10 Tips Mengatasi Mata Lelah Karena Kelamaan Menghadap Layar Laptop

watch_later Thursday, 2 June 2016
Menatap layar monitor komputer atau laptop satu sampai dua jam saja sudah membuat mata saya sakit,hal ini kemungkinan besar juga pernah dialami oleh banyak orang.Namun karena tugas yang menumpuk serta di kejar deadline kebanyakan mereka sering melupakan kesehatan matanya dan baru menyadari setelah mata terasa perih,tegang dan capek.Gangguan pada mata tersebut bila kita biarkan tentunya akan sangat mempengaruhi kesehatan mata di masa yang akan datang.Karena itu bagi anda yang selalu aktif berada di depan layar monitor laptop atau komputer tidak ada salahnya mencoba 10 tips mengatasi mata lelah karena kelamaan menatap layar komputer

    1. Beri aksesoris tambahan berupa layar khusus pada laptop anda penggunaaan akesoris ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata anda dan yang lebih penting meminimalkan efek radiasi yang di timbulkan dari layar komputer atau laptop yang dapat merusak kesehatan mata.Jadi penggunaan aksesoris ini saya rasa sangat membantu bagi anda yang yang selalu berhadapan dengan komputer atau laptop sepanjang hari.
    2. Setelah beberapa jam aktif memandang layar monitor usahakan santai sejenak dengan berdiri untuk melihat sekitar.Atau yang lebih baik lagi memandang pepohonan hijau agar mata kembali fres sehingga kita siap untuk bekerja lagi.
    3. Pengaturan pencahayaan pada layar monitor juga sangat mempengaruhi terhadap mata kita.Pencahayaan yang terlalu terang membuat mata cepat lelah dan terasa pusing.Karena itu usahakan pencahayaan laptop anda pada level rendah atau sesuai cahaya dalam ruangan.
    4. Bila mata sudah terasa tegang  anda bisa istirahat sambil menggosok kedua telapak tangan anda.Jika sudah terasa hangat segera tempelkan pada mata anda.
    5. Pijat sekitar bola mata juga sangat dianjurkan agar mata lebih rileks.Caranya pijat kelopak  mata dengan lembut dengan cara melingkar ketika hendak tidur.hal ini juga berguna mengurangi ketegangan mata setelah lama menatap layar monitor laptop.
    6. Selain dimakan untuk nutrisi tubuh penggunaan mentimun sangat membantu bagi mata anda.Caranya ambil mentimun masukkan dalam lemari es setelah dirasa dingin ambil potong tipis lalu tempelkan pada mata.Sensasi dingi dari mentimun dapat membuat mata seperti direlaksasi.
    7. Perbanyak makan wortel.Kandungan vitamin A pada wortel dapat meningkatkan kesehatan mata anda.
    8. Jarak pandang terhadap layar komputer ternyata sangat berpengaruh bagi mata anda.Semakin dekat jarak layar komputer dengan mata maka rasa pusing dan silau akan cepat datang.Karena itu usahakan duduk dengan posisi benar dengan jarak layar monitor tidak terlalu dekat dengan mata.
    9. Utuk menghindari silau dari layar monitor pada laptop anda juga dapat menggunakan kacamata  anti silau.Terlebih bagi anda yang sudah memiliki masalah pada mata.Kaca mata ini saya rasa sangat membantu anda.
    10. Setidaknya 6 bulan sekali periksakan mata anda ke dokter .Karena bagaimanapun mata adalah aset kita dari Tuhan yang harus bena - benar kita jaga.
    Demikian artikel singkat ini,semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
    Berkomentarlah dengan sopan.
    • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
    • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
    • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
    • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
    • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.