Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbaru, Cara Beli Token Listrik di ATM BRI Lengkap Dengan Gambar

Apakah anda pengguna listrik prabayar dari PLN? Jika iya, maka pastinya anda memerlukan sebuah token untuk memperoleh daya listrik. Tanpa token, listrik prabayar anda jelas tidak bisa digunakan. Nah, dibawah ini akan kami ulas secara lengkap dan gamblang bagaimana cara membeli token listrik PLN lewat mesin ATM.

Memang tidak bisa dipungkiri jika saat ini kebutuhan akan listrik sudah menjadi bagian hidup setiap orang. Tanpa listrik sudah pasti manusia dibuat repot olehnya, bagaimana tidak hampir semua aktifitas manusia di era modern ini membutuhkan listrik, mulai dari penggunaan lampu, keperluan memasak, hingga untuk penunjang kerja di kantor semua membutuhkan  arus listrik.

Nah, jika berbicara  tentang listrik saat ini tersedia dua pilihan listrik yang bisa digunakan yaitu listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar.


Baca :  Panduan Cara Bayar Tagihan Listrik Dari Mesin ATM BRI

Listrik PascaBayar

Listrik pascabayar adalah listrik yang tagihannya dikenakan pada akhir bulan. Maksudnya adalah pengguna dari listrik jenis ini akan mendapatkan sejumlah tagihan sesuai dengan daya yang digunakan selama satu bulan. Untuk pembayaran ya bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara klasik dengan datang langsung di kantor cabang PLN hingga melakukan pembayaran dengan cara yang lebih modern, misal lewat bank, lewat ATM, lewat Internet Banking, mobile banking dan sebagainya.


Baca : Cara mudah Mengetahui ID Pelanggan Pengguna Listrik PLN

Listrik Prabayar

Berkebalikan dengan listrik pascabayar, bagi pengguna listrik prabayar pembayarannya dilakukan diawal yaitu dengan sistem pulsa/token.

Ya, pengguna listrik ini harus terlebih dahulu membeli pulsa/token listrik, baru setelah itu bisa menikmati arus listrik. Kelebihan dari jenis listrik ini adalah pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik sendiri. Kelebihan lainya Anda tidak perlu khawatir akan biaya keterlambatan yang menghantui.


Lalu dimana kita bisa membeli token listrik?

Saat ini token PLN/stroom bisa dibeli di mana saja, lihat saja di toko toko kecil rumahan banyak yang menjualnya, di minimarket sebut saja Alfamart dan Indomaret  juga ada,  membeli lewat layanan bank pun juga bisa dilakukan seperti lewat m banking atau juga lewat mesin ATM. Terkait cara beli token listrik di ATM ini, akan kami jelaskan secara gamblang langkah-langkahnya.


Baca : Update 2020 ! Cara Setor Uang Lewat ATM Setor Tunai BRI dan Setor Uang Lewat Teller Bank

Cara Membeli Token Listrik Via ATM BRI

Saat ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah bekerjasama dengan beberapa Bank Besar di Indonesia dan salah satunya adalah Bank BRI. Kerja sama tersebut mencakup dalam hal pembayaran/pembelian token listrik. Dengan adanya kerja sama tersebut maka nasabah Bank BRI dapat dengan mudah melakukan Pembayaran/ Pembelian Listrik PLN lewat layanan Bank. Pihak Bank BRI pun menyediakan beberapa pilihan metode pembelian token PLN diantaranya melakukan pembelian lewat ATM, Internet Banking, Mobil Banking, dan SMS Banking.

Nah, bagi Anda nasabah Bank BRI yang saat ini masih bingung tentang  cara membeli voucher  listrik via mesin ATM, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.


➤Seperti biasanya silahkan masukan kartu ATM Anda pada lubang slot mesin ATM.



➤ Begitu kartu masuk ke dalam mesin ATM, maka Anda akan dibawa kemenu pilihan bahasa, pilih " Bahasa Indonesia".



➤Masukan PIN ATM dengan benar ( Perhatikan baik-baik jangan sampai anda salah memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali berturut-turut, agar kartu anda tidak terblokir).




➤Selanjutnya setelah PIN ATM terinput dengan benar Anda akan dibawa pada halaman utama yang berisi beberapa pilihan menu, pilih "Menu Lainya" yang berada di pojok kanan bawah.



➤Kembali anda akan dibawa pada halaman baru yang berisi beberapa pilihan submenu, silahkan pilih pada menu "PEMBAYARAN/PEMBELIAN".



➤Selanjutnya pilih pada "LISTRIK/GAS".



➤Kembali anda akan dihadapkan pada submenu baru dimana anda diperintahkan untuk memilih jenis pembayaran/pembelian listrik/gas, maka silahkan pilih pada "TOKEN PLN PRABAYAR".



➤Lanjutkan dengan pilih pada "PLN PRABAYAR".



➤Silahkan masukan nomor meter atau ide pelanggan anda.



➤Akan muncul konfirmasi terkait nama pemilik nomor ID Pelanggan anda, silahkan perhatikan dengan teliti apakah semua datanya sudah benar atau belum dan jika semuanya sudah benar lanjutkan dengan memilih nominal yang ingin anda beli dengan cara tekan pada "Nominal Lain".



➤Maka anda akan dibawa pada halaman baru, dimana terdapat beberapa pilihan nominal pembelian token mulai dari 20.000 hingga 10.000.000 silahkan pilih sesuai dengan kebuthan dan kemampuan finansial anda.



➤Dan kembali anda dihadapkan pada pilihan jenis rekening, terdapat dua pilihan rekening yaitu Rekening Tabungan dan juga Rekening Giro, pilih pada "Rekening Tabungan".


Silahkan tunggu beberapa saat sampai mesin mengeluarkan struk bukti transaksi berhasil, di dalam struk tersebut berisi beberapa data dan token listrik yang baru anda beli, silahkan masukan 20 digit nomor token tersebut ke dalam meteran pulsa Anda di rumah, maka KWH yang ada di meteran anda akan bertambah sesuai dengan pembelian yang anda lakukan.

Note : Bisa jadi menu di ATM BRI tidak sama persis dengan yang kami uraikan diatas. Namun anda tidak usah bingung, jika anda memahami dengan benar langkah-langkah diatas, maka Anda tidak lagi mengalami kesulitan yang berarti.

Post a comment for "Terbaru, Cara Beli Token Listrik di ATM BRI Lengkap Dengan Gambar"