Tanggul Irigasi Jebol  Gara - Gara Dilubangi Tikus
Tanggul Irigasi Jebol  Gara - Gara Dilubangi Tikus

Tanggul Irigasi Jebol Gara - Gara Dilubangi Tikus

Bila di Jakarta tengah disibukkan dengan penanganan banjir rob di tempat saya pun juga tak luput dari kehebohan akibat banjir karena jebolnya tanggul saluran irigasi karena ulah tikus.Halaman yang lebih rendah dari pada saluran irigasi menyebabkan air menggenangi halaman rumah dan hal tersebut di perparah dengan penuhnya air sawah di belakang rumah.Jadilah halaman rumah seperti saluran sungai.


Ngga ada hujan kok tiba - tiba air menggenang di halaman?Kenapa bisa begitu.Ternyata hal tersebut karena Saluran irigasi.Bukan karena mampet justru karena saluran irigasi yang dibuka penuh di DAM atau tempat pengatur air.Akibatnya tentu saja air meluber sampai ke halaman warga terutama jika posisi halaman lebih rendah dari saluran irigasi.

Halaman warga terendam air

Sebenarnya bukan hanya kali ini saja air menggenang masuk ke halaman rumah penduduk di dusun Karangtengah desa Sukorame kecamatan Gandusari Trenggalek.Setiap saluran irigasi di buka penuh pasti kejadian air masuk halaman kembali terulang.Apalagi jika musim hujan tiba maka air akan semakin tinggi menggenangi halaman.
Sungai meluap

Akhirnya berbagai upayapun dilakukan misalnya dengan menguruk halaman rumah lebih tinggi atau dengan menutup lubang - lubang tikus di sisi saluran irigasi.Karena selain halaman yang lebih rendah dari pada tanggul irigasi lubang tikus ikut jadi pemicu terjadinya " banjir" di saluran irigasi.
Sisa sisa genangan air yang mulai surut

Banjir dadakan tersebut juga tidak cepat surut karena belakang rumah terdapat sawah.Sawah yang penuh air ditambah air bocoran saluran irigasi membuat halaman seperti sungai.





Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar