Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Nomor Call Center Indihome dan Tips Mengatasi Gangguan Indihome

Salah satu produk PT Telekomunikasi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Telkom yang paling banyak diminati ialah Indihome. Meskipun Indihome ini banyak diklaim sering mengalami gangguan, tetap saja peminatnya sangat banyak. Di samping masalah atau gangguan kerap kali terjadi, namun hal ini membuktikan bahwa Indihome mampu memberikan pelayanan yang memang dibutuhkan masyarakat.

Beragam gangguan Indihome yang kerap kali terjadi diantaranya indikator LOS yang menyala merah, PC yang tersambung ke internet, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, Indihome menyediakan layanan Indihome Gangguan Call Center yang dapat diakses 24 jam. Dengan layanan tersebut, Anda dapat menghubunginya di malam hari sekalipun jika memang Indihome di rumah mengalami gangguan.

Layanan yang ditawarkan Telkom ini kerap kali disebut dengan Triple Play. Pelayanan ini merupakan perpaduan dari internet, telepon rumah, dan juga siaran televisi yang mendukung koneksi stabil. Hal ini karena Telkom menggunakan jaringan fiber optik pada setiap paketnya. So, meskipun Indihome kerap mengalami gangguan, Anda tetap dapat menghubungi layanan yang telah disediakan pihak Telkom.

Nah, ketika kendala yang dimaksudkan mulai datang saat memakai produk Telkom ini, sebaiknya segera hubungi provider. Nomor pelayanan gangguan call center ini ialah PSTN: 147 dan telepon seluler: (kode area) +147.

Mengingatkan kembali bahwa layanan call center ini berlaku selama 24 jam, sehingga Anda dapat menelpon kapan saja. Manfaatkan layanan ini sebaik mungkin agar pihak Telkom juga segera memperbaiki pelayanannya.

Tips Mengatasi Gangguan Indihome 

Telkom memang telah menyediakan layanan gangguan call center 24 jam, namun ada baiknya kalau Anda mencoba memperbaiki kerusakan terlebih dahulu. Jika ada gangguan, coba periksa saja dulu barangkali hanya hal sepele yang terjadi. Oleh sebab itu, perlunya Anda mengetahui beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan tersebut. Apa saja penanganannya mari simak uraiannya di bawah ini.


1. Lampu LOS Merah

Ketika Anda mendapati lampu indikator LOS pada perangkat menyala tetapi berwarna merah, sudah tentu itu mengalami gangguan. Dalam hal ini Anda tidak perlu langsung buru-buru menelpon layanan Indihome Gangguan Call Center. Karena hal ini terjadi diakibatkan modem tidak menerima sinyal optiknya. Jaringan kabel optik yang tersambung ke rumah Anda ada yang terputus.

Hal-hal yang menyebabkan kabel optik terputus pun beragam, mulai dari digigit tikus, rusak karena gesekan antara benang layangan dan kabel, atau bending dan tertekuk. Ketika hal-hal tersebut terjadi, periksa kabel terlebih dahulu kemudian colokan fiber. Jika masih ada gangguan dan tidak kembali normal, segeralah menghubungi layanan gangguan call center untuk ditangani oleh tenaga ahli.


2. PC yang Tidak Bisa Konek ke Internet

Penyebab utama PC tidak bisa konek ke internet ialah salah dalam memasang port LAN pada modem. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan ialah dengan cara memasang default RJ-45 pada LAN-3. Apabila masih mengalami gangguan, silahkan cek lampu indikator LAN-3, apakah lampunya berwarna hijau atau justru tidak menyala. Jika lampu LAN-3 telah menyala berwarna hijau, berarti kemungkinan terhubung ke internet lebih besar.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah melakukan setting IP dengan cara manual. Caranya ialah,

Pertama klik kanan pada ikon jaringan kemudian pilih network dan sharing center.

Kedua, klik local area connection, kemudian menuju ke properties dan internet protocol version 4 atau TCP/IPv4. Jika sudah, pilih use the following IP Address yang dilanjutkan dengan use the following DNS server address.

