Cara Mudah mengajar anak membaca

watch_later Thursday, 12 May 2016
comment 2 Comments


Mengajari anak membaca memang susah- susah gampang hal ini seperti yang saya alami dulu.Anak saya mulai masuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di usia 3 tahun 2 bulan( itupun PAUD gratisan ).Dari PAUD ini saya mulai berkenalan dengan metode membaca Quantum Learning .Awalnya bingung juga apa itu Quantum Learning bagaimana penerapan metode ini terhadap proses membaca anak( waktu itu hanya penjelasan karena bukunya belum ada ).Jujur selama ini saya hanya tahu metode ejrah kata misalnya B   A= BA     B   U = BU namun begitu buku ini hadir di hadapan saya dan saya ajarkan pada anak saya ternyata buku ini sangat mudah untuk di mengerti anak.


 Buku ini terdiri atas 3 jilid

1.Jilid pertama
Anak di ajari untuk mengenal konsonan yang dirangkai satu vokal dengan pola suku kata KV .Pengenalan dilakukan dengan cara mencantolkan suku kata dengan sebuah gambar yang suku kata sebutannya sesuai dengan suku kata yang akan di ajarkan kepafa anak.Untuk mempermudah sebelum di perkenalkan suku kata.Anak dikenalkan dengan gambar .Sebagai contoh perlihatkan gambar baju,badak,banteng.Jika anak sudah mengerti  suruh anak menebak.Ini gambar apa nak( sambil menunjuk gambar baju) jika jawaban  anak benar berarti dia telah mengerti dari sini kita bisa menyambungkan dengan huruf " jadi ingat baju ingat BA.Misal untuk huruf yang lain seperti CA DA GA dan lainya caranya pun juga sama.

2.Jilid   kedua
Pada jilid ini anak di ajak untuk mengaitkan dengan vokal I dan U.Misal jika jilid pertama  anak hanya tau BA CA DA  di jilid ini pengenalan kata BI ,BU dan seterusnya .Setiap kita menunjuk huruf BI dan BU anak kita ingatkan pada jilid 1 yaitu jika ini BA maka BA punya teman BI dan BU. Selain itu di jilid ini juga diajarkan cara mematikan huruf.Misal MA + N dibaca MAN demikian dengan akhiran AN misalnya kata SANTAN.Yaitu dengan cara SAN+ TAN dibaca SANTAN.

3. Jilid  Ketiga
Yaitu dengan:
  1.  Pengajaran kata yang suku awalnya VK( vokal konsonan) misal tulisan  AL jika di balik dibaca LA.UN jika dibalik dibaca NU.
  2.  Mengajarkan konsonan NG( eng ) yaitu jika NG + A maka dibaca NGA.Demikian dengan konsonan( ny ) yaitu jika " NY" + A maka dibaca NYA.
  3.   Pengenakan kata AI OU dan OI yaitu dengan membaca cepat tanpa di putus misal ( M....AI = MAI ) untuk kata ramai.
  4.   Untuk mengajarjan kata TRA yaitu dengan (  T + RA maka dibaca TRA ).
Buku ayo membaca yang ditulis oleh Drs.Ali Mustofa ini sangat membantu sekali dalam mengajari anak saya dalam kelancaran membaca.Karena hanya dalam waktu 1 tahun anak saya sudah lancar membaca.Apa yang saya dapat dari  buku Ayo Membaca ini juga bermanfaat bagi anda semua.
Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.