Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Keburu Dibuang !! Air Rebusan Telur Bisa Menyuburkan Tanaman Lho, Begini Caranya!

Siapa diantara kalian yang suka dengan telur rebus? Telur yang dimasak dengan cara direbus memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Tapi yang akan dibahas kali ini bukan telur rebusnya melainkan air rebusanya.  

Pasti kalian yang suka merebus telur airnya langsung di buang kan? Eits setelah baca artikel ini jangan keburu-buru membuang air rebusan telur karena air tersebut memiliki manfaat yang tak terduga kususnya buat tanaman. Kalian yang kebetulan suka menanam tanaman hias coba dech untuk menyiramnya dengan sisa air rebusan telur dan lihat bagaimana hasilnya. 

Kulit atau cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Ketika telur terkena air panas maka kalsium dalam cangkang telur akan larut dalam air rebusan. 

Nah, dari pada di buang kan sayang, maka kalian bisa menyiramkanya di tanaman kesayangan. Siramakan air sisa rebusan tersebut saat telah benar benar dingin. Jangan menyiramkanya saat air masih panas sebab tumbuhan tidak tahan dengan air panas dan malah bisa membuat mati. Untuk hasil yang lebih baik kalian juga bisa menggiling cangkang telur kemudian menaburkanya ke tanaman.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, air sisa rebusan telur mengandung berbagai unsur zat, salah satunya adalah kalsium. Keberadaan kalsium sangat dibutuhkan tanaman sebagai penyusun dinding sel tanaman, pengatur sintesis protein, merangsang titik tumbuh pucuk baru daun dan akar, serta menghambat penuaan sel.

Adapun tanaman yang kekurangan kalsium memungkinkanya lebih rentan terserang jamur dan bakteri patogen. 

Cara Memanfaatkan Air Rebusan Telur

  • Yang perlu Anda persiapkan pertama kali tentu saja telurnya. Anggap saja Anda sedang mau memasak Bali Telur,  otomatis Anda akan merebus telur terlebih dahulu.
  • Setelah Telur Matang, ambil semua telur tersebut dan biarkan air rebusanya dingin dengan sendirinya.
  • Tumbuk halus cangkang telur yang sudah dikupas atau anda bisa memblendernya kemudian campurkan ke air sisa rebusan tadi.
  • Nah, baru kemudian siramkan ke tanaman kesayangan yang ada dirumah. 

Bagaimana mudah bukan caranya, ibarat peribahasa "Sambil Menyelam Minum Air" Anda masak telur dan airnya untuk menyuburkan tanah tanaman kesayangan. Semoga artikel ini bermanfaat ya@! Salam Jabat Erat.


Post a comment for "Jangan Keburu Dibuang !! Air Rebusan Telur Bisa Menyuburkan Tanaman Lho, Begini Caranya!"