Skip to main content

follow us

Ketahui Biaya Kuliah S2 Pascasarjana ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya 2019/2020

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pastinya kalian sudah sering kali mendengar nama perguruan tinggi tersebut bukan. Berada di kota Pahlawan Surabaya, ITS merupakan salah satu perguruan tinggi sains dan teknologi terbaik se Indonesia. Bahkan secara umum, ITS menduduki peringkat ke-5 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan peringkat pertama perguruan tinggi paling inovatif di Indonesia. Hal itu bukanlah merupakan isapan jempol belaka karena peringkat tersebut diambil berdasarkan pemeringkatan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, pada 2017 kemarin.

Institut Sepuluh November Surabaya selain menawarkan jenjang pendidikan sarjana (S1), perguruan tinggi ini juga menerima jenjang pendidikan Pascasarjana, yaitu Magister serta Doktor. Dimana Pendidikan pascasarjana ITS dibagi menjadi dua progam, yaitu Reguler dan Kerjasama Industri. Berikut ini daftar progam dari keduanya

Progam studi Reguler meliputi:
Fisika, Matematika, Statistika, Kimia, Biologi, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Teknologi Kelautan, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi.

Daftar Program Studi Kerjasama Industri :
program studi MMT, Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.

Nah, pertanyaan yang sering muncul di benak calon mahasiswa baru adalah berapa sih biaya kuliah S2 di Institut Teknologi Sepuluh November(ITS). Menjawab pertanyaan tersebut di bawah ini akan kami berikan gambaranya.

Biaya Kuliah  di Kampus ITS


  • Untuk jenjang pendidikan S2 di kampus ITS calon mahasiswa dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp.500.000 (berlaku juga untuk pendaftarsn S3 atau Doctor).
  • Biaya IPITS (Informasi dan Pengenalan ITS) sebesar Rp1.250.000. (Sesuai namanya, IPITS adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh ITS untuk mengetahui lebih dalam mengenai kampus ITS. Dalam kegiatan ini akan ada banyak hal yang dibahas diantaranya adalah mengenai jumlah mata kuliah yang diambil mhs, organisasi&UKM yg ada di ITS, dll.  IPITS biasanya diselenggarakan selama dua hari secara berturut-turut dan biasanya dilangsungkan di Auditorium ITS).
  • Biaya Kuliah Penyegaran sebesar Rp3.000.000/ materi (maksimal tiga materi) dan Rp400.000 untuk bahasa Inggris. Kuliah penyegaran ini dilakukan sekitar satu bulan.
  • SPP Program Matrikulasi dengan besaran sesuai program studi yang bersangkutan.
  • SPP untuk Program Magister sebesar Rp10.000.000/semester.
  • Biaya kuliah Kelas Profesional Rp15.000.000 /semester.
  • Biaya kuliah Kelas Eksekutif Rp17.500.000/semester.

Bagaimana anda tertarik untuk mengikuti progam pendidikan S2 di kampus ITS. Jika iya di bawah ini adalah gambaran beberapa persyaratanya. Untuk informasi selengkapnya anda bisa menghubungi nomor telepon (031) 5992526 atau email di alamat ppsits@its.ac.id.

Syarat Pendaftaran Mahasiswa magister Institut Teknologi Sepuluh November


  • Terbuka untuk lulusan sarjana Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi minimal B.
  • Memiliki IP minimal 2,75 untuk skala 4. Mendapat rekomendasi dari mantan pembimbing akademik program sarjana.
  • Menyerahkan hasil Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris dari Institusi yang diakui ITS.
  • Mengisi formulir pendaftaran beserta lampiran dengan lengkap dan jelas. Mengumpulkan foto terbaru, ukuran 4x6 (hitam putih/warna) sebanyak 2 lembar (ditempel di formulir pendaftaran).
  • Membayar biaya pendaftaran ujian masuk Rp 500.000 (S2) dan Rp 500.000 (S3) pendaftaran secara langsung di Teller seluruh Bank BNI, dengan menyebutkan di hadapan teller tentang pembayaran biaya pendaftaran Program Pascasarjana ITS.
  • Foto cooy formulir dan lampiran yang sudah diisi lengkap sebanyak 1 (satu) kali. F
  • Formulir asli beserta fotokopinya dikirimkan melalui pos/disampaikan sendiri ke Kampus ITS Sukolilo. Formulir pendaftaran yang tidak lengkap tidak akan diproses.

Setelah semua persyaratan terpenuhi lengkap anda bisa langsung mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru. Perlu diketahui terdapat dua periode untuk pendaftaran mahasiswa baru Program S2 ITS TA 2019/2020  yaitu untuk semester genap dan juga semester ganjil. Untuk pendaftaran semester genap dibuka pada bulan Oktober sedangkan semester ganjil di buka pada bulan Maret. Salam!!

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar