Wahana Permainan Di Posyandu Untuk Menarik Minat Anak-Anak
Wahana Permainan Di Posyandu Untuk Menarik Minat Anak-Anak

Wahana Permainan Di Posyandu Untuk Menarik Minat Anak-Anak


Program PNPM mandiri generasi yang dimulai sejak masa pemerintahan Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono membawa dampak positif bagi anak - anak dan balita. Hal tersebut juga turut dirasakan oleh anak - anak dan balita di kecamatan Gandusari Trenggalek.

Posyandu di salah satu dah warga

Salah satu pencapaian yang di dapat dari adanya program PNPM mandiri generasi adalah semakin majunya POSYANDU yang ada di wilayah tersebut. Posyandu RT 21 adalah salah satu contohnya.

Anak anak tidak takut lagi di posyandu

Dengan jumlah balita 60 setidaknya setiap tanggal 8  para ibu rajin mengantarkan balitanya datang ke POSYANDU. Hal tersebut tidak lepas dari peran serta kader yang aktif memberi undangan  setiap tanggal POSYANDU tiba.

Wahana permainan mandi bola untuk menarik minat anak anak

Sebagai penggiat  agar para ibu rajin membawa anaknya rajin ke POSYANDU PNPM mandiri generasi memberikan berbagai mainan seperti kuda - kudaan, mandi bola, serta ayunan. Tak terkecuali sebagai penunjang makanan bergizi juga di sediakan seperti roti, telur, susu dan buah.

Sehingga benar saja setiap tanggal 8 tiba para ibu termasuk balita sangat antusias datang ke POSYANDU. Bahkan dengan adanya berbagai macam permainan para balita enggan untuk di ajak pulang karena mereka begitu menikmati berbagai permainan yang disediakan.


Asyiknya datang ke posyandu

Hal tersebut tentunya bisa dijadikan contoh bagi POSYANDU di tempat lain. Karena pengalaman saya sendiri dulu waktu belum tinggal di daerah ini. Saya sangat malas datang ke POSYANDU terlebih jika imunisasi lengkap sudah habis mengingat anak - anak biasanya takut ditimbang dan takut melihat petugas.

Mungkin apa yang saya rasakan dulu  juga di rasakan para ibu yang ada di tempat lain. Nyatanya sampai saat ini tingkat kesadaran membawa para balita ke POSYANDU sangat rendah. Mungkin jikapun datang hanya bila ada imunisasi seperti PIN ituupun setelah jauh - jauh hari dihimbau datang oleh para kader.

Ayunan disediakan agar anak anak tertarik


Melihat berbagai fakta yang ada dilapangan mungkin daerah lain dapat meniru keberhasilan POSYANDU di kecamatan Gandusari Trenggalek. Dengan memberikan pancingan berupa mainan dan juga makanan tambahan maka POSYANDU tersebut sukses mengajak para ibu untuk datang menimbangkan balitanya. Mengingat pentingnya POSYANDU bagi balita yang masih rentan sehingga tumbuh kembangnya harus di pantau setiap bulan.Serta berbagai vaksin yang di berikan di POSYANDU akan memberikan dampak yang lebih baik bagi kesehatan balita kita di masa yang akan datang.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar