10 Manfaat Menyusui Bagi Bunda
10 Manfaat Menyusui Bagi Bunda

10 Manfaat Menyusui Bagi Bunda

Keajaiban Air Susu Ibu tidak perlu diragukan lagi manfaatnya.Selain untuk memenuhi asupan gizi bagi si kecil ASi juga beremanfaat dalam meningkatkan kecerdasan dan imun tubuh bagi si kecil.Namun keajaiban ASI ternyata juga memberi manfaat tersendiri bagi bunda.Diantaranya adalah mengurangi resiko perdarahan,bahkan dengan menyusui ibu dapat terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya.10 Manfaat Menyusui ini mungkin bisa membuat para ibu lebih semangat menyusui buah hatinya dari pada memberikan susu formula yang jelas mahal dan gizinya tidak lebih baik dari pada ASI.


ASI  atau Air Susu Ibu adalah cairan ajaib yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi gizi bayi selain itu ASI sangat berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh bayi yang masih rentan dapat terhindar dari penyakit.Keseimbangan zat gizi yang terdapat dalam ASI berada pada tingkat yang sangat baik.Selain itu kandungan sari - sari makanan dalam ASI dapat mempercepat pertumbuhan sel - sel otak dan perkembangan sistem saraf.
Namun dibalik  berbagai manfaat ASI bagi si kecil tahukah anda jika Proses menyusui ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan bunda.Berikut akan saya ulas 10 Manfaat Menyusui Bagi Bunda.


  1. Setelah melahirkan ibu hamil biasanya mengalami masa nifas 40 sampai 60 hari.Namun adakalanya terjadi perdarahan yang amat banyak.Pemberian ASI pada bayi ternyata dapat mengontrol perdarahan pasca ibu melahirkan.
  2. Sesuatu yang normal jika selama proses kehamilan rahim wanita akan membesar.Karena memang rahim adalah tempat janin untuk berkembang.Namun rahim akan cepat kembali ke ukuran semula jika kita menyusui si kecil dengan rutin.
  3. Menyusui ternyata sangat beguna dalam proses penurunan berat badan selama proses kehamilan.Hal tersebut seperti di ungkapkan oleh dr.Dyah Purnamasari Sp Pd dari divisi metabolik dan endoktrin departemen penyuluhan Fk UI " Ibu menyusui mempunyai timbunan lemak yang sudah di cadangkan.Timbunan lemak tersebut akan terus berkurang jika ibu menyusui bayinya.Namun jika ibu tidak menyusui cadangan lemak tersebut tidak terpakai akibatnya berat badan tidak turun.Untuk pembentukan ASI sendiri ternyata memerlukan 600 sampai 800 kalori sehari.Hal ini sebanding dengan bersepeda di jalan yang menanjak selama satu jam atau berenang selama 30 kali putaran.Maka tidak heran jika ibu menyusui akan cepat turun berat badannya.
  4. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Keisaer Permanente dari Okland California menyusui membuat kekebalan tubuh ibu semakin baik sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 ajan turun drastis.Pada saat menyusui kadar glukosa dalam tubuh ibu akan lebih rendah sehinggaproduksi insulin akan turun.Sel beta pankreas dari tubuh ibucenderung lebih banyak untuk rileks sehingga pemulihan penyakit diabetes menurun.
  5. Menyusui mengurangi resiko hipertensi serta serangan jantung.Hal tersebut berdasar penelitian yang di lakukan oleh 139 ribu orang perempuan. Dari penelitian tersebut di dapat  penurunan hipertensi 11% penurunan lemak dalam darah 19% dan penurunan resiko penyakit jantung 10%.
  6. Menyusui dapat mengurangi depresi.Keinginan menjadi orang tua terbaik bagi bayi serta rasa sakit pasca melahirkan membuat ibu depresi.Namun kontak batin yang terjadi karena proses menyusui dapat mengurangi depresi pada ibu.Penelitian tahun 2003 di Autralia menyebutkan terjadi peningkatan depresi setelah ibu melahirkan kemudian tidak menyusui bayinya.
  7. Mengurangi resiko kanker rahim dan ovarium.Hal tersebut berkaitan dengan kadar estrogen yang lebih rendah selama proses menyusui.Penurunan estrogen menyebabkan berkurangnya rangsangan terhadap dinding rahim dan jaringan payudara sehingga memperkecil resiko jaringan menjadi kanker.
  8. Mengurangi resiko terkena osteoporosis.Hal tersebut berdasarkan penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang tidak menyusui bayinya empat kali lebih beresiko terkena osteoporosis setelah monepause.Setelah menyusui kepadatan tulang akan kembali ke bentuk semula bahkan  bisa lebih baik.
  9. Sebagai kontrasepsi alami.Menurut DR.Biran Affand Sp.OG ( K ) dari Asia Pasific Council on Contraception ( APCOC ) Indonesia.Semakin sering ibu menyusui maka otak kecil ibu mampu memproduksi hormon prolaktin lebih banyak.Dengan semakin banyaknya hormon prolaktin maka bisa menekan masa subur ( ovulasi ) dan membuat ibu menyusui tidak subur.Setidaknya jika ibu aktif menyusui 6 kali sehari dengan durasi 10 menit maka sebenarnya ibu telah berkontrasepsi secara alami.
  10. Menghemat pengeluaran.Kita tidak perlu repot dengan biaya tambahan untuk membeli susu formula.Karena ASI sudah di design sedemikian rupa sehingga jika bayi haus atau lapar bisa langsung menyusu fengan ASI yang madih fresh tanpa repot mencuci dan mensteril botol.terlebih jika harus menyusu formula 1 bulan dapat habis 5 juta hanya untuk beli susu.Dan hasilnyapun tak sebagus ASI.Demikian ulasan sedikit dari saya tentang manfaat ASI bagi bunda semoga para calon bunda atau bunda baru dapat lebih semangat untuk menyusui damg buah hati.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar