Jiajia, Robot Buatan Tiongkok yang Menyerupai Wanita Cantik
Jiajia, Robot Buatan Tiongkok yang Menyerupai Wanita Cantik

Jiajia, Robot Buatan Tiongkok yang Menyerupai Wanita Cantik

Jika kalian melihat gambar foto diatas, apa yang terlintas dalam benak kalian? Tentunya yang terlintas dalam pikiran kalian adalah sosok wanita yang amat sangat cantik. Hemm, bisa jadi demikian. Namun tahukah kalian, siapa sebenarnya sosok wanita cantik dalam gambar tersebut. Ternyata wanita tersebut adalah sebuah robot. Penasaran simak ulasanya berikut ini!!

Jia Jia ''Bidadari'' Buatan Tiongkok


Beberapa waktu yang lalu university of Science and Technology of Cina baru saja memperkenalkan sebuah robot cantik yang hampir sempurna menyerupai manusia. Robot cantik tersebut diberi nama Jia Jia. Robot cantik ini dirancang dan didesain kusus oleh pembuatnya sehingga bisa berinteraksi langsung dengan manusia di sekitarnya. Yang paling menarik dari robot ini adalah kemampuanya untuk berbicara membuat interaksi yang nyata dengan manusia. Ya, Jia Jia mampu berbicara dengan bibir yang bergerak sesuai kata yang diucapkan, mata robot ini pun sudah bisa berkedip dan berputar secara alami. Tubuhnya pun sudah bisa bergerak layaknya manusia pada umumnya. Wooww, luar biasa bukan!!!
    
Jiajia mampu berinteraksi dengan manusia

Kemampuan berinteraksi dan berbicara Jiajia teruji dikala ada seorang yang mencoba untuk mengambil fotonya, dengan leluasa Jiajia berucap " Jangan terlalu dekat berdiri denganku saat mengambil foto, nanti wajahku bisa terlihat gemuk".
Seorang kru yang tengah mengajak Jiajia untuk selfie

Pengembangan Jia jia hingga bisa bertingkah laku begitu nyata seperti sekarang, membutuhkan waktu yang tidak sebentar lo !! Chen Xiaophing selaku Direktur University of Science and Technologi Cina pada suatu kesempatan menuturkan bahwa penelitian dan pengembangan jiajia membutuhkan waktu selama 3 tahun. Hemm, lumayan lama ya, namun sebanding dengan hasil pencapaian yang fantastik.

Chen, kembali menuturkan bahwa jia jia masih memerlukan pengembangan lebih lanjut, dikarenakan jiajia masih belum mampu menunjukan bentuk ekspresi emosional, seperti marah, tertawa, atau menangis. Sampai saat ini timnya masih terus bekerja untuk bisa memberikan kemampuan tersebut kepada Jiajia.

Sayangnya Jiajia belum ada rencana untuk dikembangkan dan diproduksi secara massal. Jadi buat kalian belum bisa mempersunting robot cantik ini,he he. Chen Xiaophing bersama timnya masih fokus untuk proses pengembangan Jiajia agar lebih baik " kami berharap agar dapat mengembangkan robot ini dengan kemampuan belajar secara mendalam, dengan menambahkan teknologi pengenal ekspresi wajah sehingga bisa membuat Jiajia berinteraksi dengan baik".

Kita tunggu saja ya perkembangan selanjutnya. Semoga Jiajia ini mampu menjadi robot yang nyata dengan semua perilaku mirip manusia sepenuhnya. Keren!!
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar