Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas!! Ketahui 3Tanda Kartu ATM Anda Akan Tertelan Mesin

Apapun pilihan bank anda, pastinya akan selalu difasilitasi dengan kartu ATM. Yups, sebuah kartu pintar yang dapat digunakan untuk segala transaksi perbankan baik tunai maupun non tunai lewat mesin ATM.

Namun, terkadang ada saja kendala yang terjadi saat menggunakan kartu ini. Salah satu kendala yang paling ditakuti oleb banyak nasabah adalah kartu ATM tertelan mesin. Bukan tanpa alasan kenapa banyak nasabah takut jika kartu ATM nya tertelan, sebab banyak kasus terjadi hal ini memang sengaja dilakukan oleh para pelaku kejahatan guna menguras isi rekening dalam tabungan. Namun, tidak semua kasus kartu tertelan mesin ini disengaja oleh para pelaku kejahatan. Terkadang memang ada yang benar-benar murni terjadi karena mesin ATM mengalami kerusakan.

Baca ; 5 Mata Uang Yang Tak Pernah Terkalahkan Oleh Dollar Amerika Serikat

Baca ; Apa Itu Uang Elektronik Kelebihan Dan Kekurangannya

Nah, guna mengantisipasi kejadian seperti ini anda perlu mengetahui beberapa tanda jika ATM Anda akan tertelan mesin.

Jangan ke ATM saat Mati Lampu

Seperti yang kita tahu mesin ATM ditopang dengan daya listrik. Jika listrik padam sudah pasti mesin ATM akan kehabisan daya dan biasanya akan terjadi eror. Jika anda memaksakan untuk  menggunakanya malah bisa menyebabkan kartu ATM anda tertelan.  Solusi terbaik jika anda mengalami listrik padam saat hendak melakukan transaksi di mesin ATM adalah dengan mencari lokasi mesin ATM lainya yang sedang tidak terjadi pemadaman.

Perlu juga diantisipasi, ketika pemadaman listrik telah selesei dan  listrik sudah menyala jangan langsung buru-buru menggunakan mesin ATM. Sebab biasanya mesin masih dalam tahap mengisi daya dan belum sepenuhnya siap digunakan. Jika anda memaksa untuk menggunakanya bisa saja kartu ATM anda akan tertelan mesin.

Jangan Menggunakan Mesin ATM Saat Eror

Pastinya anda sering kali kan menemui mesin ATM eror. Biasanya jika mesin ATM eror layar monitor akan menampilkan pemberitahuan jika mesin sedang bermasalah. Jika anda menemui mesin dengan pemberitahuan tersebut hindari dan jangan pernah untuk berupaya menggunakanya sekalipun anda saat itu sedang benar-benar membutuhkanya untuk bertransaksi.

Segera tinggalkan ATM tersebut dan cari ATM lainya atau bisa juga anda menggunakan ATM bank lainya dengan logo ATM bersama. Meskipun transaksi lewat ATM bank lainya dikenakan biaya transaksi antar bank, namun hal ini justru menjadi langkah aman agar terhindar dari kejadian kartu ATM tertelan mesin.

Hindari Salah Memasukan PIN

Setiap kartu ATM pasti dilengkapi dengan sebuah kombinasi PIN yang terdiri dari 6 digit angka. PIN ATM ini sifatnya sangat rahasia dan hanya anda saja yang mengetahuinya. Karena saking rahasianya pihak bank pun hanya memberikan 3 kali kesempatan untuk memasukan PIN ATM. Artinya jangan sampai anda salah memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali berturut -turut. Jika hal ini terjadi maka sistem yang ada akan segera melakukan pemblokiran kartu ATM. Bahkan ada juga dibeberapa mesin ATM yang apabila anda salah memasukan PIN 3 kali berturut-turut maka kartu ATM langsung tertelan mesin.

Lalu bagaimana solusinya jika kartu ATM tertelan mesin?

Jika anda mengalami kartu ATM tertelan mesin jangan panik, langkah awal yang harus anda lakukan adalah segera menghubungi call center mandiri untuk berkonsultasi. Biasanya petugas CS akan menyarankan pemblokiran sementara kartu ATM demi keamanan dana anda.

Post a comment for "Awas!! Ketahui 3Tanda Kartu ATM Anda Akan Tertelan Mesin"