Skip to main content

follow us

Mau Kaya dan Bebas Hutang, Lakukanlah Cara-Cara Ini


Setiap orang pastilah pernah yang namanya berhutang dengan berbagai alasan yang menyertainya. Namun sebenarnya berhutang bukanlah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah. Bahkan boleh dikatan dengan berhutang berarti menambah masalah baru.

Di bawah ini kepiting online akan membahas tentang tips agar tidak terjerat hutang. Bebas dari hutang itu sangat menyenangkan, karena kita tidak menanggung beban pikiran sehingga hidup semakin santai. Meskipun gaji pas-pasan dan kebutuhan banyak usahakan jangan keburu berhutang. Lakukanlah manajemen keuangan sebaik mungkin sehingga meskipun gaji sedikit tapi bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari


Nah bagi kamu yang terlanjur banyak utang ada baiknya menyimak artikel ini sampai selesei, sehingga bisa lekas terbebas dari hutang sehingga hidup bisa jadi lebih tenang dan menyenangkan.

Stop! Dan Jangan Berhutang Lagi


Berhutang itu ibaratnya "Gali lubang tutup lubang" bagaimana tidak gaji yang seharusnya bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan hidup selama satu bulan kedepan harus dipangkas untuk membayar hutang.

Karena harus membayar tunggakan hutang akirnya gaji tidak sampai mencukupi kebutuhan satu bulan. Dan akirnya mengambil jalan pintas dengan berhutang lagi. Inilah yang harus dihindari, kalau pingin terbebas dari hutang segera tinggalkanlah kebiasaan seperti ini mulai dari sekarang. Atau kamu selamanya akan terjatuh dalam lingkaran setan alias utang piutang.

Punya Rencana Keuangan Yang Matang


Pada dasarnya orang mulai berhutang itu dikarenakan tidak mempunyai perencanaan keuangan yang matang. Sehingga terlalu sembrono dalam menggunakan uang. Perencanaan keuangan itu penting, utamakan terlebih dahulu tagihan-tagihan yang harus dibayarkan. Kemudian sisihkan uang untuk biaya hidup dan makan satu bulan kedepan. Baru sisanya gunakan untuk kepentingan lainya, seperti menambah saldo tabungan, untuk santai dan bersenang-senang bersama keluarga dan untuk bersedekah biar rejeki semakin bertambah.

Selalu Kencangkan Ikat Pinggang


Maksutnya adalah jangan membelanjakan uang untuk hanya sekedar memburu kesenangan. Gak apa-apa kamu dibilang pelit. Yang penting keuanganmu tetap aman. Dari pada hidup berfoya-foya tapi uangnya dari hasil berhutang. Lebih baik hidup pas pasan tapi serba berkecukupan.

Dan lihat beberapa tahun kedepan, siapa yang akan lebih kaya, kamu atau mereka yang suka mengejekmu. Selama kamu terus bisa mengencangkan ikat pinggang tidak mustahil jika beberapa tahun kedepan kamu bisa menjadi orang yang kaya raya.

Cari Penghasilan Tambahan


Dengan mencari penghasilan tambahan dijamin bisa menambah uang mu dan jauh dari kata mengutang. Saat ini banyak sekali cara untuk menambah penghasilan,  tidak harus melulu dengan kerja lembur. Sembari istirahat dirumah pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan, seperti halnya jualan online. Cara ini juga lumayan jitu nih buat menambah pundi-pundi uangmu di dalam rekening.

Nah, demikian tadi beberapa tips agar kamu terbebas dari hutang dan bisa hidup dengan senang. Hidup senang itu sebenarnya tidak harus dengan memiliki banyak uang. Dengan kita selalu bersyukur dengan setiap rejeki yang didapat maka hidup jauh lebih bahagia dari pada mereka yang banyak uang dan tidak pandai bersukur  sehingga selalu merasa kekurangan.

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar