, maka pembelanjaan keuangan akan lebih terkontrol. Buat anggaran terhadap kebutuhan yang harus dipenuhi selama bulan ramadhan, tunda keinginan-keinginan yang belum terlalu dibutuhkan.

Hindari Terlalu Sering Buka Bersama


Kegiatan buka bersama memang sudah menjadi tradisi  tersendiri saat bulan Ramadhan.  Biasanya kegiatan ini di lakukan di rumah makan. Namun tanpa disadari justru hal inilah yang akan menghabiskan banyak uang. Bandingkan dengan berbuka dirumah seperti biasa, dengan belanja Rp.50 ribu saja sudah lebih dari cukup untuk memenuhi menu buka bersama keluarga. Berbuka dengan menu secukupnya saja. Ingat Islam mengajarkan agar selalu tidak berlebih-lebihan.

Hindari Pergi Ke Tempat Perbelanjaan


Nah, sambil menunggu waktu datangnya buka puasa, biasanya dihabiskan dengan ngabuburit. Banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi ngabuburit, mulai dari taman, hingga pusat perbelanjaan. Namun, sebaiknya hindari untuk ngabuburit di berbagai pusat perbelanjaan. Hal ini guna menghindari keinginan untuk belanja sesuatu yang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Dari pada menghabiskan waktu untuk sekedar jalan-jalan, bukankah lebih baik menunggu waktu buka itu dengan membaca alqur'an.  Puasa itu tak hanya sekedar menahan lapar dan haus kan? Jadi gunakanlah waktu luangmu untuk lebih memperbanyak amalmu. Lebih mementingkan ibadah akan membuat anda tidak terlalu memikirkan kebutuhan duniawi saja.

Buat Kue Lebaran Sendiri


Setelah satu bulan berpuasa tibalah saatnya hari kemenangan nan fitri. Pada saat hari raya Idul Fitri banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan, terlebih untuk kue lebaran. Berbagai kue lebaran perlu dipersiapkan untuk menjamu tamu atau keluarga yang datang. Namun, tentu saja harga kue saat lebaran tidak semurah pada hari-hari biasanya.

Harga bahan makanan yang naik sering menjadi alasan bagi penjual kue lebaran untuk melipat gandakan harga jual kuenya. Tentu saja sebagai konsumen akan sangat dirugikan.

Jadi mengapa kamu tidak membuat kue lebaran sendiri saja? Dengan membuat kue lebaran sendiri kamu bisa lebih berhemat,  karena hanya perlu membayar harga bahan pokoknya saja.

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar