Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nasabah Jarang Yang Tahu, Fungsi Tombol Merah, Hijau, dan Kuning Pada Mesin ATM

Setiap nasabah  bank pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mesin ATM. Sebuah mesin pintar yang dapat melayani berbagai transaksi perbankan nasabah. 

Meskipun mesin ini sering kali digunakan namun ternyata masih ada nasabah yang tidak tahu fungsi sebenarnya dari tombol-tombol yang ada pada mesin tersebut, kususnya tombol pada keyboard yang memiliki warna merah, kuning, dan hijau. 

Di setiap mesin ATM dari bank apapun pasti selalu ada tiga tombol tersebut. Sebenarnya apa si fungsi dari tiga tombol tersebut? Berikut ini penjelasanya secara lengkap untuk Anda.


Fungsi Tombol Merah, Hijau, dan Kuning, Pada Mesin ATM

Tombol Merah

Jika Anda melihat ke bagian keyboard mesin ATM tombol ini pasti akan sangat jelas terlihat karena memang warnanya yang sangat mencolok. Lalu sebenarnya apa si fungsi utama dari tombol ini?

Dalam mesin ATM tombol ini biasanya diberi nama "Cancel" yang berarti membatalkan. Ya benar sekali, sesuai dengan namanya tombol ini berfungsi untuk membatalkan transaksi sekaligus untuk mengeluarkan kartu ATM. 

Misalnya saat itu Anda hendak mentransfer uang ke rekening lain namun Anda lupa dengan nomor rekening tujuan. Padahal saat itu Anda sudah masuk pada menu transfer, untuk membatalkan transaksi dengan cepat dan mengeluarkan kartu ATM langsung saja tekan tombol merah (cancel) yang ada pada bagian keyboard mesin ATM.

Tombol Kuning

Tombol kuning pada keyboard ATM biasanya di beri nama "correction" namun ada juga yang di labeli dengan "clear". Fungsi dari tombol ini adalah untuk menghapus angka ketika Anda salah PIN, salah pengetikan nomor rekening transfer, ataupun juga salah dalam memasukan nominal angka penarikan dan sebagainya. 

Tombol Hijau

Pada mesin ATM biasanya tombol ini dilabeli dengan "Accept /Enter". Fungsinya adalah untuk menyetujui setiap angka yang telah anda ketikan misalnya, PIN, nomor rekening, dan atau nominal yang telah dimasukkan. Namun untuk kegunaan transaksi nasabah, tombol ini jarang sekali digunakan karena peran tombol ini sudah tergantikan dengan tombol yang berada di samping layar monitor ATM.

Tombol hijau tersebut juga biasa disebut dengan SoftKey saat Anda ingin bertransaksi namun tidak menggunakan kartu ATM.

Baca : Mau Tarik Tunai di ATM BRI Tapi Tidak Bawa Kartu, Bisa Kok ! Begini Caranya

Nah, itu tadi penjelasan tentang kegunaan atau fungsi tombol merah, hijau, dan kuning pada ATM. Selain ketiga tombol tersebut masih ada satu tombol lagi yang mungkin jadi tanda tanya buat para nasabah bank yaitu tombol berwarna silver. Untuk tombol silver ini pada sebagian mesin ATM tidak diberi nama, namun afa juga yang di labeli dengan "Help" tombol ini hanya di gunakan oleh teknisi mesin ATM atau pihak Bank untuk keperluan perbaikan atau pemrogaman mesin ATM.

Mungkin itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tombol merah, hijsu, dan kuning  yang ada di mesin ATM. Baik itu mesin ATM BRI, BCA, BNI Mandiri, maupun mesin ATM Lainnya.


Post a Comment for "Nasabah Jarang Yang Tahu, Fungsi Tombol Merah, Hijau, dan Kuning Pada Mesin ATM"