Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terkuak! Inilah Alasan Kenapa Ruang ATM Selalu Pakai AC 24 Jam

Keberadaan mesin ATM memang memberikan manfaat yang luar biasa bagi setiap nasabah bank. Bagaimana tidak semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah lewat ATM. Maka tak heran jika setiap hari mesin ATM selalu ramai akan pengunjung ditambah lagi ruangan ATM yang berpendingin udara menjadikan nasabah semakin betah di sana. 

Setiap ruangan mesin ATM memang biasanya selalu terpasang AC, hal ini bukan semata-mata untuk memberikan rasa nyaman saja bagi nasabah saat bertransaksi, lebih dari itu ternyata pemasangan AC di ruangan ATM memiliki beberapa  alasan lainya. Apa sajakah itu? Berikut ulasanya!!




Supaya Nasabah Nyaman

Yang pertama tentu saja agar nasabah merasa nyaman saat bertransaksi. Dengan adanya pendingin udara menjadikan ruangan dalam gerai ATM menjadi sangat sejuk. Sehingga nasabah tidak merasa pengap atau kepanasan. Bayangkan saja, bagaimana gerahnya suhu dalam ruangan ATM apabila tidak terpasang AC di dalamnya. 


Agar Mesin ATM Awet dan Tidak Gampang Rusak

Seperti yang kita tahu, mesin ATM selalu menyala 24 jam nonstop. Tentu saja ini membuat perangkat  mesin akan cepat panas. Dengan pemasangan AC maka  suhu ruangan tetap bisa terjaga sehingga ATM tidak cepat mengalami kerusakan.

Unit ATM sendiri menggunakan komputer untuk menyambungkan data nasabah ke pusat data bank. Yang mana dalamnya  terdapat sistem mekanis penghitungan lembaran uang. Dengan adanya AC atau pendingin ruangan, kondensasi udara akibat perubahan temperatur jadi lebih terjaga.

Sejarah ATM

Siapa sangka, ternyata pada awal kemunculanya Mesin ATM sama sekali tidak diminati oleh masyarakat. Saat itu masyarakat sama sekali tidak tertarik dengan keberadaan mesin ATM, karena menurut mereka sangat susah mengoperasikanya.

Mesin ATM  pertama kali muncul pada tahun 1961 di Amerika Serikat. Kemudian diikuti Jepang (1966), Inggris (1967), dan Swedia (1968). Sementara di Indonesia, bank pertama yang menggunakannya adalah Bank Niaga pada 1987. Setelah Bank Niaga, Bank BCA menyusul menyediakan ATM yang lebih sempurna pada 1988. Hingga bank-bank lainya pun juga mulai mengikuti untuk menyediakan mesin ATM hingga sekarang ini. Dengan edukasi kepada nasabah secara terus-menerus, masyarakat pun mulai mengerti dan sangat terbantu dengan keberadaan ATM.

Post a comment for "Terkuak! Inilah Alasan Kenapa Ruang ATM Selalu Pakai AC 24 Jam"