Cara Menggunakan Aplikasi Google Maps Secara Offline Pada Android

watch_later Wednesday, 15 June 2016
Google Maps adalah merupakan sebuah layanan peta yang dibuat dan dikembangkan oleh google yang semata mata untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses suatu alamat tertentu.Jangkauan pemetaan yang dari layanan ini,begitu luas,dan detail hampir seluruh wilayah di indonesia bahkan seluruh dunia mampu dipetakan oleh layanan ini.Selama di wilayah tersebut terjangkau oleh jaringan internet.

Naah.... jika kalian sedang bepergian ke suatu kota atau daerah yang belum pernah kalian tahu,maka tidak usah bingung gunakan saja layanan pintar dari google ini.Namun seperti yang kalian ketahui untuk menggunakan layanan google maps tentunya kalian harus memiliki koneksi internet untuk mengoperasikanya.

''yaaah...gimana si katanya bisa digunakan secara offline?''

Yuuups memang benar,karena google telah merilis fitur baru dari google maps yang memungkinkan kalian untuk tetap bisa menggunakan layanan ini secara offline.Simak ulasan berikut ini,

Cara Menggunakan Layanan dari Google Maps Secara Offline di Hp Android

1.#Langkah pertama adalah buka aplikasi google maps yang ada di perangkat android kalian,tentunya untuk langkah ini kalian harus mempunyai koneksi internet yang stabil.

2.#Setelah kalian masuk pada halaman google maps yang mesti kalian lakukan adalah tentukan wilayah yang akan kalian offline-kan.Untuk lebih jelasnya silahkan kalian lihat gambar di bawah ini,
 Masukan  kota yang akan kalian offline-kan pada kotak warna merah

- maka secara otomatis kalian akan dibawa ke halaman baru.

3.#Pada halaman selanjutnya akan menampilkan sebuah peta tentunya dengan banyak nama nama kota di sana,naah.... yang perlu kalian lakukan adalah perhatikan tanda wilayah yang berwarna merah,Seperti gambar dibawah ini,
Sebagai contoh disini saya cari kota Trenggalek
-silahkan tap tanda merah tersebut maka kalian akan dibawa ke halaman selanjutnya. 
4.#Pada halaman selanjutnya perhatikan pada pojok kanan atas (disamping tanda pencarian) terdapat simbol menu yaitu tiga titik yang berjajar ke bawah,maka silahkan kalian tap tanda tersebut,kemudian pilih '' Download Offline Area'' atau jika Bahasa Indonesia "Unduh area offline'' seperti gambar dibawah ini.
Tap ''Unduh area offline"

5.#Maka akan muncul halaman baru seperti di bawah ini,
tap ''unduh''

-Pada halaman ini silahkan kalian tentukan jangkauan wilayah yang ingin kalian unduh dengan cara zoom in dan zoom out.Semakin besar area yang akan kalian ''Unduh'' maka semakin besar pula data yang diperlukan.Maksimal jangkauan yang bisa kalian unduh adalah 120.000 kilometer persegi.

6.#Langkah selanjutnya adalah tap ''Unduh'' kemudian'' Masukan nama wilayah offline'' lanjutkan dengan ''Simpan'' lihat gambar di bawah ini,

beri nama unduhan kalian kemudian tap "simpan"
- maka otomatis download berjalan.

7.#Setelah proses download selesai silahkan kalian cek hasil unduhan maps kalian pada ''menu"-Offline Maps.

8.#Selanjutnya kalian cobalah mematikan koneksi internet dan bisa mencoba menggunakan google maps tanpa jaringan internet.

Catatan : Untuk proses download sebaiknya dilakukan melalui koneksi dari Wifi,sebab ukuran file terlalu besar jika dilakukan download dengan kuota internet biasa maka tidak mencukupi.Dari yang saya praktekan,proses download terhenti di 16 MB dari total file Download 175 MB.
Salam!!!Dan tetaplah tersenyum.
Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.