Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Keunggulan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta

Asuransi Kesehatan - Produk asuransi ini berfungsi untuk melindungi kita dari berbagai kemungkinan buruk yang terjadi. Misalnya, Anda tiba-tiba mengalami sakit parah dan harus melakukan pengobatan yang intensif dengan harga yang sangat mahal. Dalam hal ini, ketika Anda memiliki produk asuransi maka biaya pengobatan itu akan dibayarkan oleh perusahaan penyedia asuransi tersebut.

Produk asuransi yang dimaksud disini adalah asuransi kesehatan. Produk asuransi kesehatan ini ditawarkan oleh perusahaan kepada hampir seluruh negara di dunia, baik negara maju maupun negara berkembang.

Keberhasilan sebuah negara yang menerapkan sistem asuransi ini ialah semakin rendah angka kematian di suatu negara. Dengan persentase kematian yang rendah ini menandakan bahwa semakin tinggi kesejahteraan negara tersebut. Hal ini pun yang berusaha dicapai oleh pemerintahan kita, yang mana jaminan kesehatan menjadi suatu yang mutlak yang harus diberikan kepada masyarakat. Dalam hal ini, pemerintahan kita telah mengeluarkan asuransi kesehatan yang diberi nama BPJS.

Anda pasti sering mendengar BPJS, sebuah asuransi kesehatan program dari pemerintah yang memang dinilai memberikan alternatif atau solusi bagi masyarakat agar dapat menjalani hidup secara sehat. Kehadiran BPJS dinilai memberikan wadah serta jaminan kesehatan yang bisa dikatakan cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Bahkan BPJS ini menerima keanggotaan berdasarkan keadaan tertentu, seperti keadaan ekonomi yang kurang mampu atau miskin dan warga dengan keadaan ekonomi tinggi atau kaya raya.

Ada juga asuransi yang dikelola oleh swasta yang kita kenal sebagai asuransi kesehatan swasta. Jumlah premi yang harus dibayarkan untuk memiliki asuransi kesehatan ini lebih besar apabila dibandingkan BPJS. Oleh sebab itulah hanya orang-orang yang mampu bayar saja yang dapat memiliki asuransi kesehatan swasta ini. Asuransi kesehatan ini sepertinya memang diperuntukkan untuk mereka yang kaya raya, karena orang dengan keadaan ekonomi tidak mampu sudah pasti tidak bisa membayar jumlah premi yang ditawarkan setiap bulan.

Perbedaan antara BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan sangat terlihat ketara dari jumlah premi yang dibayarkan setiap bulan. Meskipun begitu, kedua asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan melihat kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat menentukan produk asuransi kesehatan mana yang paling bagus dan cocok untuk Anda. Nah, untuk mengetahui keunggulan dari kedua asuransi tersebut mari simak uraian di bawah ini.

Keunggulan BPJS Kesehatan

Keunggulan BPJS Kesehatan yang paling utama ialah jumlah premi yang harus dibayarkan per bulan sangat terjangkau. Dengan keterjangkauan ini, masyarakat dengan kemampuan ekonomi terbatas tetap bisa mendapat perlindungan kesehatan. Kehadiran BPJS ini dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat, baik yang kurang mampu maupun warga yang kaya raya. Selain itu, adapun keunggulan lainnya dari BPJS kesehatan yang akan diuraikan di bawah ini.


1. Murah

Seperti yang diuraikan di atas, salah satu keunggulan dari BPJS adalah jumlah premi yang harus dibayarkan sangat terjangkau. Selain itu peserta juga bebas menentukan sendiri pilihan kelasnya. Saat ini ada 3 pilihan kelas yang ditawarkan BPJS, yang mana ketiga kelas ini memiliki besaran iuran yang berbeda-beda. Untuk kelas 1 iuran sebesar Rp.160ribu/bulan, kelas 2 sebesar Rp.80ribu/bulan dan untuk kelas 3 peserta wajib membayar Rp.42ribu/bulan.Jumlah ini sudah termasuk ke dalam harga rawat inap di rumah sakit, biaya pengobatan, biaya dokter, dan lainya. Biaya premi yang sangat murah ini sangat cocok dengan keadaan ekonomi masyarakat menengah ke bawah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sebagai negara berkembang.

Meskipun peserta BPJS dibagi menjadi 3 kelompok kelas, namun pelayanan yang diberikan tetaplah sama. Yang membedakan dari ke tiga kelas tersebut adalah terkait dengan fasilitas kamar untuk rawat inap saja. berkisar antara Rp. 41ribu hingga Rp. 160ribu. Jumlah ini sudah termasuk ke dalam harga rawat inap di rumah sakit, biaya pengobatan, biaya dokter, dan lainya. Biaya premi yang sangat murah ini sangat cocok dengan keadaan ekonomi masyarakat yang kurang mampu serta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sebagai negara berkembang.


