Mau Rumah Terlihat Lebih Terang Tanpa Harus Direnovasi, Lakukan Tips Berikut Ini
Mau Rumah Terlihat Lebih Terang Tanpa Harus Direnovasi, Lakukan Tips Berikut Ini

Mau Rumah Terlihat Lebih Terang Tanpa Harus Direnovasi, Lakukan Tips Berikut Ini

Rumah-rumah bergaya modern sekarang ini memang telah banyak yang menerapkan pencahayaan alami sinar matahari diwaktu siang. Karena memang pencahayaan yang cukup akan membuat rumah lebih terasa nyaman bagi siapapun yang menghuninya, selain itu juga sinar matahari yang masuk menjadikan rumah tidak terasa lembab.

Baca Lainya : 5 Buah Ini Terbukti Ampuh Mengusir Tikus di Dalam Rumah

Membuat rumah menjadi terang pada dasarnya tidaklah sulit, anda tidak mesti harus melakukan renovasi yang tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit pula. Cukup dengan melakukan beberapa sentuhan ringan tangan anda, rumah pun dalam sekejap mata bisa menjadi lebih terang dari sebelumnya.

1. Bersihkan Cendela.
Langkah yang pertama adalah membersihkan cendela ruangan secara berkala. Yups, cendela ruang yang terlalu lama di diamkan tentu saja akan banyak terdapat debu dan kerak yang menempel dan menyebabkan sinar matahari yang masuk menjadi terhalang.

Dengan rutin membersihkan cendela setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu pastinya akan meminimalisir debu serta kotoran lainya yang menempel. Sehingga sinar matahari dapat leluasa masuk ke dalam rumah.

2. Pangkas Pohon dan Tanaman yang Terlalu Rimbun.
Berikutnya adalah memangkas pohon dan tanaman lainya yang sudah terlalu rimbun. Memang pohon yang berada di pekarangan rumah dapat berfungsi sebagai peneyral hawa panas, karena hawa sejuk yang dihasilkanya. Namun jika pohon- pohon tersebut sudah terlalu tinggi dan rimbun tentu saja akan menghalangi sinar matahari yang masuk dalam rumah.

3. Pilih Tirai Yang Tipis.
Jika anda memasangkan tirai, maka pilihlah tirai yang tipis, lembut, serta hindari memilih warna yang gelap. Warna-warna gelap akan menyerap sinar matahari dan mengurangi pantulan sinar di sekitar ruangan.

Memilih warna-warna pastel adalah solusinya. Karena warna-warna pastel akan terlihat lebih terang. Selain itu sinar matahari juga dapat masuk" menyelinap" ke dalam rumah.

4. Tambahkan Beberapa Cermin.
Sifat cermin adalah memantulkan cahaya. Anda dapat memanfaatkan sifat dasar dari cermin tersebut untuk membuat ruangan menjadi lebih terang. Caranya, tempatkan Cermin pada dinding yang beseberangan dengan jendela. Sehingga sinar yang masuk akan di pantulkan kembali oleh cermin ke berbagai sudut ruangan.

5. Hindari Cat Dinding Dengan Warna Glossy.
Jika anda menerapkan cat dinding glossy maka cobalah untuk merubah warna tersebut dengan pilihan matte. Meskipun warna glossy mampu memantulkan sinar, namun sinar yang dipantulkan terkesan silau dan panas. Yang malah membuat dinding tidak nyaman dilihat.

Cobalah ganti dengan warna-warna matte atau bisa juga doff yang terkesan lebih lembut. Sehingga ruangam lebih nyaman untuk dilihat.

Demikian cara membuat rumah menjadi lebih terang tanpa harus melakukan renovasi. Saran dan kritik dipersilahkan, tulis pada kolom komentar.

Baca Lainya : 3 Cara Membuat Rumah Senantiasa Rapi dan Bersih Sepanjang Waktu

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar