10 Tanaman Berkekuatan Ajaib Yang Diantaranya Bisa Balas Dendam
10 Tanaman Berkekuatan Ajaib Yang Diantaranya Bisa Balas Dendam

10 Tanaman Berkekuatan Ajaib Yang Diantaranya Bisa Balas Dendam

Advertisement
Seringkali kita mengganggap jika tanaman merupakan mahluk Tuhan yang paling " pasrah". Mau diapakan juga mereka tidak akan menolak. Paling - paling yang bikin kita takut saat ada angin besar trus nimpa kita deh. Selebihnya pastinya nggak ada yang bisa dilakukan oleh tanaman.

Namun tunggu dulu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Luther Burbank dengan sebuah poligraf menunjukkan bagaimana lempengan elektroda yang ditempelkan langsung pada tanaman menunjukkan reaksi ajaib yaitu ketika Luther memuji tanaman tersebut jarum bergerak perlahan - lahan namun ketika keesokan harinya ia memaki - maki tanaman tersebut jarum poligraf bergerak sangat cepat.

Di tahun 1970 para peneliti tumbuhan dari Temple Buell College di Danveer juga melakukan serangkaian uji coba yang membuat kita takjub. Mereka mengambil tiga bunga dengan kondisi baik, yang selanjutnya dimasukkan dalam kaca. Hanya bedanya setiap bunga diperdengarkan musik yang berbeda. Bunga pertama tidak diperdengarkan suara musik. Bunga kedua diperdengarkan musik rock dan bunyi bising, lalu bunga ketiga diperdengarkan musik klasik yang lembut. Tahu apa yang terjadi 2,5 minggu kemudian? Sungguh aneh tapi nyata. Bunga pertama dapat hidup normal, bunga kedua rontok, sedangkan bunga ketiga tumbuh dengan subur melebihi bunga pertama. Karena itu dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya tanaman pun bisa memiliki perasaan seperti mahluk hidup lainnya. Sebagai contohnya nih saya tunjukkan 10 kemampuan ajaib dari tanaman.

1. Pohon Eucalyptus Dengan Bom Napalm

Tanaman kaya minyak ini memiliki cara unik dalam mempertahankan dirinya. Di tahun 1991 saat hama menyerang tanaman eukalyptus di California pohon  ini membakasnya dengan meledakkan diri secara bersamaan. Akibatnya 3000 rumah di kawasan tersebut hangus terbakar. Namun yang aneh dari kejadian tersebut pohon ini masih utuh dan bisa hidup kembali. Hal tersebut ditengarai karena batang dari eukalyptus terlindungi oleh kulit tebalnya.

2. Buah Ara Menjatuhkan Diri

Sebuah penelitian dilakukan pada buah ara dengan membawa lebah yang tidak membawa serbuk sari. Setelah makan dan meninggalkan telur sang lebah dengan santai meninggalkan  buah ara. Mau tahu apa yang terjadi? Buah arapun tak mau rugi. Secara kompak buah ara yang belum masak menjatuhkan diri bersama telur  lebah yang  dititipkannya. Simbiosis mutualisme atau pola interaksi yang saling menguntungkan sangat dibutuhkan oleh buah ara. Karena itu penyerbukan dari lebah sangat diperlukan agar buah ara dapat bereproduksi.

3. Buah Murbei Mampu Menghalau Serangga Dengan Semprotan

Menjadi buah yang banyak khasiatnya untuk kesehatan murbei dikenal punya senjata ampuh untuk mengusir serangga yang mau menghabisinya. Saat tanaman ini terancam  ia akan menyemprotkan serbuk sarinya dengan kecepatan hampir 550 km/jam. Dengan hentakan yang sangat kuat tersebut dipastikan serangga sempoyongan sampai pingsan. Dan sudah dipastikan para pengganggu  tersebut bakalan ngaciir.

4. Pohon Pillow Yang Aktif Bekerja Sama

Sudah tidak diragukan lagi bagaimana rakusnya ulat terhadap daun. Nggak peduli daun apa saja pasti ia makan, karena itu kenapa semboya ulat " hidup untuk makan". Namun hal tersebut akan membuat ulat berfikir ulang untuk mengkonsumsi tanaman yang satu ini. Ya pohon Pillow, kemampuannya dalam bekerja sama mengusir ulat tak dapat diragukan lagi. Saat tumbuhan ini merasa terancam maka ia akan melepaskan zat feromon ke udara, sinyal ini kemudian ditangkap oleh pohon Pillow di sekitarnya, dan akibatnya secara bersamaan mereka akan mengeluarkan zat feromon. Hal ini tentu saja tidak di sukai ulat, karena mereka jadi sulit mencerna makanan efeknyapun kematian pada ulat dan selebihnya jika mau selamat pergi sejauh mungkin dari pohon ini.

5. Jewel Weed Tanaman yang Hanya Mau Berbagi Dengan Spesiesnya

Jika ada tanaman yang suka pilih - pilih teman itulah Jewel Weed. Sebuah fakta menyebutkan bagaimana tanaman ini rakus terhadap nutrisi jika ia disandingkan tanaman lain dalam satu pot. Akibatnya tanaman lain tersebut perlahan - lahan mati karena tidak punya nutrisi. Namun hal yang berbeda saat Jewel Weed sisandingkan dengan sesamanya, ia dengan ikhlas hati membagi nutrisi sehingga mereka akan sama - sama hidup subur.

6. Tomat, Tembakau, Anggrek Kompak Usir Pengganggu Dengan Memanggil Lebah

Jika ada tanaman yang bisa mendatangkan bala bantuan, ya merekalah jawabannya. Saat kehidupan tanaman ini terancam oleh predator seperti ulat, serangga dan sejenisnya maka tanpa segan akan mengeluarkan zat kimia yang akan menarik lebah datang padanya. Akibatnya segala predator tersebut akan lari tunggang - langgang begitu lebah mulai berdatangan.

7. Mentimun Jawa ( Penerbang Sejati )

Tanaman ini menjadi inspirasi pembuatan pesawat oleh Igo Etrich asal Austria. Kemampuan tanaman ini dalam menerbangkan benih membuat kita berdecak kagum. Bayangkan saja ia mampu menerbangkan diri sejauh 100 m  tanpa angin. Nah bisa dibayangkan jika ada angin berapa Km ia mampu terbang?

8. Dodder Anggur Hutan Yang Berburu Makananya Sendiri

Memang sih jika dilihat dari ciri - cirinya tanaman ini tak ubahnya seperti banalu, karena memang ia tak dapat hidup tanpa menempel di tanaman lain, karena ia tak memiliki akar maupun daun, bisa dibayangkan bahkan ia tak mampu berfotosintesis. Karena itulah kenapa hidupnya selalu numpang. Sebuah penelitian menunjukkan bagaimana cara hidup tanaman ini. Ia mampu mencium bau tanaman lain yang spesifik lalu tumbuh ke arah mereka. Selain itu tanaman ini juga perasa banget, karena ia mampu membedakan mana tuan rumah yang baik dan buruk untuk dijadikan tempat berlindung. Selanjutnya jika ia sudah merasa aman maka ia akan merayap si batang korban dan melekat erat dengan melilit sambil menekan duri khusus sampai menembus kulit batang untuk mendapatkan makanan.

9. Kantong Semar Penjebak Musuh

Mungkin trik tanaman ini sama seperti bunga bangkai yang mwnjebak korbannya untuk datang mendekat. Bedanya hanya pada aroma yang ditimbulkan, karena kantong semar justru menggunakan harum dari kantongnya untuk menarik perhatian dari serangga. Selanjutnya tanaman ini akan membiarkan serangga maauk ke dalam kantongnya yang selanjutnya terjebak dan mati baru kemudian diambil nutrisinya.

10. Bunga Embun Matahari Dengan Kelenjar Tentakel Yang Manis

Memang sesuatu yang manis - manis bisa bikin siapaun tergoda. Tak terkecuali serangga sekalipun, faktanya kelenjar tentakel dwngan cairan lengket dan manis mampu menjebak serangga untuk mendekat. Dengan kepandaiannya tanaman ini akan menarik serangga datang kepadanya dan menjebaknya dengan tentakel.  Setelah terperangkap maka tentakel ini pulalah yang akan mwngambil nurtisi dari serangga buruannya.

Baca Lainya : 10 Suku Terasing di Dunia Yang Menutup Diri Dari Dunia Luar

Advertisement

Baca juga:

Loading...

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar