10 Bahan Alami Pengganti MSG, Bunda Harus Baca Nih!!

watch_later Thursday, 2 March 2017
Health - MSG atau Monosodium Glutamat merupakan  penambah rasa gurih dalam setiap masakan . Di masyarakat Kontroversi tentang pemakaian MSG ini sering menjadi perdebatan . Di satu sisi ada yang memperbolehkan dan di sisi lain mengatakan bahwa MSG buruk bagi kesehatan . Sebenarnya seberapa berbahayakah MSG bagi tubuh kita ?

Dikutip dari Tabloid Nova , Menurut ahli dari Food and Drugs Administration  ( FDA ) penambahan MSG dalam makanan secara umum sebenarnya aman .
Namun seolah bertentangan dengan penelitian tersebut , ada yang berpendapat jika pemakaian MSG yang terus menerus dapat  menyebabkan jantung berdebar , sakit kepala , mual , mati rasa , kelelahan bahkan sampai menyebabkan kanker .

Namun apapun itu, setiap yang kita konsumsi nantinya akan kembali kepada diri kita sendiri . Maka dari itu sebelum terlanjur ada baiknya jika kita lebih menjaga diri dengan sedikit mengurangi penggunaan MSG atau bahkan menghilangkannya . Karena ternyata bahan - bahan alami lainnya tak kalah nikmat dam gurih sebagai pengganti dari MSG . Mau tahu apa saja itu ? Berikut akan saya ulas 10 Bahan  Alami Pengganti MSG .

1. Bawang Merah Dan Bawang Putih

Gambar via ycwang info
Bawang merah dan bawang putih terkenal sebagai bumbu dasar makanan . Maka tak salah rasanya jika semua makanan akan bertambah harum dan nikmat dengan tambahan rempah ini . Untuk mendapatkan rasa yang nikmat dari makanan ambil bawang secukupnya lalu geprek atau haluskan sebagai bumbu . Sementara untuk bawang merah agar mendapat sensasi harum dan nikmat dari makanan anda , goreng dan taburkan pada makanan .

2. Terasi

Gambar via hasilbumitsr.co.id
Merupakan  bumbu masak yang terbuat dari udang rebon dan ikan kecil yang di fermentasi kemudian ditumbuk sampai halus . Aromanya yang khas membuat terasi menjadi salah satu pengganti MSG yang paling disukai . Terasi paling nikmat dibuat sambal dengan mencampurkan tomat . Selain itu sebagai penyedap masakan seperti oseng kangkung , lodeh nangka muda dan lainnya .

3. Kaldu

Dibuat dari daging maupun tulang belulang dari ayam maupun sapi . Untuk mendapatkan kaldu yang nikmat perebusan sebaiknya dilakukan dalam waktu 1 sampai 3 jam . Agar sari - sari daging dapat keluar secara sempurna. Selain itu agar menambah aroma yang nikmat bisa di tambahkan daun seledri .

4. Keju

Gambar via vemale.com
Produk makanan berbahan dasar susu ini sangat nikmat  dijadikan pengganti MSG . Rasa gurih dan asin dari keju membuat makanan semakin nikmat . Caranya ambil keju , kemudian parut lalu taburkan ke atas masakan

5. Sosis

Gambar via produsenkebab.com
Sosis sapi atau sosis ayam bisa juga digunakan untuk memberi rasa gurih pada makanan . Caranya ambil sosis ( pastikan terbuat dari daging asli dan tidak mengandung MSG ) . Berikutnya iris tipis - tipis dan tambahkan pada masakan anda .

6. Tempe

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi ini memiliki kandungan vitamin yang banyak sekali .Selain itu rasa tempe yang gurih membuat makanan ini sangat cocok sebagai pengganti MSG alami . Caranya ambil satu buah tempe lalu potong dan campurkan dengan berbagai macam tumisan .

7. Ikan

Gambar via gartwork.xyz
Makanan yang mengandung protein , lemak serta berbagai vitamin seperti vitamin A , D , B6 , B12 serta lainnya ini. Memang memiliki rasa yang gurih . Dan pastinya ikan sangat cocok sekali sebagai pengganti MSG alami . Caranya gunakan ikan sebagai bahan tambahan masakan . Untuk tumisan ambil bagian daging pada ikan lalu , haluskan dan tambahkan sebagai campuran masakan.

8. Santan

Cairan yang di ambil dari buah kelapa ini menjadi bahan alami selanjutnya yang bisa dipergunakan sebagai pengganti MSG alami . Rasa gurih dari santan bisa menambah citarasa masakan . Caranya ambil kelapa dan parut kemudian ambil santannya . Atau yang paling praktis adalah santan instan . Campurkan santan pada masakan anda . Dijamin rasa gurih akan anda dapatkan meskipun tidak memakai MSG .

9. Gula

Tak hanya memaniskan minuman maupun makanan , gula bisa menjadikan masakan lebih sedap . Perpaduan asin dan manis yang pas membuat masakan semakin gurih . Jadi untuk memberikan citarasa gurih anda bisa mencoba menambahkan gula pada masakan anda .

10 . Kecap

 
Gambar via fuusfreecooking.com
Bahan makanan yang terbuat dari kedelai hitam yang di fermentasikan ini sangat cocok sekali digunakan sebagi bahan pengganti MSG . Caranya gunakan sebagi tambahan untuk membuat sambal goreng , atau di buat sambal kecap  pasti lebih mak nyuus saat dibuat lauk makan .

11. Jamur

Sayur rasa daging ini ternyata juga sangat enak buat pengganti MSG .
Bahan :
  • - 250 gr jamur shitake .
  • - 1 buah wortel
  • - 20 siung bawang putih
  • - Seledri secukupnya
  • - 2 sdm garam
  • - 1 ikat kecil daun bawang

Cara buat:
Haluskan semua bahan tanpa tambahan air lalu sangrai dalam wajan anti lengket .Aduk terus sampai hilang kandungan airnya . Atau taruh dalam loyang kue kemudian oven dan aduk berulang kali agar benar benar kering . Selanjutnya blander . Masukkan dalam toples kaca yang sudah steril . Pengganti MSG alami siap digunakan.

Baca Lainya : Masih Sering Bersihin Telinga Pakai Cotton Buds ? Berhati-Hatilah Karena Bukanya Bersih Tapi Malah Bisa Merusak Telingamu

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.