Skip to main content

follow us

Cara Cek Mutasi Rekening Mandiri Lewat Mesin ATM, Lengkap Dengan Tips Bertransaksi Yang Aman

Apakah anda sedang mencari tutorial / cara cek mutasi di ATM Mandiri? Jika iya maka anda berada dalam website yang tepat. Karena kami akan mengulas langkah demi langkahnya dengan jelas sehingga mudah untuk dipahami.

Cek mutasi biasa dilakukan oleh nasabah guna melihat catatan / riwayat transaksi dalam rekeningnya yang mencakup aliran dana masuk maupun keluar. Biasanya hal ini paling sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk cek mutasi mandiri, dari cek mutasi dengan datang langsung di kantor cabang mandiri, cek mutasi di mesin ATM hingga cek mutasi dengan menggunakan layanan mandiri online. Namun kali ini kepitingonline.com hanya akan membahas cek mutasi lewat ATM Mandiri. Bagaimanakah caranya? Simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Namun sebelumnya, perlu anda  ketahui bahwa cek mutasi lewat ATM Mandiri hanya bisa menampilkan daftar 5 transaksi terakir saja. Sehingga jika anda ingin melihat transaksi dengan periode lebih lama anda bisa melakukanya dengan cetak rekening koran langsung di kantor cabang mandiri terdekat di kota anda.

Cara Cek Mutasi di ATM Mandiri


Silahkan Masukan Kartu ATM anda ke dalam lubang slot mesin ATM.
Pilih Bahasa "Indonesia".



Masukan PIN.



Pilih pada " Transaksi Lainya ".



Pilih pada " Cetak Mutasi"



Tunggu sebentar sampai mesin ATM mengeluarkan struk yang berisi riwayat 5 transaksi terakir yang anda lakukan.



Tutup transaksi anda dengan pilih ''Keluar'' dan jangan lupa ambil kartu ATM.

Bagaimana mudah bukan,  karena anda hanya butuh beberapa langkah saja. Yang terpenting adalah harap selalu waspada saat bertransaksi lewat mesin ATM, agar terhindar dari para pelaku kejahatan perbankan. Mengingat saat ini banyak sekali pelaku kejahatan perbankan dengan berbagai modus yang digunakan.

Nah, agar transaksi di ATM tetap aman dan terhindar dari kejahatan, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, seperti,

Pilih lokasi ATM yang ramai
Jika tidak dalam keadaan benar-benar mendesak, sebaiknya anda selalu menghindari untuk menggunakan mesin ATM yang berada di tempat yang sepi. Perlu anda ketahui, banyak pelaku kejahatan yang memilih lokasi sepi sebagai area operasinya karena mereka akan lebih mudah dalam melancarkan aksinya.

Jaga Kerahasiaan PIN ATM
Tentu anda masih ingat beberapa waktu lalu dunia perbankan dihebohkan dengan kasus skimming yang menimpa banyak nasabah dari salah satu bank terkemuka di Indonesia. Di mana modus skimming tersebut dijalankan pelaku dengan memasang sebuah kamera kusus yang bisa merekam segala aktifitas kora anya saat berada di mesin ATM, termasuk saat anda mengetikan PIN ATM.

Oleh karena itulah selalu tutuplah dengan tangan saat anda mengetikan PIN ATM. Pastikan tidak ada satupun orangpun yang dapat melihatnya.

Jangan Terima Bantuan Orang Lain
Ketima anda mengalami masalah saat melakukan transaksi di ATM. Semisal kartu anda tertelan. Jangan pernah menerima bantuan dari orang lain. Pasalnya banyak kejadian pelaku kejahatan berpura-pura menolong. Padahal niat orang tersebut hanya ingin menguras isi rekening anda. Jika kartu ATM anda tertelan jangan langsung panik. Langkah yang harus anda lakukan adalah memberi tahu petugas security yang berjaga bila ada namun jika tidak ada silahkan hubungi call center mandiri.

Ganti PIN ATM Secara Berkala
Dengan rutin melakukan pergantian PIN ATM, maka kerahasiaan PIN dari kartu anda akan tetap terjaga. Lakukanlah pergantian PIN setidaknya tiap 3 bulan sekali. Pilih kombinasi angka yang sulit dan tidak mudah ditebak orang lain. Salam!!

Artikel Terkait:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar