Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dengan Cara Ini Bisnis Anda AkanTerlihat Lebih Profesional

Perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat memudahkan aktivitas manusia dalam menjaring berbagai informasi. Internet merupakan salah satu dari sekian banyak inovasi teknologi yang kini begitu melekat di kehidupan masyarakat. Setiap harinya, Anda tentu tidak akan terlepas dari layanan yang satu ini seperti berselancar di media sosial, mencari informasi-informasi penting, bermain game online, mencari pundi-pundi rupiah, dan masih banyak lagi.

Kemunculan internet tentu sangat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku bisnis. Kini, mereka bisa dengan mudah mempromosikan produk-produknya tanpa harus mengeluarkan modal besar. Media sosial dan toko online biasanya menjadi media yang banyak digunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Selain prosesnya lebih mudah, kedua aplikasi tersebut juga lebih banyak penggunanya, sehingga peluang meraih keuntungan pun lebih besar.

Namun, berbekal promosi di media sosial saja tidaklah cukup. Sebuah bisnis online maupun offline akan terlihat lebih profesional jika memiliki website sendiri. Salah satu langkah awal dalam membuat sebuah website, yaitu memilih domain yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Dengan menggunakan nama domain sendiri, maka tidak akan ada dua situs yang memiliki nama yang sama.

Nama domain bisa disebut juga sebagai alamat website, yaitu nama unik yang diterapkan untuk mengenali nama server komputer seperti email atau web server pada internet.  Anda bisa memilih jenis domain yang akan digunakan, apakah itu domain gratis atau berbayar. Membuat domain untuk keperluan bisnis sebaiknya menggunakan domain berbayar atau hosting sendiri. Hal ini dikarenakan agar website yang Anda bangun terbebas dari iklan.

Jenis-jenis Domain

Domain terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Top Level Domain (TLD), Second Level Domain, dan Third Level Domain.

1. Top Level Domain
TLD merupakan salah satu tipe domain tertinggi untuk DNS di internet. Contoh dari domain TLD ini, yaitu .com, .id, .web, dan lain sebagainya. TLD terdiri atas tiga jenis, yaitu:

a. Country Code Top Level Domains
Domain yang satu ini digunakan untuk penamaan wilayah suatu Negara, misalnya .id untuk Indonesia, .au untuk Australia, dan lain-lain.
b. Generic Top Level Domain
Domain yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memerlukan domain ekstensi populer seperti .com dan .org.
c. Premium Top Level Domain
Jika Anda menginginkan penamaan domain custom, gunakan domain yang satu ini. Misalnya, ekstensi .host, .travel, .web, dan masih banyak lagi. Nama domain yang satu ini lebih merujuk pada isi keseluruhan website.

2. Second Level Domain
Domain yang satu ini merupakan nama domain yang akan Anda daftarkan. Misalnya, www.kulinerenak.com. Kata ‘kulinerenak’ tersebut merupakan second level dari domainnya.

3. Third Level Domain
Third Level Domain digunakan untuk pembuatan sub domain. Sub domain digunakan untuk keperluan internal yang masih berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya, www.kulinerenak.com memiliki sub domain forum.kulinerenak.com.

Manfaat Domain untuk Bisnis

Para pelaku bisnis sudah tentu memanfaatkan domain untuk keperluan bisnis mereka. Lalu apa saja hal-hal yang mendasari mereka untuk menggunakan fitur yang satu ini? Simak ulasannya di bawah ini.
1. Nama domain cenderung lebih mudah diingat
Alasan pertama, yaitu nama domain cenderung lebih mudah untuk diingat. Jika Anda menggeluti bisnis di bidang kuliner, nama domain yang digunakan pun tentu tidak akan jauh dari produk yang dijual. Misalnya, kulinerbandung.com, prettycake.id, nasimantep.co, dan masih banyak lagi. Selain lebih mudah diingat, namanya pun cukup singkat.

Berbeda jika Anda menggunakan layanan domain gratis. Namanya cenderung akan lebih panjang dan sulit untuk diingat seperti kulinerbandung.blogspot.co.id, dan masih banyak lagi.

2. Nama domain bisa menggambarkan bisnis yang Anda geluti
Nama domain untuk bisnis tentu bisa Anda tentukan sendiri. Nama yang Anda buat tentu bisa mencerminkan bisnis dan juga karakter dari pemiliknya. Misalnya, jika menyukai bahasa asing, Anda bisa menamai website dengan bahasa asing, baik itu menggunakan bahasa Inggris, bahasa Yunani, dan bahasa lainnya. Dengan memberikan nama yang unik, toko Anda akan memiliki kesan yang berbeda dari toko lainnya dan memiliki ciri khas tersendiri.

3. Lebih mudah untuk diakses
Memiliki domain sendiri tentu sangat disarankan bagi para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan website lebih mudah diakses dibandingkan menggunakan layanan lainnya karena cukup memasukan alamat website saja. Selain itu, pelanggan akan lebih mudah mencari produk yang diincar serta melakukan pemesanan melalui website. Dengan begitu, pelanggan pun akan diberikan kemudahan dengan disuguhkan informasi lengkap mengenai bisnis Anda.

4. Terlihat lebih professional
Dengan memiliki nama domain pribadi, maka bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional. Pasalnya, konsumen akan melihat bahwa Anda benar-benar memiliki keseriusan dalam menjalankan bisnis serta memberikan pengalaman berbelanja yang menarik.

Domain berbayar umumnya memiliki fitur yang lebih cantik dan menarik, sehingga Anda bisa mendesainnya sesuai dengan selera. Lain halnya dengan domain gratis yang sudah memiliki template yang tidak bisa diubah.

Dengan begitu, konsumen pun tidak akan bosan saat mengunjungi website Anda dan mereka bisa betah berlama-lama karena fiturnya yang sangat mudah digunakan.

5. Bisa mendapatkan posisi utama dalam search engine
Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan domain pribadi, yaitu berkesempatan mendapatkan posisi utama dalam search engine. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli domain di penyedia layanan yang profesional agar mereka bisa membantu website Anda mendapatkan posisi teratas di mesin pencari. Jangan lupa, gunakan domain berbayar, ya!

6. Meningkatkan kredibilitas perusahaan
Nama domain yang professional tentu bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang kredibel tentu akan meningkatkan jumlah pelanggan serta keuntungan dalam jumlah yang besar. Pelanggan tidak akan ragu lagi untuk berbelanja di toko Anda, bahkan ada yang sampai menawarkan untuk bermitra atau bekerjasama dengan Anda. Hal ini tentu saja menjadi peluang yang baik bagi kemajuan bisnis Anda.

7. Bisa mendapatkan iklan
Selain bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan lain dari iklan yang tayang pada website. Iklan yang ditampilkan umumnya masih berkaitan dengan bisnis Anda, misalnya, iklan kue, iklan makanan sehat, dan lain sebagainya jika Anda bergerak di bisnis kuliner. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menerima tawaran iklan karena hal tersebut bisa saja mengganggu konsumen saat menjelajahi website.

8. Domain dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama
Seperti domain gratis, domain berbayar pun bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Bedanya, Anda akan dikenakan biaya per tahun untuk maintenance atau perpanjangan domain agar tetap bisa digunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih penyedia jasa layanan domain yang terpercaya agar tidak dirugikan di kemudian hari.

9. Sangat mudah untuk diperbaharui
Keuntungan lain dari domain untuk bisnis Anda, yaitu mudah untuk diperbaharui. Caranya, Anda cukup menghubungi pihak penyedia layanan tersebut. Selain itu, pihak penyedia layanan tersebut juga akan memberikan hosting kepada Anda yang mampu untuk menyimpan semua file, baik itu berupa gambar, audio, atau video dalam ukuran yang cukup besar.

Selain sembilan poin di atas, Anda juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan dari domain  berbayar, diantaranya membantu memperkenalkan produk atau jasa pada masyarakat luas, menjadi media pemasaran yang efektif untuk menjaring pelanggan baru, memudahkan proses pemesanan dan penyimpanan data, memudahkan proses transaksi, dan masih banyak lagi.

Demikianlah beberapa manfaat domain bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, manfaatkan fitur yang satu ini karena domain sangat berperan penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Post a comment for "Dengan Cara Ini Bisnis Anda AkanTerlihat Lebih Profesional"