4 Alasan Kenapa Harus Berhenti Jadi Karyawan dan Mulai Berwirausaha

watch_later Saturday, 20 August 2016
comment 4 Comments

Hampir dipastikan setiap manusia yang lahir di dunia ini akan menghabiskan sepertiga umurnya atau bahkan bisa lebih untuk bekerja. Entah itu bekerja untuk orang lain(karyawan/karyawati) ataupun bekerja untuk dirinya sendiri(berwirausaha).Kita tahu meskipun banyak sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah agar setiap warga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, namun nyatanya banyak masyarakat yang lebih memilih menjadi seorang karyawan/karyawati dari pada memulai memikirkan untuk membuka usaha sendiri. Alasanyanya pun beragam ada yang gak punya modal, ada yang berfikir takut jika gagal, serta banyak hal lainya. Padahal kebanyakan dari mereka belum pernah mencoba untuk memulai mendirikan usaha, namun sudah mensugesti diri mereka sendiri dengan bayang bayang kegagalan. Padahal dengan kita menjadi seorang pengusaha, kita tidak akan lagi terikat oleh jam kantor/perusahaan. Kita tidak akan disibukan dengan rutinitas yang hampir sama tiap hari, yaitu bangun pagi, pulang malam, tidur, kemudian pagi lagi. ''capexx deeeechh''. Kita bebas menentukan jam kerja sendiri, dan yang lebih hebat lagi kita bisa mewujutkan semua ambisi kita dengan mengerahkan semua kemampuan yang kita miliki.

Berikut 4 alasan kenapa harus segera berhenti jadi karyawan dan memulai merintis usaha sendiri :

1. Bebas Menentukan Besarnya Gaji Untuk Diri Sendiri


Setiap karyawan gaji mereka  ditentukan oleh kebijakan dari perusahaan, hampir pasti gaji para karyawan tiap bulan sebesar kebijakan tersebut. Lain halnya jika kita mempunyai usaha sendiri, gaji tidak ada batasan yang pasti, kadang banyak dan kadang juga banyak banget. Tergantung dari kita, mau menyisihkan berapa dari keuntungan yang di dapat.

2. Tidak Terikat Waktu Jam Kerja


Yang namanya karyawan sudah pasti menjalani rutinitas yang sama, masuk dan pulang kerja sesuai dengan ketentuan perusahaan. Masuk pagi dan pulang sore hari. Sungguh rutinitas yang sangat membosankan. Namun akan lain ceritanya jika anda adalah seorang wirausahawan. Anda mulai jam barapapun tidak ada masalah, anda tidak akan pernah kena surat peringatan, karena anda adalah BOZZ nya.

3. Memiliki Banyak Waktu Untuk Keluarga


Bagi seorang yang sudah memiliki keluarga tentu berkumpul dengan anggota keluarga adalah suatu kebahagiaan yang tidak ternilai. Inilah keuntungan dari berwirausaha. Anda akan memiliki banyak waktu untuk keluarga. Terlebih jika sudah mempunyai anak buah, berapapun lamanya anda menghabiskan waktu untuk keluarga tidak ada pengaruhnya untuk usaha anda karena usaha masih terus dijalankan oleh anak buah anda. Namun jika anda adalah seorang karyawan berkumpul dengan keluarga seolah dibatasi oleh perusahaan, terlebih jika terkena wajib lembur hingga larut malam. Pulang kerja anak-isteri sudah terlelap. Jadi kapan waktu untuk keluarga?

4. Memiliki Masa Depan Yang Lebih Menjanjikan


Berwirausaha tentunya lebih memiliki masa depan yang lebih menjanjikan, Kenapa ? Seiring berjalanya waktu jika anda mengelola usaha dengan baik, benar dan disiplin maka lama kelamaan usaha tersebut bisa berkembang menjadi besar. Bahkan sangat mungkin sekali usaha anda akan menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. Ketika usia anda sudah cukup berumur anda tinggal menikmati hasil jerih payah selama ini. Namun lain hal karyawan, ketika karyawan sudah masuk dalam usia tidak produktif lagi, tentunya perusahaan akan memikirkan untuk memutuskan hubungan kerja. Meskipun karyawan diberikan uang saku oleh perusahaan, namun apakah selamanya uang tersebut mampu mencukupi kebutuhan anda. Tentuya kalau anda bergantung dengan uang tersebut lama kelamaan akan habis. Akan telat sekali jika anda baru memikirkan usaha pada saat itu. Ketika orang lain sudah sukses dan menikmati hari tuanya dengan enjoy dan sudah menjadi big bozz, anda masih harus berfikir keras untuk menciptakan peluang usaha. Sungguh sangat terlambat sekali.

Baca Juga : Meraup Untung Milyaran Dalam Sekejap Mata Dari Bisnis Trading Forex

Jadi mengapa harus menunggu lebih lama lagi? Ubah paradigma anda!! Mulailah untuk berwirausaha dari sekarang. Berwira usaha disini anda tidak harus keluar dari perusahaan anda bekerja. Karena saya juga tahu bahwa keluarga juga butuh untuk makan. Jadi buatlah usaha sampingan terlebih dahulu, gunakan waktu luang anda untuk memajukan usaha tersebut, jika usaha anda tersebut sudah menghasilkan 3x lipat dari gaji di perusahaan anda bekerja. Maka pikirkan untuk hanya fokus pada usaha anda.

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

avatar

Tapi kan gan sebelum berwirausaha kita harus mempunyai modal dulu . . . .

Delete 8 May 2016 at 07:31
avatar

Kalau jadi karyawan pasti ada tekanan tapi kalau berwirausaha ga ada tekanan. Karena berapapun pendapatan pasti diterima karena hal itu termasuk dalam perjuangan dalam usaha.

Saya sih saat ini jadi guru tapi sampingannya usaha online jualan buku. Alhamdulillah dari bulan ke bulan ada pendapatan.

Semoga aja bisa menginspirasi yang lain.

Dibiasakan setiap tanda titik dan koma diberi spasi. Biar enak kebacanya juga.

Delete 8 May 2016 at 09:19
avatar

Sukses untuk usahanya mas.trimksh suaranya..

Delete 8 May 2016 at 10:32
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.