Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Mana Yang Lebih Untung? Ikut Arisan Ataukah Menabung di Bank??

Jika anda seorang ibu rumah tangga pastilah anda sering mendengar kata arisan. Yups arisan memang sangat identik dengan kaum ibu-ibu. Dimana kegiatan ini umumnya dilakukan oleh kumpulan ibu-ibu dalam berbagai organisasi maupun hanya kumpulan sesama ibu nongrong. Tidak ada yang salah dengan kegiatan arisan ini, karena dengan ikut arisan maka sama juga dengan menabung. Sehingga uang belanja tidak habis begitu saja, karena anda diwajibkan membayar sejumlah uang sebagai setoran sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan.

Masalahnya adalah ketika uang arisan anda keluar, kebiasaan ibu-ibu adalah suka membelanjakanya untuk keperluan yang tidaklah penting. Sehingga uang yang didapat sedikit demi sedikit akan tergerus dan pada akirnya akan habis entah kemana. Nah, terlepas dari semua itu, ada sebuah pertanyaan yang sering kali diungkapkan oleh para kaum ibu generasi milenial, "sebenarnya lebih untung mana sih, menabung di bank ataukah ikut arisan?" menanggapi pertanyaan tersebut di bawah ini kami akan memberikan gambaran perbedaan antara arisan dan menabung di bank. Sehingga anda bisa dengan mudah dalam mengetahui untung ruginya.

Baca ; 4 Peluang Bisnis Bagi Anak SMA Yang MenjŠļ°njikan

Baca ; 5 Tips Atur Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

Baca ; Ingin Cepat Kaya ala Orang Tionghoa, 5 Rahasia Ini Akan Membantumu Mewujutkanya


Dengan Menabung Maka Nilai Uang Akan Terus Bertambah

Menabung tidak hanya dalam bentuk tabungan bank, terdapat juga yang namanya tabungan investasi. Nah, tabungan investasi inilah yang bisa menguntungkan buat anda. Sebab sudah pasti nilai uang yang ditabungkan akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Contoh sederhannya anda menginvestasikan uang anda sebesar Rp.100.000, maka satu minggu kemudian jumlahnya bisa bertambah menjadi Rp.105.000. Bayangkan saja hanya dalam satu minggu keuntungan yang didapat sebesar Rp.5000, apabila anda konsisten mengembangkan dan menjalankan investasi tersebut maka keuntunganya pun bisa berlipat-lipat. Keuntungan yang seperti inilah yang tidak anda dapatkan dengan ikut arisan.

Kesimpulanya adalah menabung kususnya dalam bentuk investasi lebih menguntungkan dari pada ikut arisan. Karena nilai uang investasi akan terus meningkat seiring berjalanya waktu.

Menabung Tidak Dikenakan Biaya Apapun

Seperti yang anda ketahui dalam hal kegiatan arisan biasanya setiap anggota yang terdaftar akan dikenakan biaya tambahan, seperti biaya admin, biaya capek, biaya buku dan juga biaya lainya sesuai dengan kesepakatan antara admin dan juga anggotanya.

Adapun jumlah nominal yang dikenakan sesuai dengan kebijakan admin atau juga sesuai dengan kesepakatan bersama antara anggota.

Semakin besar jumlah tarikan, maka semakin besar pula tarikan yang dikenakan pada setiap anggota. Hal ini sangat wajar mengingat adminlah yang bertanggung jawab atas setiap uang setoran arisan.

Tentu saja biaya tambahan ini tidak berlaku jika anda menabung untuk investasi. Sebab dalam dunia menabung tidak ada yang namanya biaya admin, biaya capek serta biaya-biaya lainya. Yang ada hanya nasabah akan dikenakan biaya administrasi, itupun biayanya hanya akan dikenakan ketika uang yang diinvestasikan ingin dicairkan dalam bentuk rekening pribadi.

Menabung Bukanlah Untuk Gaya-Gayaan

Terkadang banyak juga dari sekian wanita atau ibu rumah tangga yang menjadikan arisan sebagai tempat untuk gaya-gayaan agar di cap sebagai wanita atau ibu rumah tangga yang gaul dan kekinian. Padahal hal tersebut tidaklah berfaedah sama sekali, untuk apa bergaya sok kaya jika sebenarnya anda hanya orang biasa dengan kondisi yang pas-pasan. Dari pada ikut arisan hanya untuk bergaya sok sosialita lebih baik manfaatkan uang untuk berinvestasi guna menunjang hidup kelak di hari tua. Untuk saat ini ibaratnya anda puasa terlebih dahulu dan sambutlah hari kemengan di masa yang akan datang.

Mendapatkan Keuntungan Yang Melimpah

Mendapatkan uang arisan memang suatu hal yang ditunggu-tunggu. Namun perlu diingat berapapun banyaknya jumlah nominal yang anda dapatkan dari arisan, uang tersebut tidak bisa menjamin kehidupan anda untuk beberapa tahun kedepan, coba bandingkan seumpama anda mempunyai sebuah tabungan investasi, semakin bertambah hari sudah pasti investasi tersebut semakin tumbuh berkembang sehingga keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

Nah, dengan keuntungan tersebut anda pun juga bisa kembali menginvestasikanya untuk jenis investasi lainya, bayangkan jika semua berjalan dengan lancar 5-10 tahun kedepan, anda bisa menjadi milyarder sungguhan.

Nah, setelah memahami beberapa poin penting diatas. Anda pasti sepakat jika tabungan investasi itu lebih menguntungkan dari pada ikut arisan. Tunggu apalagi ayo investasikan uang anda dan nikmati hasilnya dikemudian hari. Investasi tidak harus dimulai dengan suatu yang besar anda bisa mencobanya dari inves yang paling kecil dan mudah terlebih dahulu. Salam!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar