Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Aman Ambil Uang di ATM Saat Ada Pandemi Corona Agar Tak Terpapar

Memang tidak bisa dipungkiri jika transaksi tarik tunai / ambil uang di ATM merupakan salah satu transaksi yang paling sering dilakukan oleh nasabah bank. Lihat saja di sepanjang waktu selalu ada orang yang wira-wiri di ATM untuk mencairkan uangnya.

Nah, ditengah pandemi virus Corona yang belum juga berakhir ini Anda pun harus pintar-pintar menjaga diri lebih-lebih saat melakukan transaksi di mesin ATM. Tak lain karena mesin ATM bisa menjadi salah satu media perantara penyebar virus Corona. Jika Anda sering update berita pasti tahu donk bagaimana penyebaran virus ini.

Virus Corona sendiri sebenarnya disebarkan melalui cairan pernapasan yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi saat sedang batuk atau bersin. Artinya kita akan tertular jika terkena cairan pernafasan yang telah berisi kuman, virus dan bakteri tersebut. Lalu bagaimana kita bisa tertular padahal mesin ATM berada di ruangan yang tertutup. Hal ini dikarenakan terdapat fakta bahwa virus Corona ternyata mampu bertahan di benda mati hingga beberapa jam lamanya, bahkan pada media tertentu virus ini bisa bertahan hingga 3 sampai 4 hari.  Dengan demikian sangat mungkin terjadi virus dapat menempel di mesin ATM dan bertahan hidup di sana hingga beberapa waktu.

Apalagi banyak masyarakat yang belum sadar tentang penerapan etika batuk dan bersin yang benar ditengah wabah ini. Kebanyakan orang saat batuk atau bersin akan  menutup mulutnya dengan tangan, maka sudah pasti cairan batuk/ bersin tersebut menempel di tangan, ketika virus sudah menempel di tangan maka dapat berpindah dengan cepat ke benda-benda yang dipegang seperti halnya tombol mesin ATM.

Maka dari itu, penting dan menjadi kewajiban setiap individu di tengah wabah virus corona COVID-19 untuk selalu menerapkan etika batuk dan bersin yang benar yaitu dengan menutup mulut dan hidung menggunakan siku bagian dalam atau tisu bersih. Apabila menggunakan tisu, buang tisu pada tempat sampah lalu cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih bisa juga dengan mengusap tangan dengan handsanitizer.

Karena mesin ATM sifatnya umum  digunakan banyak orang, maka Andapun harus cerdas dan waspada dalam menggunakanya. Nah, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat hendak ambil uang di ATM agar aman dan terhindar dari paparan virus Corona.


Selalu Bawa Hand Sanitizer Kemanapun Anda Bepergian

Hand Sanitizer atau pembersih tangan merupakan produk yang efektif dan efesien sebagai alternatif menjaga kebersihan dan kesehatan tangan. Sebaiknya Anda selalu membawanya kemanapun bepergian tak terkecuali saat hendak ambil uang di ATM. Sebelum masuk ke gerai ATM oleskan terlebih dahulu cairan handsanitizer ke tangan secara merata. Setelah transaksi selesei dan Anda keluar dari gerai ATM kembali ulangi langkah membersihkan tangan tersebut.


Jangan Masuk dan Menunggu di Dalam Ruang ATM

Kebiasaan banyak orang saat hendak bertransaksi via mesin ATM adalah selalu berjubel dan masuk menunggu di dalam ruangan ATM. Hindarilah hal ini, Anda harus selalu menjaga jarak atau prosedur social distancing measure untuk menghindari penyebaran Covid-19. Setidaknya ambil jarak satu meter dari orang-orang disekitar Anda.


Jangan Menyentuh Wajah, Mulut, Hidung

Saat berada di tempat-tempat umum seperti halnya di lokasi gerai ATM usahakan untuk sebisa mungkin tidak menyentuh area wajah, terlebih lagi mulut, hidung dan mata. Sebab virus Corona dapat masuk ke dalam tubuh manusia lewat ketiga area tersebut. Maka dari itu sebagai langkah antisipasinya Anda wajib selalu menggunakan masker dan tisu. Tisu digunakan jika dalam keadaan terpaksa anda harus menyentuh atau mengucek mata Anda, semisal saat kelilipan. Namun pastikan juga tangan Anda untuk tetap steril dengan terlebih dahulu membersihkannya dengan handsanitizer yang telah anda bawa.


Jangan Sentuh Permukaan Apapun yang Tidak Diperlukan di ATM

Salah satu yang juga menjadi kebiasaan orang saat antri di ATM adalah sering kali mereka memegang-megang benda yang ada disekitaran gerai ATM. Entah itu tembok, kaca, ataupun benda-benda lainya. Demi mencegah virus Corona semakin meraja lela maka anda harus selalu bertindak pasif. Batasi gerakan anda untuk memegang sesuatu yang tidak penting bagi Anda terlebih saat berada di tempat-tempat umum seperti lokasi ATM.

Nah, demikian tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan saat hendak mengambil uang di ATM agar aman dan terhindar dari paparan virus Corona.  Tips tambahan yang bisa Anda lakukan adalah ambilah uang dengan jumlah yang sedikit banyak sehingga bisa mengcover kebutuhan hidup setidaknya selama satu bulan kedepan. Dengan demikian maka anda tidak perlu bolak -balik pergi ke ATM untuk ambil uang. Karena bagaimanapun juga di rumah saja lebih aman dari serangan Corona.


ARTIKEL MENARIK LAINYA :

Tips Atur Keuangan Biar Nggak Tekor Ditengah Pandemi Corona

Mengetahui Jenis Serta Harga Gigi Palsu Terbaru Dan Terlengkap 2020

Asuransi Pendidikan Untuk Anak, Ini manfaatnya

Post a comment for "Tips Aman Ambil Uang di ATM Saat Ada Pandemi Corona Agar Tak Terpapar"