8 Kekuatan Militer Yang Membuat Korea Utara "Sok" Berkuasa
8 Kekuatan Militer Yang Membuat Korea Utara "Sok" Berkuasa

8 Kekuatan Militer Yang Membuat Korea Utara "Sok" Berkuasa

Image via cnnindonesia
Mata dunia dibuat semakin terbuka dengan ulah pemerintah Korea Utara yang semakin menggila . Peluncuran 4 rudal balistik  ke lepas pantai barat laut Jepang membuat kedua negara tetangga Korsel dan Jepang merasa terancam . Tak mau kalah Amerika yang mempunyai pangkalan militer di laut Jepang pun seperti kebakaran jenggot, seperti dikutip dari sindonews.com dari Time pada 7/3/2017.

Presiden Amerika Serikat Bereaksi keras atas tindakan Korut tersebut . Bahkan Trump menelepon pejabat presiden Korsel Hwang Kyo - Ahn dan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk melakukan aksi balasan terhadap negara komunis tersebut . Belum habis sampai di situ pengusiran diplomat Korut yang dibalas " penyanderaan " warga Malaysia di Korut  atas insiden terbunuhnya saudara tiri Kim Jong - Un turut memanaskan suhu politik Korut dan Malaysia .

Melihat jumawanya negara komunis ini , sebenarnya seberapa ampuh kekuatan militer yang dimilikinya , sehingga semua negara seakan akan diharus tunduk pada pemerintahan Kim Jong - Un ? Berikut akan Kepitingonline ulas 8 Kekuatan Militer Yang Membuat Korut Sok Kuasa .

1. Bom Nuklir
Selama ini dunia hanya mengetahui 4 kali peluncuran bom nuklir yang di uji coba pemerintah Korea Utara . Namun hal tersebut bukan berarti Korut hanya memproduksi 4 bom nuklir itu saja . Menurut kabar yang berkembang Korut memiliki 15 - 20 bom nuklir . Meskipun belum mampu menjangkau jarak jauh ( Namun seperti yang kita tahu efek bom nuklir sangat berbahaya bagi manusia ) . Bom nuklir Korut diprediksi hanya mampu mencapai kota Seoul Korsel , Tokyo di Jepang dan Bangkok di Thailand .

2. Pasukan Bunuh Diri
Jika di Jepang di kenal dengan Kamikaze maka Korut pun seakan tak mau kalah . Pemerintah Korut bahkan menyiapkan pasukan bunuh diri dengan bom nuklir di tubuhnya. Hal tersebut diketahui setelah beredarnnya foto tentara Korut yang tengah membawa ransel dengan logo tenaga nuklir .
Hal tersebut seolah menunjukkan pada Dunia bahwa negara komunis ini tidak main - main .

3. Perlengkapan Perang Yang Banyak
Tak heran jika Korea Utara memiliki segala macam perkengkapan perang yang banyak dan canggih . Pasalnya 1/4 dari 1/3 anggaran negara Korea diperuntukkan bagi perlengkapan militer . Setidaknya Korut memiliki 4100 sampai 6500 senjata artileri , 2500 peluncur roket , dan lebih dari 1000 pesawat tempur .  Sementara belum diketahui secara pasti jumlah tank namun yang pasti Korut memiliki seribu lebih tank tempur yang siap digunakan kapan saja .

4.  Kapal Selam Yang Tak Sedikit
Meskipun secara maritim luas laut Korut tak seberapa namun jika berhubungan dengan perlindungan wilayah dan sebagai penyusup ke perairan negara lain Korea tak main - main . Setidaknya 70 - 75 kapal selam dimiliki oleh negara ini . Konon kepemilikan kapal selam ini hampir menyamai kapal selam AS yang mencapai 75 unit , ya meskipun jika dilihat dari kecanggihannya masih kalah jauh dari kapal selam AS yang mampu mengangkut  puluhan nuklir dalam satu kapal .

5. Senjata Kimia Yang Melumpuhkan Syaraf
Meskipun dewan keamanan PBB telah melarang penggunaan senjata kimia yang berakibat fatal bagi manusia. Namun Kim Jong - Un sepertinya tak mau ambil pusing dengan hal itu . Seorang pembelot Korut menyebutkan jika Korut memiliki senjata kimia  berbahaya . Sebagaimana yang pernah di gunakan dalam perang dunia I , seperti klorin , fosgen. , dan  mustard .Yang ketiganya berfungsi melumpuhkan syaraf dalam sekejab . Sadisnya senjata kimia ini pernah di uji coba pada tahanan politik Korut di kamp kerja paksa .

6. Korut Memiliki Jutaan Tentara Cadangan 
Meskipun telah memiliki tentara , namun sepertinya Kim Jong - un tak membiarkan warganya berleha - leha disaat darurat . Aturan wajib militer bagi seluruh rakyat Korut dipastikan dapat menggantikan 1- 6 juta tentara cadangan bila sudah keok .

7. Masih Menggunakan Senjata Laser Terlarang
Seolah menunjukkan pada dunia bahwa Korut tidak tunduk pada siapapun maka penggunaan senjata laser tetap digunakan . Padahal secara tegas DK PBB juga telah melarang penggunaan senjata berbahaya tersebut , karena efek yang ditimbulkan dapat menyebabkan kebutaan . Namun nyatanya Korut justru memiliki senjata ini dalam jumlah banyak . Jenis ZM - 87 merupakan jenis senjata laser yang mampu membutakan mata .

8. Pasukan Unit Cyber
Untuk mencuri informasi dari negara luar Korut bahkan memiliki pasukan Unit Cyber . Kemampuan mereka dalam meretas sistem komunikasi membuat negara ini perlu diwaspadai , pasalnya seorang hacker dari Korut bahkan pernah meretas perusahaan Sony pada 2014 .  Selain itu Korsel menuduh Korut meretas puluhan ribu komputer dan organisasi pemerintah miliknya .


Baca Lainya : 10 Negara Ini Tak Punya kekuatan Militer, Duuh Gimana Jadinya?


Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Bermimpilah setinggi langit dan jika kamu jatuh, níscaya kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang.
Buka Komentar