Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Cara Aman Tarik Tunai / Ambil Uang di ATM Mandiri

Saat ini semakin banyak orang yang mempercayakan keamanan dananya di bank. Selain karena dana dapat tersimpan dengan aman nasabah juga diberikan banyak fasilitas kemudahan untuk bertransaksi. Salah satu fasilitas layanan yang diberikan bank pada nasabahnya adalah berupa kartu ATM. Dimana dengan kartu ATM tersebut segala transaksi dapat dilakukan dengan mudah. Namun, dibalik kemudahan tersebut ternyata ada saja sekelompok orang yang memanfaatkanya untuk tindak kejahatan. Oleh karena itulah sebagai nasabah anda juga harus berhati-hati saat menggunakan kartu ATM terlebih saat melakukan tarik tunai.


Tarik Tunai atau mengambil uang di ATM merupakan salah satu aktifitas yang paling sering dilakukan oleh para nasabah bank. Namun, tahukah anda jika aktifitas ini sering kali rentan akan tindak kejahatan perbankan. Yups, ada saja trik serta modus yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan guna membobol dana yang ada di rekening bank korbanya.

Baca Lainya : Kartu ATM Mandiri Hilang? Begini Cara Mengurusnya

Baca Lainya : Apa Itu Uang Elektronik Kelebihan Dan Kekurangannya

Oleh karena itulah sebagai seorang nasabah anda harus selalu jeli dan berhati-hati saat menggunakan mesin ATM untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Nah, dibawah ini akan kami jelaskan langkah langkah aman bertransaksi lewat mesin ATM, kususnya saat melakukan tarik tunai. Semoga dengan ini anda bisa lebih waspada lagi dalam menggunakan mesin ATM.

Pilihlah Lokasi ATM yang Tepat


Demi memudahkan para nasabahny melakukan transaksi perbankan bank Mandiri telah menyediakan mesin ATM yang tersebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun, terkadang mesin ATM Mandiri ditempatkan pada lokasi yang kurang strategis dan sepi. Meskipun setiap gerai ATM Mandiri selalu di lengkapi dengan CCTV, bukan berarti 100% aman dari para pelaku kejahatan.

Maka dari itu selalu gunakanlah mesin ATM Mandiri yang terletak ditempat yang strategis dan ramai guna meminimalizir tindak kejahatan.

Perhatikan Kondisi Mesin ATM Mandiri


Ketika anda sudah berada didalam ruangan mesin ATM jangan terburu-buru untuk langsung melakukan transaksi tarik tunai. Hal yang pertama yang wajib anda lakukan adalah memperhatikan kondisi mesin ATM. Jika terdapat suatu kejanggalan pada mesin tersebut, misalnya kartu ATM sulit masuk ke dalam lubang slot mesin atau tombol ATM terasa bergoyang. Jika anda menemui kondisi seperti ini pada mesin ATM segera batalkan transaksi dan pindah di gerai ATM Mandiri lainya.

Jaga Kerahasiaan PIN ATM


Setiap kartu ATM Mandiri pastilah selalu dilengkapi dengan PIN sebagai pengamanya. Dimana PIN tersebut dibuat sendiri oleh nasabah dan sifatnya sangat rahasia bahkan pihak bank sendiri tidak mengetahuinya. Karena sifatnya yang sangat rahasia tersebut maka anda harus selalu menjaga kerahasiaanya. Terlebih saat anda menggunakanya di mesin ATM.

Nah, untuk keamanan bertransaksi di mesin ATM usahakanlah untuk selalu menutupinya dengan tangan saat anda hendak memasukan PIN ATM. Pastikan hanya anda saja yang dapat melihat PIN tersebut.

Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Yang Tidak Dikenal


Jangan gampang percaya dengan orang yang belum anda kenal sama sekali di ATM. Banyak kasus yang sudah terjadi pelaku kejahatan berpura-pura baik dan berniat membantu karena korbanya sedang mengalami masalah saat bertransaksi. Padahal kendala masalah tersebut sengaja dibuat oleh pelaku untuk melancarkan aksinya. Jika anda berada pada kondisi ini jangan pernah menerima bantuan dari orang lain apa lagi mereka belum pernah anda kenal sama sekali.

Jika terjadi masalah saat bertransaksi di mesin ATM langkah yang tepat adalah dengan langsung menghubungi call center Mandiri untuk segera melakukan pemblokiran kartu ATM sementara.

Demikian tadi tentang langkah aman dalam melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara tarik tunai atau ambil uang di ATM Mandiri silahkan simak artikel berikut ini.

Baca lainya : Cara Tarik Tunai/Ambil Uang di ATM Mandiri Lengkap Dengan Gambar

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar