Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Aplikasi HRD untuk Perusahaan

Sumber Daya Manusia atau lebih dikenal dengan HRD merupakan salah satu bagian penting dari perusahaan, terutama yang sedang berkembang. Di perusahaan level kecil, tidak jarang peran ini dipegang sendiri oleh pemilik usaha atau admin multifungsi yang memiliki banyak tugas. Mulai dari mengurus arsip data karyawan, merekap absensi karyawan, menghitung gaji dan lembur, mencatat cuti, melakukan rekrutmen karyawan, hingga menghitung pajak hingga asuransi.

Bukan hanya itu saja deretan tugas yang ditanggung oleh HRD, tapi berbagai pertanyaan dan permintaan dari karyawan pun sering dilayangkan. Mulai dari permintaan cuti, dispensasi, hingga yang menyangkut gaji dan absensi. Banyaknya pekerjaan yang dibebankan pada HRD mendorong perusahaan untuk lebih sering merekrut karyawan untuk menyelesaikan berbagai tugas dan dapat melayani karyawan dengan lebih baik.

Agar dapat menyelesaikan pekerjaan dan mendukung kelancaran bisnis, tidak sedikit perusahaan yang mulai mengubah cara yang awalnya manual menjadi lebih canggih dan modern. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan, bukan hanya oleh pegawai HRD tapi juga karyawan dan keseluruhan perusahaan.

Menghemat Waktu

Dengan adanya aplikasi untuk hrd akan membuat tugas-tugas yang biasanya menghabiskan waktu jadi lebih otomatis. Kelebihan ini membuat karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya dan membawa bisnis ke tingkat selanjutnya.

Penghematan waktu juga bisa dirasakan pada perusahaan dengan banyak karyawan. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencari informasi permohonan cuti yang sudah beberapa bulan berlalu di banyaknya dokumen di lemari arsip. Menggunakan aplikasi HRD bukan hanya mempersingkat waktu kerja, tapi juga meningkatkan produktivitas kerja dalam perusahaan.

Memudahkan Pengambilan Keputusan

Dengan hanya beberapa klik, Anda bisa memberikan jawaban untuk segudang pertanyaan yang diajukan oleh karyawan maupun atasan. Serta memiliki data yang relevan dan tersedia kapan saja dibutuhkan akan membuat pengambilan keputusan jadi lebih mudah.

Selain itu, dengan data yang memadai dan cepat tersedia, diharapkan akan membantu memecahkan masalah. Misalnya, apakah karyawan sudah tepat untuk setiap tugas yang diberikan. Aplikasi HRD memudahkan pengumpulan data dan mengaksesnya pun sangat mudah.

Meningkatkan Potensi Karyawan

Karyawan menjadi aset yang cukup berharga dan sebaiknya dijadikan prioritas utama. Oleh karena itu, penting untuk menumbuhkan dan mengembangkan staf yang dimiliki ketimbang merekrut tenaga kerja baru.

Aplikasi HRD dapat membantu Anda untuk melacak perkembangan karyawan, mulai dari kinerja, pelatihan hingga seminar yang diikuti. Semua informasi yang terdiri dari penilaian ini juga bisa diakses oleh karyawan sehingga mereka merasa terlibat langsung dengan pekerjaan dan tempat mereka bekerja.

Mengamankan Dokumen

Metode penyimpanan semua data pribadi karyawan yang berada di lemari arsip seringkali diragukan keamanannya. Siapa saja bisa memiliki akses untuk membuka dan memanfaatkannya, begitu juga jika terjadi musibah, seperti kebakaran hingga bencana alam, data yang diarsipkan secara manual punya risiko tinggi untuk rusak, hilang, atau dimanfaatkan untuk tujuan yang buruk.

Dengan aplikasi HRD, semua informasi yang disimpan sangat aman dan Anda dapat mengatur siapa saja yang bisa mengaksesnya. Bukan hanya bisa mengetahui siapa yang membaca dokumen dan waktu, cara ini juga dapat mengurangi dokumen kertas misalnya untuk untuk kebijakan, buku pegangan staf, dan manual pelatihan.

Mudah Memantau Absensi

Mengelola daftar hadir dengan benar merupakan suatu keharusan, bukan hanya untuk bisnis yang kecil hingga perusahaan multinasional. Menggunakan aplikasi HRD yang tepat, Anda dapat menghitung hak karyawan, melacak cuti yang tersisa dan mengelola pengajuan cuti maupun izin.

Hal ini membuat seluruh proses jadi lebih mudah dan hemat waktu. Tak perlu bingung mencari  aplikasi HRD yang tepat, jatuhkan pilihan pada LinovHR sebagai software HRD ternama di Indonesia sangat mendukung proses operasional dan kinerja perusahaan di era digital yang paperless.

Tim HRD Anda akan lebih mudah fokus pada pekerjaan inti dalam mengembangkan kemampuan karyawan, dan urusan administratif dapat dilakukan secara otomatis dengan aplikasi HRD dari LinovHR. Hubungi LinovHR sekarang untuk ujicoba aplikasi gratis.

Post a comment for "Manfaat Aplikasi HRD untuk Perusahaan"