Skip to main content
KEPITINGONLINE

follow us

Tanggul Irigasi Jebol Gara - Gara Dilubangi Tikus


Ngga ada hujan kok tiba - tiba air menggenang di halaman?Kenapa bisa begitu.Ternyata hal tersebut karena Saluran irigasi.Bukan karena mampet justru karena saluran irigasi yang dibuka penuh di DAM atau tempat pengatur air.Akibatnya tentu saja air meluber sampai ke halaman warga terutama jika posisi halaman lebih rendah dari saluran irigasi.

Halaman warga terendam air

Sebenarnya bukan hanya kali ini saja air menggenang masuk ke halaman rumah penduduk di dusun Karangtengah desa Sukorame kecamatan Gandusari Trenggalek.Setiap saluran irigasi di buka penuh pasti kejadian air masuk halaman kembali terulang.Apalagi jika musim hujan tiba maka air akan semakin tinggi menggenangi halaman.
Sungai meluap

Akhirnya berbagai upayapun dilakukan misalnya dengan menguruk halaman rumah lebih tinggi atau dengan menutup lubang - lubang tikus di sisi saluran irigasi.Karena selain halaman yang lebih rendah dari pada tanggul irigasi lubang tikus ikut jadi pemicu terjadinya " banjir" di saluran irigasi.
Sisa sisa genangan air yang mulai surut

Banjir dadakan tersebut juga tidak cepat surut karena belakang rumah terdapat sawah.Sawah yang penuh air ditambah air bocoran saluran irigasi membuat halaman seperti sungai.





You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar