Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ajaib !! 6 Tanaman Ini Bisa Mengusir Semut Dalam Rumah, Gak Percaya Silahkan Langsung DiCoba!

Semut, hewan mungil ini kerap kali kita jumpai di berbagai sudut dalam rumah. Keberadaan serangga jenis ini memang sering membuat rumah terkesan jorok. Sehingga kebanyakan orang akan langsung membasminya jika kedapatan bergerombol didalam rumah.

Salah satu cara yang kerap kali digunakan banyak orang untuk mengusir dan membasmi semut adalah dengan menyemprotkan insektisida yaitu sejenis cairan pembasmi serangga. Meskipun cara tersebut sangat efektif digunakan membasmi semut, namun penggunaan racun atau bahan kimia yang terdapat dalam cairan insektisida dan sejenisnya justru bisa membahayakan kita sebagai penghuni rumah lebihnya untuk jangka lama.

Nah, demi keamanan keluarga kenapa tidak mencoba cara lain yang lebih aman guna mengusir semut. Cara ini pun cukup simpel dan pastinya sangat aman, karena Anda hanya perlu menempatkan beberapa jenis tanaman yang beraroma kuat di tempat-tempat yang banyak semutnya.

Ya, meskipun semut tidak memiliki hidung tetapi binatang mungil ini memiliki indra penciuman yang tajam, yang dideteksi dari kedua antena di kepalanya. Ketika mereka merasakan aroma yang tidak disukai maka semutpun akan segera pergi. Lalu tanaman apa sajakah yang paling tidak disukai semut? Berikut diantaranya.

1. Lavender

Bunga lavender sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kemampuannya ini berasal dari aroma yang dikeluarkan olehnya. Aroma tersebut mengandung linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Namun ternyata bukan hanya nyamuk yang tidak suka dengan aroma bunga ini. Ternyata jenis serangga lain seperti halnya semut juga tidak menyukainya. Oleh karenanya jika mendapati dalam rumah banyak semutnya coba dech usir semut dengan menempatkan tanaman  ini di dalam rumah. 

Ada berbagai jenis Bunga Lavender yang bisa Anda pilih salah satunya. Namun, sebaiknya Anda memilih Lavender Perancis karena bunga jenis ini lebih mudah perawatanya apa lagi jika untuk diletakan di dalam rumah.

Baca : Dasyat, 7 Cara Alami Mengusir Cicak di Dalam Rumah

2. Mint

Sudah sejak dulu daun dari tanamam mint dikenal memiliki beragam manfaat. Selain manfaat dalam bidang kesehatan ternyata tanaman ini mempunyai manfaat lain yang jarang orang tahu. 

Ternyata daun ini juga bisa digunakan untuk mengusir serangga. Aroma kuat dari daun Mint sangat tidak disukai serangga seperti halnya semut. Ada beberapa jenis tanaman Mint yang bisa Anda pilih diantaranya peppermint, spearmint biasa, apple mint, chocolate mint atau juga pineapple mint. 

Banyak yang berfikir jika menanam tumbuhan ini sangat sulit apa lagi penempatanya di dalam rumah. Padahal sebenarnya sangatlah gampang. Yang perlu Anda perhatikan adalah saat hendak menanam mint dalam pot pastikan tanah yang digunakan telah benar-benar kering. Anda juga bisa menambahkan gambut atau perlit agar tanah semakin subur.

3. Rosemary

Tanaman Rosemary memang tidak memiliki aroma yang kuat seperti halnya Lavender atau Mint. Meskipun demikian tanaman jenis ini juga tidak di sukai serangga, sehingga Anda pun bisa memanfaatkanya  untuk mengusir semut dalam rumah. 

Namun tanaman jenis ini sedikit sulit ditanam di dalam ruangan, sebab Rosomery memerlukan sinar matahari yang cukup untuk bisa tumbuh dengan baik sehingga Anda harus nenempatkanya di tempat yang pas. Kelembapan tanah juga harus dijaga dengan baik. Tunggu sampai tanah dipermukaan pot benar-benar kering untuk menyiramnya.

4. Thyme atau timi

Kelebihan tanaman ini adalah dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan meskipun minim cahaya. Sehingga Anda dapat mudah menanamnya dalam pot untuk mengusir semut. 

Usahakan pot yang Anda pakai berbahan keramik dan tanpa glasir. Ini bertujuan agar air siraman cepat menguap sehingga tanah tidak terlalu basah. Agar Timi bisa tumbuh dengan baik perhatikan suhu udara dalam ruangan. 

Meskipun tanaman ini dapat bertahan tanpa sinar matahari langsung, namun jika suhu udara terlalu dingin tanaman ini tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Sehingga pastikan Anda menempatkanya di ruangan dengan suhu yang pas.

5. Marigold

Selain tampilanya yang begitu cantik dengan warna percikan orange nya. Bunga Marigold ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir gerombolan semut dalam rumah. Bunga yang berasal benua Amerika ini dapat Anda tanam di dalam pot.

Yang perlu diperhatikan adalah bunga ini harus ditanam pada pot yang memiliki sistem drainase yang baik. Untuk itu sebaiknya pada bagian bawah pot tambahkan kerikil dan tutup dengan pasir atau tanah agar air dapat mengalir dengan mudah. 

Marigold membutuhkan suhu hangat dan banyak sinar matahari agar tetap sehat. Sehingga pastikan bunga ini mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

6. Bawang putih

Bawang putih memang memiliki aroma khas yang begitu menyengat. Tak heran jika berbagai serangga sangat tidak menyukai tanaman ini. 

Namun, sangatlah tidak mungkin menanam bawang putih dalam rumah sebab tampilanya yang kurang menarik. Sebagai gantinya Anda cukup mengambil beberapa siung bawang putih dan tempatkan di area yang menjadi sarang semut. 

Nah, demikian tadi 6 tanaman pengusir semut dalan rumah, semoga bisa bermanfaat untuk Anda Semua. Bagi Anda yang geli dengan kecoa, sekarang ada lo aplikasi di Android yang bisa digunakan untuk mengusir kecoa, penasaran kan! 

Langsung Saja Baca Artikelnya : Sudah Tahu Belum, Cara Mengusir Kecoa Dengan Aplikasi Android

Post a comment for "Ajaib !! 6 Tanaman Ini Bisa Mengusir Semut Dalam Rumah, Gak Percaya Silahkan Langsung DiCoba!"