Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Besar Gaji Pegawai Bank BRI? Ini Dia Nominalnya dari Banyak Posisi!

Bank BRI atau yang memiliki nama panjang Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank paling tua dan bersejarah di Republik Indonesia. Berdiri pada tahun 1895 di Purwokerto, Bank BRI kini memiliki lebih dari 4.500 outlet dan menjadi bank yang pelanggannya ada di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tentunya, karyawannya pun sangat banyak. Nah, penasaran dengan berapa besar gaji pegawai Bank BRI? Yuk, silahkan disimak ulasannya!

Sejarah Bank BRI

Dalam perkembangannya, Bank BRI adalah bank yang melayani segmen micro-banking dengan produk yang terkenalnya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Produk ini menunjukkan jika mereka konsisten dalam membantu masyarakat kecil untuk mengembangkan usaha dengan memberi pinjaman modal. Tidak hanya pinjaman saja, bank yang awalnya bernama Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden ini sejak dulu memang konsisten dalam memberikan layanan penyimpanan uang kepada para pribumi. Maka tak heran jika kini Bank BRI juga tetap memberi layanan perbankan lain, seperti consumer banking.

Syarat Utama Mendaftar di Bank BRI

Beberapa orang memang ada yang menggebu-gebu ingin bekerja di sektor perbankan. Alasan utamanya jelas, sudah pasti karena salary yang ditawarkan besar dan juga penampilan yang selalu terlihat keren serta berkelas. Selain itu, para pegawai bank biasanya akan mendapat jaminan kesehatan dan jaminan kesejahteraan yang nilainya fantastis dan tidak akan bisa didapat jika bekerja di tempat lainnya. Alasan lain mengapa menjadi pegawai bank sangat diincar banyak orang adalah karena jenjang karirnya yang pasti. Dalam satu periode, biasanya para pegawai akan diberi kesempatan naik posisi sesuai dengan prestasi kerja yang dicapai. Tidak hanya itu, gajinya pun juga bisa ikut mengalami kenaikan.

Baca : Tidak Bawa Buku Rekening Apakah Bisa Transfer Uang Di BRI?

Namun jika kamu ingin bekerja di bank, terlebih di bank yang melaksanakan IPO pertamanya pada tahun 2003 ini, maka kamu harus punya bekal yang cukup lho. Penampilan saja tidak cukup. Pintar pun juga tidak cukup. Lalu, apa saja syarat utama mendaftar di bank BRI?

1. Pendidikan Minimal S1 atau Sarjana Biasanya, syarat pertama mendaftar menjadi pegawai bank adalah kamu harus
lulusan S1 atau sarjana. Tidak harus dari bidang ekonomi kok, semua jurusan
dipersilahkan melamar kecuali keperawatan. Lulusan diploma sebenarnya juga bisa, namun sepertinya jarang dibutuhkan dan hanya ada saat permintaan khusus saja.

2. Usia Maksimal 27 Tahun
Untuk menjadi seorang pegawai bank, apalagi bagian front office, kamu memang
harus memulainya dari usia yang sangat muda. Pasalnya, penampilan yang menarik, energik, dan juga muda menjadi daya tarik utama. Itulah mengapa usia pelamar
dibatasi hingga 27 tahun saja.

3. IPK Minimal 2,75 dari 4,00
Tidak hanya cantik dan tampan saja, kamu juga harus pintar. Hal ini dibuktikan
dengan IPK yang harus di atas 2,75 dari skala 4,00.

4. Single Alias Belum Menikah
Menjadi seorang pegawai bank artinya kamu harus mematuhi kontrak. Biasanya
pada masa awal bekerja, kamu akan diminta untuk mau untuk tidak menikah dulu.

5. Ada Tinggi Badan Minimal
Penampilan menarik perlu, tapi akan lebih baik lagi jika kamu ditunjang oleh tinggi
badan yang mumpuni. Untuk pria, syarat minimalnya adalah 165 cm sedangkan
untuk wanita adalah 155 cm.

6. Pandai Berkomunikasi
Terakhir, kamu juga harus pandai berbicara alias berkomunikasi, terlebih jika posisimu front office dan marketing yang sering berhubungan dengan konsumen.

Baca : Mau ke Bank BRI di Hari Sabtu-Minggu? Inilah Daftar Weekend Banking BRI Terlengkap Se JABODETABEK

Sebagai bank yang berstatus milik pemerintah alias BUMN, tentu setiap tahunnya mereka membuka lowongan pekerjaan. Hanya saja terkadang para pencari kerja sedikit malas untuk
rajin-rajin membuka info lowongan sehingga mereka ketinggalan berita. Nah, agar kamu senantiasa update dengan informasi, kamu bisa mengunjungi situs resmi mereka.

Tahapan melamarnya tentu sama dengan tahapan melamar pada umumnya, yakni
memasukkan surat lamaran kerja dan menunggu hasil seleksi. Jika kamu lolos administrasi, maka biasanya kamu akan diminta datang untuk tes tulis dan interview. Tes tulisnya meliputi psikotes, paulin, dan juga Toefl.

Untuk interview, biasanya kamu akan dipertemukan dengan user dari pihak bank.Terakhir, kamu akan diminta medical check up jika lolos keseluruhan prosesnya. Tentunya, langkahmu tidak berakhir di sana. Selanjutnya, kamu masih akan dikontrak dengan masa on the job training sekitar 6 bulan – 1 tahun lamanya. Kamu juga akan ditempatkan di berbagai
cabang bank BRI sesuai kebijakan perusahaan. Bagaimana? Masih berminat untuk melamar?

Gaji Pegawai Bank BRI

Seperti yang kita tahu, BRI merekrut banyak karyawan untuk dipekerjakan pada outlet-outlet mereka yang ada di seluruh Indonesia. Tidak hanya pada kantor pusat saja, para pegawai ini juga ditempatkan di kantor cabang, kantor cabang khusus, kantor cabang pembantu, hingga kantor perwakilan luar negeri. Selain itu, mereka juga ada yang ditempatkan di kantor kas bayar, payment point, mobil bank, hingga pos pelayanan desa.

Banyaknya karyawan yang dimiliki oleh bank satu ini tidak hanya menunjukkan betapa besar perusahaan mereka, namun juga betapa besar gaji karyawan yang diberikan. Pastinya, orang-orang tidak akan berbondong-bondong melamar ke Bank BRI jika gaji yang diberikan tidak menggiurkan. Lalu, berapa besar gaji pegawai bank BRI?

Daripada penasaran, berikut ini ada daftar besaran gaji yang diberikan, yakni untuk posisi Direktur akan mendapat gaji 50 juta rupiah, sedangkan Associate Director akan mendapat gaji 35 juta rupiah. Lain lagi dengan posisi Manajer dan Asisten Manajer. Keduanya masing-masing mendapatkan gaji sekitar 26 juta rupiah dan 14 juta rupiah.

Baca : Tidak Melakukan Transaksi Selama 1 Tahun Apakah Rekening BRI Bisa Digunakan?

Kemudian, untuk posisi middle seperti Analis Senior dan Senior Officer, masing-masing mendapat gaji 16,5 juta rupiah dan 9 juta rupiah. Gaji Senior Officer ini sama dengan gaji Analis biasa. Adapun untuk Officer dan Asistennya, masing-masing mendapat gaji sekitar 6,25 juta rupiah dan 4 juta rupiah. Masih untuk middle group, ada Bank Auditor yang mendapat gaji 6,5 juta rupiah dan Compliance Officer yang mendapat gaji 6 juta rupiah.

Tidak hanya posisi-posisi di atas saja yang gajinya besar. Posisi seperti Personal Financial Consultant mendapat gaji senilai 5,75 juta rupiah dan posisi sebagai Personal Banker mendapat gaji dengan nilai yang sama. Ada pula posisi Trade Finance Officer yang mendapat gaji 4 jutaan rupiah dan posisi Bank Operations Officer yang mendapat gaji 3,1 juta rupiah.Terakhir, ada posisi front office dengan gaji seorang customer service mencapai 4,5 juta
rupiah dan teller mencapai 2,75 juta rupiah.

Selain itu, untuk bagian collection atau debt recovery officer juga ada, yakni mendapat gaji sekitar 3,75 juta rupiah.
Tentunya, gaji-gaji ini hanya perkiraan saja. Gaji sesungguhnya bisa lebih tinggi atau lebih kecil tergantung kebijakan dan situasi. Misalnya saja UMR. Sudah pasti, gaji antara pegawai bank BRI di Surabaya berbeda dengan gaji pegawai bank BRI di Jakarta karena UMR sudah berbeda.

Baca : Waspadai Modus Membobol Kartu ATM Dengan Cara "Skimming" Agar tak Jadi Korban

Demikian ulasan dan jawaban mengenai pertanyaan Anda tentang berapa besar gaji
pegawai bank BRI. Semoga ulasannya bermanfaat dan khusus untuk kamu yang hendak
melamar di bank BRI, semoga ulasannya dapat membantumu mengambil keputusan dan
membantumu untuk referensi.

Post a comment for "Berapa Besar Gaji Pegawai Bank BRI? Ini Dia Nominalnya dari Banyak Posisi!"