2. Tidak Ribet

Dalam mengurus BPJS Kesehatan, dokumen yang harus dilengkapi tidaklah serumit Asuransi Kesehatan. Calon peserta hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen saja seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Buku Rekening Tabungan. Jika 3 persyaratan tersebut sudah lengkap maka bisa segera mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan dengan datang di kantor BPJS.

Hanya saja penggunaan BPJS Kesehatan bisa dilakukan di rumah sakit milik negara saja. Beberapa rumah sakit swasta dengan peralatan yang memadai belum mau menghadirkan BPJS sebagai asuransi penanggungnya.


3. Semua Jenis Penyakit Diterima

BPJS Kesehatan dapat memberikan pertanggungan pada semua jenis penyakit. Berbeda dengan asuransi kesehatan yang hanya memberi pertanggungan pada jenis penyakit tertentu. Dalam hal ini, penyakit ringan maupun kronis dapat diterima oleh rumah sakit yang menyediakan pengobatan nasabah bagi BPJS Kesehatan. Kemungkinan ditolak ke rumah sakit pun sangat kecil, karena Anda masuk sebagai anggota BPJS Kesehatan.


4. Berlaku Seumur Hidup

BPJS Kesehatan memberikan jaminan kepada Anda hingga batas umur 100 tahun. Jangka waktu kepemilikan ini terbilang cukup lama apabila dibandingkan dengan asuransi kesehatan. Mengingat jarang sekali manusia modern yang berusia hingga 100 tahun, meskipun tidak bisa dipungkiri memang ada. Namun, di antara mereka yang berusia 100 tahun ini dapat dihitung menggunakan jari. Artinya hanya sedikit manusia yang mampu berusia hingga 100 tahun.

Keunggulan Asuransi Kesehatan 

Sebagaimana BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan memiliki keunggulan utama dengan fasilitas rumah sakit yang memadai. Karena kebanyakan perusahaan asuransi memilih bekerja sama dengan rumah sakit swasta juga. Rumah sakit ini memberikan pelayanan yang lebih bagus dari rumah sakit pemerintah, mulai dari kamar yang lebih luas, makanan yang lebih bergizi, hingga kelengkapan yang jauh lebih unggul. Selain itu, keunggulan asuransi kesehatan lainnya akan diuraikan di bawah ini.


1. Lebih Fleksibel

Ketika Anda akan mengajukan klaim asuransi ini berlaku secara lebih fleksibel, baik itu di rumah sakit dalam negeri maupun luar negeri. Selama perusahaan asuransi melakukan kerja sama dengan pihak rumah sakit, Anda dapat melakukan check up dan menjalani perawatan medis dengan pelayanan terbaik. Pada intinya, rumah sakit yang Anda pilih sebagai tempat berobat harus berkaitan dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih. 


2. Lebih Santai

Dokumen yang diperlukan dalam mengurus asuransi kesehatan dapat dikatakan agak rumit. Selain itu calon peserta juga diharuskan melakukan medichal chek up terlebih dahulu guna mengetahui kondisi kesehatannya. Namun, jika semuanya sudah lengkap Anda bisa lebih santai, karena dokumen tersebut akan diteruskan oleh pihak perusahaan. Hanya saja persyaratannya memang agak sedikit rumit daripada BPJS Kesehatan. Akan tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah serius jika Anda berniat membeli asuransi kesehatan tersebut.


3. Memberi Double Manfaat 

Ketika memiliki asuransi kesehatan ini Anda akan mendapat double manfaat, di antaranya dapat menjalani perawatan rawat inap dan perawatan rawat jalan. Dalam hal ini, perusahaan memberikan kebebasan kepada Anda dalam memilih tipe perawatan. Seluruh biaya atas perawatan ini akan ditanggung oleh pihak perusahaan yang menyediakan produk asuransi kesehatan.


4. Manfaat Uang Tunai

Dalam asuransi kesehatan, tanggungan Anda tidak hanya sekedar perawatan rawat inap. Akan tetapi, Anda akan mendapat uang tunai berupa penggantian biaya transportasi dan konsumsi. Berapa jumlah uang yang akan diberikan tergantung berapa lama Anda dirawat di rumah tersebut.

Demikianlah keunggulan Asuransi kesehatan dan BPJS Kesehatan. Untuk memilih mana yang lebih baik, hal penting yang harus diperhatikan ialah kemampuan finansial Anda dalam membayar jumlah premi per bulan. Jangan sampai memilih produk asuransi dengan premi yang terlalu mahal, sehingga mengganggu pembagian keuangan Anda yang lainnya.

Post a comment for "Inilah Keunggulan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta "