Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nasabah Mandiri Wajib Baca! Segera Ganti Kartu ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe Jika Tidak Maka Akan Diblokir

Apakah Anda nasabah dari Bank Mandiri? Jika iya maka segera cek kartu ATM Anda, apakah masih menggunakan Kartu ATM lama dengan tegnologi magnetic strip ataukah sudah berupa Debit Chip.



Pasalnya, Bank Mandiri akan segera melakukan pemblokiran untuk kartu ATM lama yang masih berteknologi Magnetic Stripe. Itu artinya Anda tidak bisa menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi. Untuk itulah segera lakukan pergantian kartu ATM Anda di kantor cabang Mandiri terdekat sebelum batas waktu yang ditentukan. 

Pergantian ATM berbasis magnetic strip ke tegnologi Chip ini memang sudah di sosialisasikan jauh hari dari tahun kemarin. Namun demikian banyak nasabah yang belum mengetahuinya. Tujuanya pergantian tersebut adalah guna memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi terkait data dalam kartu ATM, hal ini sehubungan dengan maraknya kasus pembobolan kartu ATM dengan modus Skimming.


Baca : Waspadai Modus Membobol Kartu ATM Dengan Cara "Skimming" Agar tak Jadi Korban


Dikutip dari laman bankmandiri.co.id, sesuai arahan dari Bank Indonesia proses cleansing/blokir dilakukan Bank Mandiri secara bertahap sesuai kriteria expiry date atau batas masa aktif kartu dan dibagi menjadi 3 tahapan yaitu

  • Tahap pertama, kartu ATM dengan expiry date 2021-2022 bakal diblokir pada 1 April 2021. 
  • Tahap kedua yakni kartu ATM dengan expiry date 2023-2025 dijadwalkan pemblokiran pada 1 Juni 2021. 
  • Tahap ketiga kartu ATM dengan expiry date 2026-2030 akan diblokir pada 1 Juli 2021. 

Pergantian ini wajib dilakukan oleh seluruh nasabah mandiri yang masih menggunakan jenis Mandiri Debit Magnetic Stripe, kecuali bagi pemegang kartu bansos dan tani. 

Bagaimana Jika Tidak Melakukan Pergantian Kartu ATM?

Jika tidak segera melakukan pergantian dan melewati tanggal jatuh tempo blokir yang telah ditetapkan maka Kartu ATM akan terblokir secara otomatis oleh sistim bank. Dan nasabah akan mendapatkan pemberitahuan lewat SMS, Wast up ataupun juga lewat email yang terdaftar di layanan Bank Mandiri.

Namun sebelum tanggal jatuh tempo tersebut nasabah masih bisa menggunakan kartu ATM seperti biasanya. 

Cara menggunakan kartu ATM berbasis Chip ini sama saja dengan kartu ATM sebelumnya, yang membedakan adalah tingkat pengamananya saja. Nah, segera cek kartu ATM Mandiri Anda dan jika mendapati kartu ATM masih bertegnologi magnetic strip segera lakukan pergantian di kantor cabang Mandiri teedekat. Pergantian ini gratis tidak dikenakan biaya apapun.


Post a Comment for "Nasabah Mandiri Wajib Baca! Segera Ganti Kartu ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe Jika Tidak Maka Akan Diblokir"