5 Kapal Induk Terbesar dan Tercanggih di Dunia, Indonesia Kapan Punya Ya??

watch_later Wednesday, April 5
Kamu pasti tahu kan apa itu Kapal induk? Kapal induk adalah sebuah kapal perang yang mampu mengangkut berbagai peralatan tempur termasuk juga jet tempur dalam jumlah banyak. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan angkatan udara ke dalam armada angkatan laut.

Di era sekarang ini kapal induk menjadi sangat penting keberadaanya. Karena dengan kapal induk, suatu negara dapat dengan mudah menerapkan strategi saat terjadi perang. Maka tak heran jika negara-negara maju saling berlomba lomba menciptakan kapal induk tercanggih dan terbesar di dunia. Karena dengan memiliki kapal induk sebuah negara akan di segani dan ditakuti dunia.

Nah, berikut ini adalah deretan 5 kapal induk terbesar, tercanggih dan terbaik di dunia!!

5. Sao Paulo (A12), Kapal Induk Brazil


Sao Paulo (A12) merupakan kapal induk kelas Clemenceau yang dimiliki oleh negara Brasil. Kapal ini dahulunya digunakan oleh angkatan laut Perancis sebelum akirnya pada tahun 2000 silam Sao Paulo (A12) dioperasikan oleh Angkatan Laut Brasil.

Kapal induk ini memiliki bobot 32.800 ton, dengan panjang 265 meter. Dalam pelayaranya kapal ini mampu menampung 1.920 awak, dan juga dapat membawa 39 jet tempur dalam tiap misinya.

Namun terdengar kabar bahwa angkatan laut Brasil akan segera menonaktifkan Sao Paulo terkait dengan biaya modersasinya yang begitu mahal hingga mencapai sekitar US $ 324 juta.

4. Charles de Gaulle (R91), Perancis


Charles de Gaulle merupakan kapal induk terbaik yang dimiliki oleh armada laut Perancis. Dan menjadi satu-satunya kapal induk dengan tenaga nuklir diluar kapal Induk milik angkatan laut AS.

Dengan bobot mencapai 42,000 ton dan panjangnya 260 meter serta mampu membawa 40 jet tempur dan helikopter, menjadikan kapal ini begitu disegani negara didunia. Hal yang sangat pantas, karena memang kapal ini dilengkapi juga dengan sistem pertahanan diri yang amat canggih seperti, peluncur torpedo, peluncur rudal arak menengah, dan senapan Giat 20F2 20 mm.

3. Liaoning, Cina


Berikutnya adalah kapal induk yang dimiliki oleh Cina yang diberi nama Liaoning. Kapal ini sejatinya masih satu kelas dengan Admiral Kuznetsov kapal induk milik Rusia. Karena memang kapal ini dulunya adalah buatan Ukraina yang tidak rampung pengerjaanya sejak tahun 1992, akibat runtuhnya uni soviet.

Tepat pada bulan April tahun 1998 Cina membelinya dari Ukraina. Butuh waktu hampir 4 tahun kapal tersebut tiba di Dalian, Cina. Dan setelah 16 tahun Cina mengembangkanya pada 25 September 2012 kapal tersebut resmi digunakan angkatan laut Cina.

Dengan bobot mencapai 59,000 ton, serta kecepatan tertinggi 32 knot dan dilengkapi peralatan tempur yang mumpuni menjadikan Leoning pantas disejajarkan dengan kapal induk dari negara maju lainya seperti Amerika.

2. Admiral Kuznetsov, Rusia


Admirak Kuznetsov merupakan satu-satunya kapal induk milik Rusia hingga sekarang. Meskipun kabarnya Rusia saat ini juga tengah mengembangkan kapal induk lainya yang diklaim kelak akan menjadi yang terkuat dan tercanggih di Dunia.

Admiral kuznetsov memiliki bobot 67,000 ton dengan lebar dek nya mencapai 3,6 hektar. Mampu membawa kru sebanyak 2500 dan berbagai peralatan tempur pendukung lainya, menjadikan kapal ini begitu di takuti negara lainya.

1. Kelas Nimitz, Amerika Serikat


Kelas Nimits adalah salah satu kapal induk dari negara adidaya Amerika Serikat yang dilengkapi dengan reaktor nuklir sebagai bahan bakarnya. Kapal ini memiliki luas dek 4,5 hektar. Dengan luas dek tersebut Kelas Nimitz mampu membawa 60 jet tempur. Tak heran jika bobotnya pun mencapai 97,000 ton. Dan dalam tiap misinya kapal ini menyertakan setidaknya 4000 awak, fantastis bukan.

Demikian tadi 5 deretan kapal induk terbesar, tercanggih dan paling baik di dunia. Duuh Indonesia kapan ya memilikinya??

Baca Lainya : 10 Negara Ini Tak Punya kekuatan Militer, Duuh Gimana Jadinya?

Chalista Lina Ramadhani

adalah seorang bloger pemula yang ingin belajar lebih jauh tentang blog,selalu bermimpi memiliki hasil karya yang selalu di kenang sepanjang zaman dan bermanfaat bagi orang banyak.

Berkomentarlah dengan sopan.
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan local_parking parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.