Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cetak Mutasi Rekening BCA Lewat Mesin ATM

Selain transaksi tarik tunai dan transfer uang,  transaksi yang juga paling sering dilakukan oleh nasabah bank adalah transaksi berupa Cek mutasi.  Kerap kali nasabah melakukan cek mutasi guna melihat riwayat transaksi yang terjadi pada rekeninngnya. Dengan begitu nasabah jadi tahu tentang keluar masuknya uang pada rekeningnya.

Ada banyak cara yang bisa digunakan nasabah untuk mengetahui riwayat transaksinya.  Mulai dari mengeceknya langsung di kantor cabang Bank,  melalui mesin ATM,  melalui SMS Banking,  Internet Banking, dan juga Mobile Banking. Nah,  pada artikel ini kami akan membahas tentang cara cek mutasi lewat ATM dari Bank BCA.

Sekilas Tentang Bank BCA

Bank BCA merupakan salah satu bank Swasta nasional yang terbesar dengan jumlah nasabah yang banyak tersebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.  Meskipun berlabel bank swasta nyatanya BCA mampu bersaing dengan Bank-Bank milik Pemerintah. Hal ini tidak lepas dari berbagai pelayanan dan fasilitas yang sangat baik yang diberikan bank BCA kepada para nasabahnya.

Dari segi pengalaman di dunia perbankan, bank BCA tidak perlu diragukan lagi.  Berdiri sejak tahun 1957 BCA terus tumbuh dan berkembang menjadi bank swasta nasional terbesar di Indonesia. Mengingat nasabahnya berasal dari berbagai kalangan, BCA pun menawarkan solusi perbankan yang beragam untuk mendukung perencanaan keuangan pribadi dan maupun bisnis.

Saat ini Bank BCA memiliki beberapa jenis tabungan yang digolongkan menjadi dua buah akun yaitu jenis akun personal dan juga akun bisnis. Dimana nasabah bisa bebas memilih salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Syarat Membuka Tabungan BCA

Seperti yang telah kami bahas diatas,  bahwa BCA menyediakan dua jenis akun tabungan, akun personal dan juga akun bisnis.  Tentu saja beda akun tabungan beda pula persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah.


Untuk jenis akun personal/Individu secara umum persyratanya adalah sebagai berikut:
  • Kartu Identitas Diri / E KTP
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Dan sejumlah uang sebagai setoran awal
  • Perlu diketahui bahwa setoran awal untuk membuka rekening tabungan BCA berbeda beda antara tabungan satu dan yang lainya.

Adapun yang termasuk ke dalam jenis akun tabungan personal diantaranya adalah Tahapan (Tahapan BCA, Xpresi, Berjangka, Gold), Tapres, Simpanan Pelajar, TabunganKu, Deposito Berjangka, dan Tabungan Dollar.

Sedangkan untuk jenis tabungan akun bisnis dari Bank BCA dibagi menjadi empat produk tabungan yaitu Giro, Deposito Berjangka, Tahapan Gold, dan BCA Dollar. Dengan nembuka salah satu dari produk tabingan bisnis maka nasabah akan mendapat fasilitas khusus yang mendukung kepentingan bisnis, yaitu BCA Trade, BCA Remittance, dan BCA Bizz.

Nah,  demikian tadi sekilas tentang bank BCA,  bagaimana anda tertarik untuk membuka rekening BCA,  untuk informasi lebih lanjut anda bisa datang langsung di kantor cabang BCA terdekat di kota anda.

Cara cek Mutasi Lewat ATM BCA

Setiap nasabah dari bank BCA akan difasilitasi dengan kartu ATM.  Dengan kartu tersebut nasabah dapat melakukan berbagai transaksi baik tunai maupun non tunai lewat mesin ATM.  Salah satunya adalah transaksi berupa cek mutasi.  Dengan melakukan cek mutasi anda bisa mengetahui 5 transaksi terakir yang telah dilakukan di rekening anda.  Bagaimanakah caranya?

Masukan Kartu ATM - Silahkan masukan kartu ATM anda pada lubang slot mesin yang ada.

Pilih Bahasa -  Lanjutkan dengan memilih bahasa.  Saat ini mesin ATM BCA hanya menyediakan dua jenis pilihan bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris.  Silahkan pilih " Bahasa Indonesia" agar anda mudah dalam memahami menu selanjutnya.

Masukan PIN ATM - Silahkan masukan 6 digit PIN ATM anda.  Masukan dengan hati-hati dan selalu waspada terhadap orang disekitar anda.  Saat memasukan PIN selalu tutupi dengan tangan agar kerahasianya terjaga.

Pilih Transaksi Lainya - Lanjutkan dengan memilih menu "Transaksi Lainya" .

Klik Menu Informasi  - Pada halaman baru yang terbuka silahkan langsung saja pilih pada " Menu Informasi ".

Pilih Mutasi Rekening - Dan langkah terakir pilih pada menu " Mutasi Rekening" dan silahkan tunggu sampai struk data mutasinya tercetak.

Namun untuk cetak mutasi rekening melalui ATM ini  hanya bisa mengambil data mutasi maksimal 5 transaksi terakhir saja. Sehingga jika anda membutuhkan histori atau data transaksi yang lebih detail anda bisa menggunankan layanan Internet Banking ataupun juga mobil banking atau dengan melakukan cetak mutasi di kantor cabang BCA terdekat.

Post a comment for "Cara Cetak Mutasi Rekening BCA Lewat Mesin ATM"