Ketiga, pada kolom IP address masukkan angka 192.168.1.1. Untuk kolom subnet masukan angka 255.255.255.0. Sedangkan pada kolom default gateway Anda masukkan angka 192.168.1.1. Lalu pada kolom preferred DNS server masukkan angka 8.8.8.8. Angka terakhir yang Anda harus input pada kolom Alternate DNS ialah 8.8.4.4.

Ketika semua telah selesai dilakukan biasanya PC langsung konek kembali ke internet.


3. Mengatasi Telepon Rumah Indihome 

Untuk telepon rumah Indihome yang mengalami gangguan biasanya dikarenakan salah pasang kabel RJ-11 di port phone pada modem. Dalam mengatasi gangguan ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah memperhatikan lampu indikator Phone 1 maupun Phone 2. Pasang RJ-11 jika phone 2 lampu indikatornya menyala. Jika setelah melakukan perbaikan ini masih saja ada gangguan, kemungkinan lainnya pesawat telepon Anda mengalami kerusakan.


4. Lampu Indikator Menyala Tapi Lemot

Untuk memastikan perangkat Indihome di rumah Anda mengalami gangguan lemot, periksa terlebih dahulu berapa user yang menggunakan Indihome di rumah Anda. Kemungkinan lemot yang terjadi ini karena user atau pengguna anonim melebihi kapasitas. Mungkin juga karena ada gangguan masal. Solusi lainnya yang dapat Anda lakukan ialah mengubah password Wifi dan mengecek kecepatan pada speedtest.net. Kemudian pastikan bandwith telah sesuai dengan paket yang Anda pilih.


5. Internet Tidak Menjangkau Seluruh Ruangan

Modem yang ditawarkan Indihome hanya menjangkau radius 20 meter saja. Ketika internet tidak dapat menjangkau seluruh ruangan berarti terdapat hal-hal yang menghalangi, misalnya tembok, lemari, dan lainnya. Apabila ruangan yang Anda tempati cukup luas, maka Anda dapat menambahkan perangkat akses poin. Jika perangkat ini tidak bekerja, langsung saja Anda menghubungi layanan gangguan call center.

Gimana sih Cara Melaporkan Gangguan Indihome?

Ketika gangguan yang dialami tidak bisa diatasi oleh diri sendiri, tentu kita langsung menghubungi praktisi terkait. Nah, untuk menghubungi layanan gangguan call center ini dapat melalui beberapa jalur, diantaranya melaporkan gangguan melalui Twitter, Facebook, dan nomor call center. Bagaimana caranya mari simak uraiannya di bawah ini.

Untuk melaporkan gangguan indihome melalui Twitter tentu Anda harus follow dulu akunnya. Kemudian mention akun tersebut serta informasikan bahwa nomor indihome mengalami gangguan. Agar lebih rinci sertakan juga bagaimana kronologisnya hingga bisa terjadi gangguan. Selain dengan cara mention, Anda juga dapat berkomunikasi melalui DM Twitter agar lebih privasi.

Sedangkan melakukan laporan gangguan melalui Facebook dapat dilakukan dengan mempersiapkan nomor indihome, kirim pesan ke akun Facebook TelkomCare. Jangan lupa menuliskan nomor Indihome yang mengalami gangguan. Kemudian tunggu saja CS Indihome memandu penyelesaian masalah yang Anda alami. Apabila Anda membutuhkan tindakan lanjutan dapat langsung menelpon call center Telkom.

Demikianlah tips mengatasi gangguan indihome yang dapat Anda lakukan sendiri sebelum menelpon layanan call center. Dalam hal ini gangguan memang selalu ada, namun bukan berarti tidak dapat diatasi sendiri. Nah, utamakan kenali dulu apa penyebabnya, lalu pahami cara mengatasinya, baru kalau sudah tidak bisa dilakukan sendiri menelpon layanan gangguan indihome call center.

Untuk menceritakan kronologis gangguan Indihome itu pun dapat dilakukan melalui media sosial jika menelpon call center tidak memungkinkan. Media sosial Twitter dan Facebook menjadi media yang dapat menjembatani komunikasi Anda dengan TelkomCare.

Post a comment for "Mengetahui Nomor Call Center Indihome dan Tips Mengatasi Gangguan Indihome"