10 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa
10 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

10 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim.Namun dibalik itu ternyata dengan berpuasa tubuh bisa menjadi lebih sehat hal tersebut karena dengan berpuasa tubuh melakukan detoksifikasi secara alami.

Racun - racun dalam tubuh akibat bahan kimia yang ikut terkonsumsi dalam makanan kita ikut terbakar bersama lemak  selama kita berpuasa.Jadi secara otomatis semua organ dalam tubuh ikut terdetok.Dan hal tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca tips lainya :
Namun yang menjadi masalah adalah setiap kali perut kita kosong atau sedang berpuasa masalah bau mulut selalu mengikuti.Hal tersebut karena jumlah air liur berkurang selama kita berpuasa maka akibatnya bakteri akan mudah berkembang biak.Namun jangan khawatir karena 10 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa ini bisa membantu anda yang sekarang tengah menjalankan ibadah puasa.

image via www.cantik.com
1.Minum air putih

Setidaknya 8 sampai 10 gelas air putih sangat di perlukan untuk metabolisme tubuh.Tak terkecuali saat anda berpuasa.Karena selama 12 jam tubuh tidak terisi air.Maka sudah dapat dipastikan jika kita tidak minum secara baik tubuh akan kekurangan cairan.Dan air juga sangat diperkukan bagi mulut kita kurang minum air selain membuat dehidrasi mulut juga terasa lebih kering karena produksi air liur berkurang akibatnya bakteri dengan mudah berkembang sehingga mulut jadi bau.

2.Gosok gigi

Menggosok gigi adalah hal wajib yang harus kita lakukan.Setidaknya 2 kali yaitu setelah berbuka dan setelah makan sahur.Membersihkan lidah juga diperlukan.Caranya bersihkan lidah sampai belakang lidah karena bakteri penyebab bau mulut tersembunyi dalam sela - sela lidah.

3.Konsumsi sayur

Mengkonsumsi sayur seperti kemangi,seledri dan daun mint dapat menghilangkan bau mulut.Apalagi setelah anda mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat.

4.Konsumsi yoghurt

Menurut Robert Meltzer,MD,dokter spesialis pencernaan di Lenox Hill Hospital,di New York City yoghurt tidak berefek pada bakteri lidah namun yoghurt dapat menetralkan asam yang  ada antara mulut dan perut termaksut tenggorokan dan bawah kerongkongan.Kandungan kalsium,fosfor dalam yoghurt juga sangat diperlukan untuk kesehatan gigi .

5.Minum teh hijau tanpa gula

Saat sahur usahakan minum teh hijau yang tidak ditambah gula.Manfaat teh hijau dapat menghilangkan bau mulut akibat bakteri.

6.Gunakan rebusan sirih

Daun rebusan sirih sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut anda.Kandungan atsirinya dapat membunuh bakteri dalam mulut.Usahakan menggunakan obat kumur alami karena penggunaan obat kumur yang menggunakan bahan kimia justru membuat mulut semakin kering.

7.Jangan merokok

Selain menahan lapar dan haus bulan puasa adalah bulan yang dianjurkan untuk menahan segala hal yang dilarang.Meskipun merokok hukumnya makruh tapi alangkah baiknya jika selama puasa anda belajar untuk meninggalkan kebiasaan merokok.Selain berbahaya bagi kesehatan rokok juga sangat berpengaruh bagi pernafasan terutama bau mulut.

8.Hindari makanan yang berbau menyengat

Selama bulan ramadhan hendaknya hindari dulu makanan yang berbau menyengat seperti petai,jengkol,durian maupun bawang.karena hal tersebut dapat memicu bau mulut.Namun jika anda penggemar berat makanan tersebut selesai makan usahakan mengunyah kapulaga,cengkih, ataupun kencur.

9.Jangan tidur siang kelamaan

Efek puasa memang sering kali membuat lemas.Hingga akhirnya hal yang paling afdol jika tidak bekerja adalah tidur.Namun kebiasaan tidur siang berlama - lama justru membuat mulut semakin bau.

10.Jaga kesehatan gigi

Meskipun semua hal yang saya tulis di atas telah anda lakukan namun gigi anda berlubang akan sangat berpengaruh bagi pernafasan anda.Banyaknya bakteri pada gigi yang berlubang di tambah kurang minum membuat mulut sebagai sarang bakteri yang nyaman maka jangan heran jika mulut anda jadi lebih bau.Maka dari itu tidak ada salahnya menambal gigi atau cabut sekalian jika memungkinkan.

Demikian tips menghilangkan bau mulut dari saya.Kiranya dengan mulut yang segar kita dapat lebih percaya diri untuk membuka mulut meskipun sedang berpuasa.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar